Loading...

Cara Alami Mengurangi Minus Pada Mata

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Secara garis besar, mata minus dapat disederhanakan menjadi gangguan yang terjadi pada mata sehingga membuat seseorang tidak dapat melihat benda pada jarak yang terlalu jauh. Masalah mata ini bisa dialami oleh siapa saja, baik wanita, pria, anak-anak, dan orang dewasa.

Penyebab mata minus umumnya dikarenakan sering membaca dalam gelap, membaca sambil berbaring, terkena pancaran radiasi monitor, TV, atau ponsel, dan sebagainya. 

mata minus

Loading...

Untuk yang mengalami mata minus, biasanya akan disarankan untuk menggunakan kacamata atau lensa kontak untuk membantu penglihatan. Namun, kedua metode ini tidak dapat langsung mengurangi minus pada mata.

Gejala Mata Minus

Untuk penderita rabun jauh (miopia, mata minus), sumbu matanya terlalu cembung sehingga bayangan benda jatuh dari retina. Akibatnya, benda yang jauh tidak akan terlihat jelas. Tanpa kacamata, penderita rabun jauh akan mengalami sakit kepala dan nyeri pada mata.

 Gejala yang dapat menandakan Anda menderita mata minus seperti nyeri kepala ( terutama bagian depan), mata perih dan berat, dan mata yang sering berair . Situasi ini biasanya membaik bila mata diistirahatkan atau dengan menggunakan obat-obatan anti nyeri.  Tapi, cara ini tidak dapat dipastikan akan bertahan lama. Lalu, bagaimana mengurangi atau mengobati mata minus?

Cara Mengurangi Mata Minus

Nah, berikut adalah cara alami mengurangi mata minus

1. Melakukan Senam Mata

Anda dapat melakukan latihan mata setiap hari. Latihan mata berguna untuk melatih kefokusan mata Anda.

Latihan mata yang dapat Anda lakukan, seperti melihat berbagai objek pada jarak yang berbeda, mengedipkan mata secara normal (tidak terlalu cepat dan lambat), mata ditutup dengan telapak tangan, atau melihat benda bergerak. 

2.Mengonsumsi Sayuran dan Buah-buahan

Jika Anda ingin mata minus secara alami menurun, maka Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang baik untuk mata seperti salmon, alpukat, bawang putih dan merah, telur, bayam, wortel, jus jeruk, dan sayuran berdaun hijau serta buah-buahan lainnya yang baik untuk kesehatan mata.

Anda dapat mengonsumsinya langsung atau menikmatinya dalam bentuk jus.

3. Melihat Pemandangan Alam

Saat mengunjungi kampung halaman dengan banyak pegunungan dan pohon-pohon hijau akan membantu menurunkan minums pada mata Anda. Selain itu, pemandangan laut yang luas juga dapat mengurangi mata minus. Karena itu,sempatkanlah berlibur untuk menenangkan mata Anda dengan keindahan alam. 

4. Menggunakan Kacamata

Kacamata menjadi cara terakhir untuk digunakan sebagai terapi. Selain itu, kacamata juga akan mengurangi silau. Namun, dengan penggunaan kacamata akan membatasi ruang penglihatan Anda.

Tetapi jika Anda sudah nyaman menggunakan kacamata maka hal tersebut tidak akan mengganggu Anda.

mengatasi mata minus

**

Nah, setelah membaca beberapa cara di atas, manakah yang akan menjadi pilihan Anda? Cara ini tentu lebih mudah untuk dilakukan daripada Anda harus melakukan operasi mata yang akan banyak membutuhkan biaya meskipun hasil yang diperoleh bisa dikatakan instan.

Jika Anda memilih melakukan cara di atas, maka harus dilakukan rutin secara terus menerus sehingga dengan begitu Anda akan merasakan perubahan yang terjadi.