Loading...

8 Penyebab Mengejutkan Timbulnya Rasa Lelah

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

8 Penyebab Mengejutkan Timbulnya Rasa LelahTERUSKAN.COM – Terkadang, ada alasan tertentu mengapa Anda membutuhkan tambahan secangkir kopi untuk membuat Anda berada dalam kondisi yang segar sepanjang hari.

Kelelahan adalah hal yang selalu terjadi pada siapa saja, setidaknya sekali dalam sehari. Ini tentunya merupakan sesuatu yang benar-benar normal, akan tetapi Anda tetap harus memberikan perhatian ekstra pada keadaan ini, terutama jika Anda merasa lelah sepanjang waktu atau kurang bersemangat setelah istirahat malam yang cukup.

Pekerjaan yang menumpuk dan aktivitas segudang bukanlah satu-satunya alasan yang menyebabkan Anda merasa kelelahan, ada beberapa penyebab mengejutkan yang berkontribusi dalam menimbulkan rasa lelah pada diri Anda.

Loading...

Anda perlu mencari tahu apa yang menguras hampir seluruh energi Anda sehingga tidak mampu untuk melanjutkan pekerjaan Anda. Rasa lelah biasanya timbul disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan yang perlu segera diatasi. Namun apa pun alasannya, Anda perlu mengambil tindakan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Berikut adalah penyebab mengejutkan yang dapat menimbulkan kelelahan:

Dehidrasi

Dehidrasi adalah salah satu alasan aneh mengapa Anda merasa lelah. Ketika Anda terjebak dengan kesibukan pekerjaan yang menumpuk, Anda akan cenderung lupa untuk memberikan tubuh Anda jumlah air yang cukup. Padahal Anda perlu mengganti 1,5% dari berat badan Anda dengan air dalam tubuh Anda.

Rendahnya Asupan Vitamin B12

Ini juga dapat dikategorikan dalam salah satu alasan mengejutkan yang menyebabkan kelelahan. Vitamin B12 sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk sintesis sel-sel darah merah guna mempertahankan berfungsinya neuron. Kekurangan vitamin ini akan mengurangi suplai oksigen ke dalam tubuh dan membuat Anda merasa lelah.

Kewalahan Dengan Stres

Stres adalah faktor lain yang dapat menyebabkan kelelahan. Ketika Anda merasakan stres atau depresi, maka rasa lelah juga akan menghampiri Anda. Maka dari itu, untuk menghindari rasa lelah berkepanjangan, hindari dan atasi stres yang Anda derita.

Penyakit Jantung

Satu lagi penyebab mengejutkan yang mendatangkan kelelahan adalah bahwa Anda mungkin memiliki penyakit jantung, yang bisa saja tidak disadari sebelumnya. Kelelahan serta sesak napas yang tiba-tiba menyerang bisa menjadi salah satu gejala yang menandakan bahwa Anda memiliki masalah jantung.

Kadar Zat Besi

Kadar zat besi dalam tubuh Anda juga dapat mempengaruhi timbulnya rasa lelah. Kadar zat besi yang rendah akan membuat Anda kelelahan sepanjang hari.

Beberapa orang memilih untuk mengkonsumsi kapsul untuk meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh mereka. Namun kadar yang terlalu tinggi juga dapat berpengaruh buruk pada kesehatan. Maka dari itu pehatikan keseimbangan asupan zat besi Anda.

Kurang Berolahraga

Salah satu penyebab lainnya yang dapat mendatangkan kelelahan adalah bahwa Anda sama sekali tidak pernah berolahraga, terutama ketika Anda dilanda stres sepanjang hari. Akibatnya, Anda akan mengatasi rasa stres tersebut dengan tidur, dan bukan dengan berolahraga.

Terlalu Banyak Bergerak

Ini sudah pasti menjadi salah satu alasan utama yang membuat Anda kelelahan sepanjang waktu. Hal ini terjadi ketika Anda mendorong tubuh di luar batas kemampuan Anda dan tidak dapat menjaga keseimbangan antara aktivitas dengan istirahat.

Infeksi Saluran Kemih

Kelelahan adalah gejala yang sangat umum bila dikaitkan dengan infeksi saluran kemih. Hal yang perlu Anda lakukan adalah mengambil istirahat dengan asupan air putih yang cukup untuk tubuh Anda.

(photo: www.prevention.com)