Loading...

9 Bahaya Berpakaian Ketat

Penulis: Dian Anastasia Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Pakaian ketat memang menjadi salah satu tren di Indonesia, karena dengan berpakaian ketat lekuk tubuh akan lebih terlihat. Inilah yang umumnya dicari para wanita ataupun pria yang memiliki tubuh atletis.

Namun, tahukah anda bahwa bahaya sedang mengintai anda dari pakaian yang terlalu ketat. Jika anda hanya mengetahui penyakit datang dari makanan atau dari lingkungan sekitar saja. ternyata penyakit serius juga bermunculan dari diri dan cara berpakaian anda. Iya, salah satunya adalah pakaian ketat.

bahaya jeans ketat

Loading...

Kami berbagi informasi bahaya dalam mengenakan pakaian ketat, simak ya.

Ancaman Jamur

Ancaman jamur terjadi akibat kelembaban yang mengakibatkan si jamur tumbuh subur dan berkembang biak. Rata-rata semua jenis pakaian ketat memiliki potensi besar menimbulkan tiga macam gangguan, yaitu di kulit, pinggul, dan di atas pinggul.

Indonesia yang beriklim tropis berakibat tumbuhnya jamur di pakaian ketat cepat berkembangnya. Kulit jadi tidak bisa bernapas dan cairan yang keluar dari tubuh banyak. Jenis jamur yang banyak ditemui adalah jamur, jamur kurap dengan bintik menonjol gatal, serta jamur kandida yang basah dan gatal.

Paresthesia

Paresthesia berarti perasaan sakit atau abnormal, seperti kesemutan, rasa panas seperti terbakar dan sejenisnya, menurut Kamus Kedokteran Dorland.

Wanita usia 22 – 35 tahun yang biasanya sering mengeluhkan rasa panas dan gatal di sekitar paha. Gangguan saraf ringan itu terjadi lantaran mereka suka sekali memakai celana ketat sebatas pinggul, setidaknya dalam enam bulan terakhir.

Kemandulan

Darah yang terganggu, menyebabkan varises dan gangguan yang diakibatkan jenis pakaian ketat dalam jangka waktu yang lama adalah membuat bentuk tubuh menjadi buruk dan merusak tulang punggung.

Inilah yang menyebabkan kemandulan rentan terjadi bagi wanita, jadi anda harus mengurangi mengenakan pakaian yang terlalu ketat.

bahaya pakaian ketat

Mengganggu Mobilitas Usus dan Berbekas Hitam

Menurut Dr Octaviano Bessa, seorang internis dari Stamford, Connecticut mengungkapkan bahwa penggunaan celana yang terlalu ketat dapat mengganggu motilitas dari usus. Jadi jika anda mengalami sakit perut setelah dua atau tiga jam makan berarti mobiltitas usus terganggu.

Benda asing yang berpotensi gesek tinggi tidak hanya benda keras, semisal: perhiasan, jam tangan, atau ikat pinggang. Busana sehari-hari, jika terlalu ketat menempel di tubuh, atau terbuat dan bahan berkontur kasar juga dapat memicu luka dan akhirnya berbekas kehitaman.

Mengganggu Kesuburan Wanita & Gangguan Jamur di Sekitar Organ

Menggunakan pakaian ketat akan memicu sel-sel endometrium atau selaput lendir rahim untuk melarikan diri dari rongga rahim lalu berdiam di indung telur, sehingga kesehatan menjadi terganggu. Celana yang berbahan kurang baik akan menimbulkan keringat dan memicu tumbuhnya jamur, keputihan, ataupun gatal-gatal yang sangat mengganggu.

Perlu diketahui bahwa jamur itu sangat suka suasana lembab dan akan tumbuh subur. Jika anda menggunakan celana ketat jeans, akan lembab di daerah lipatannya dan jika seharian dipakai akan muncul keputihan.

Kanker Melanoma

Kanker Melanoma adalah kanker kulit yang sangat berbahaya, dan kanker ini biasanya dimulai dengan tanda hitam pada kulit, atau tahi lalat. Tahi lalat adalah kumpulan sel pigmen abnormal (melanosit) yang muncul pada kulit.

Penyakit ini disebabkan sengatan matahari yang mengandung ultraviolet dalam waktu yang panjang di sekujur tubuh yang berpakaian ketat atau berpakaian pantai. Penyakit kanker melanoma akan mengenai seluruh tubuh dengan kadar yang berbeda-beda.

Tanda-tanda penyakit ini muncul pertama kali adalah seperti bulatan berwarna hitam agak lebar. Terkadang berupa bulatan kecil saja, kebanyakan di daerah kaki atau betis, dan biasanya di daerah sekitar mata, kemudian menyebar ke seluruh bagian tubuh disertai pertumbuhan di daerah-daerah yang biasa terlihat, pertautan limpa (daerah di atas paha), dan menyerang darah, lalu menetap di hati serta merusaknya.

Menaikkan Asam Lambung

Naiknya cairan asam lambung dikarenakan tekanan yang terlalu besar pada perut saat berpakaian ketat. Hal ini dapat meningkatkan tekanan di daerah abdominal yang akan menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan.

Jadi asam lambung bukan hanya karena telat makan, melainkan dapat juga dipengaruhi oleh pemakaian pakaian yang terlalu ketat.

Memicu Pembekuan Pembulu Darah dan Menyebabkan Pingsan

Pembekuan darah di dalam pembuluh darah membuat aliran tidak lancar akibat pakaian ketat. Pakaian yang sering digunakan adalah korset, walaupun sekarang sudah jarang dikenakan lagi.

Pakaian sejenis itu dapat mengurangi pemakainya mengembangkan paru-parunya dan hal ini akan mengakibatkan nafas terasa berat. Selain itu, akan memperkecil oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Kategori pakaian seperti ini termasuk pakaian dalam pernikahan, bustier, dan spandek.

Memperburuk Kualitas Sperma

Suhu yang tidak normal pada skrotum, karena sering ditekan oleh celana jeans ketat bisa berakibat buruk pada kualitas sperma.

Tumpukan keringat yang tidak bisa keluar di sekitar penis tentu akan menimbulkan jamur yang akan meningkatkan suhu testis dalam produksi sperma. Bila terjadi terus menerus akan menjadi gatal dan akan menjalar ke bagian buah zakar.