Loading...

9 Khasiat Hebat Buah Mangga

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

mangga

TERUSKAN.COM – Anda pasti sudah tidak asing saat mendengar nama buah mangga? Ya, buah ini memang banyak disukai orang karena memiliki rasa yang manis dan enak serta harganya pun relatif terjangkau. Selain itu, banyak juga orang yang menanam pohon mangga untuk dikonsumsi sendiri ataupun dijual kembali mengingat menanam pohon mangga tidak memerlukan perawatan yang rumit.

Nah, buah mangga ini bisa dikonsumsi dengan banyak cara. Mulai dari dimakan secara langsung, disulap menjadi minuman jus yang segar atau bahkan bisa juga dijadikan untuk buah rujakan. Menarik sekali, bukan?

Loading...

Akan tetapi, tahukah anda di balik rasanya yang manis dan enak, buah mangga ternyata memiliki manfaat lain bagi kesehatan. Buah yang memiliki kandungan vitamin A dan C ini diakui sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Penasaran apa saja manfaat dan khasiat buah mangga? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Mampu meningkatkan kekebalan serta daya tahan tubuh

Buah mangga dipercaya mampu meningkatkan kekebalan serta daya tahan tubuh. Kandungan vitamin A dan C serta 25 jenis karotenoid di dalamnya dapat menjaga sistem daya tubuh sehingga tubuh anda akan selalu sehat dan kuat.

2. Menurunkan kolesterol

Buah mangga mengandung serta yang tinggi, pectin serta vitamin C yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Mencerahkan kulit

Senyawa di dalam mangga dapat membantu membersihkan pori-pori serta menghilangkan jerawat pada muka. Sehingga mangga sangat berkhasiat bagi internal maupun eksternal bagi kulit.

4. Mencegah kanker dan antioksidan

Buah mangga mengandung banyak senyawa antioksidan yang dapat mencegah terjadinya kanker karena banyaknya zat oksidasi yang dihasilkan tubuh. Antioksidan yang berperan dalam mencegah kanker yaitu quercetin, astragalin, isoquercitrin, asam galat, fisetin serta methylgallat.

5. Kesehatan mata

Buah mangga juga berkhasiat utnuk menjaga kesehatan mata. Perlu anda tahu bahwa tubuh setidaknya memerlukan 25 persen vitamin A per hari. Nah, dengan mengkonsusmi mangga ini maka akan memasok 25 persen nilai harian vitamin A yang dibutuhkan.

Untuk itulah, mengonsumsi mangga ini akan sangat membantu kesehatan mata anda.

6. Memenuhi kebutuhan alkali

Asam malat, asam tartrat serta asam sitrat yang terkandung dalam buah dapat membantu menjaga cadangan alkali dalam tubuh.

7. Menormalkan kadar insulin

Perlu anda tahu bahwa daun mangga dapat menormalkan kadar insulin dalam darah, sementara buahnya memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tiadk mempengaruhi kadar gula dalam tubuh.

8. Meningkatkan pencernaan

Serat dalam buah mangga dapat membantu melancarkan pencernaan serta sekresi hasil dari pencernaan.

9. Mengobati panas dalam

Tubuh yang terkena teriknya panas matahari akan menybebakan otot kelelahan serta masalah diuretik. Akibat serangan panas itulah nantinya ginjal akan mengalami kelebihan beban dalam menetralkan racun. Untuk itulah anda bisa mengkonsumsi jus mangga untuk mendinginkan tubuh.

**

Itulah beberapa manfaat mangga bagi kesehatan. Semoga dengan seringnya mengkonsumsi mangga, tubuh anda pun akan lebih sehat dan kuat serta terhindar dari segala penyakit yang akan mengganggu aktivitas anda sehari-hari.

Terapkan selalu hidup sehat mulai dari sekarang agar anda tidak mudah terjangkit penyakit. Tidak perlu mahal karena hanya dengan mengonsumsi buah mangga secara rutin adalah langkah awal anda menerapkan pola hidup sehat.