Loading...

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daging Merah

Penulis: Tim Redaksi Rubrik: Kesehatan

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daging Merah

TERUSKAN.COM – Daging merah mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Tapi Anda juga harus berhati hati karena jika dikonsumsi secara berlebihan akan berakibat buruk pada kesehatan.

Salah satu masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan dari berlebihan mengkonsumsi daging merah adalah kolesterol tinggi.

Loading...

Oleh karena itu, konsumsi dagin merah secukupnya agar kandungan nutrisinya yang tinggi bisa didapat. Nah, apa saja kandungan nutrisi dan manfaat yang terdapat pada daging merah? Simak pembahasannya berikut ini.

Sumber Protein Terbaik

Manfaat daging merah yang pertama ialah sebagai sumber protein. Daging merah terkenal memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Maka dari itu, jika Anda menginginkan asupan protein yang tinggi, maka konsumsilah daging merah.

Daging Merah adalah Sumber Protein Terbaik

Daging Merah adalah Sumber Protein Terbaik

Namun, yang harus Anda perhatikan dalam mengonsumsi daging merah ialah konsumsi daging tanpa lemak. Mengapa? Karena jika Anda mengonsumsi daging merah yang berlemak maka kadar kolesterol darah pun akan meningkat.

Sumber Energi

Selain sebagai sumber protein, daging merah juga bermanfaat sebagai sumber energi. Ketika Anda terbiasa melakukan diet harian, maka Anda tidak perlu meninggalkan konsumsi daging.

Apalagi jika Anda sudah terbiasa mengonsumsi daging. Diet harian yang sedang dijalankan akan menjadi kurang seimbang ketika meninggalkan konsumsi daging merah.

Daging Merah adalah Makanan Kaya Manfaat Sekaligus Beresiko Tinggi Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan

Daging Merah adalah Makanan Kaya Manfaat Sekaligus Beresiko Tinggi Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan

Hal itu terjadi karena daging adalah salah satu sumber energi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, sehingga apabila ditinggalkan maka kita hanya memiliki energi yang sedikit untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Sedangkan aktivitas yang harus dilakukan setiap harinya tidaklah sedikit.

Sumber Berbagai Jenis Vitamin

Daging merah juga memiliki manfaat yang lainnya, yaitu sebagai sumber vitamin. Sebagian besar vitamin berasal dari hewan, salah satunya ialah daging merah. Jenis vitamin yang terkandung dalam daging merah ialah vitamin B12.

Vitamin B12 sangat dibutuhkan oleh wanita yang sedang hamil. Nah, jika wanita hamil kekurangan vitamin B12 maka perkembangan janinnya akan menjadi kuran baik. Oleh karena itu, wanita yang sedang hamil sebaiknya mengonsumsi daging merah.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat daging merah yang selanjutnya ialah meningkatkan kekebalan tubuh dan kecerdasan otak. Daging merah mampu untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung mineral Seng (Zn).

Memperlambat Penuaan

Selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mineral seng bermanfaat untuk memperlambat penuaan. Selain itu, pertumbuhan pada otak yang mempengaruhi kecerdasan akan terbantu dari lemak baik dan nutrisi yang terdapat dalam dagin merah.

Jika Dikonsumsi dengan Baik, Daging Merah Bisa Membuat Kita Selalu Awet Muda

Jika Dikonsumsi dengan Baik, Daging Merah Bisa Membuat Kita Selalu Awet Muda

Oleh karena itu, jika ingin meningkatkan kecerdasan, maka konsumsilah daging merah. Daging merah juga mengandung asam lemak omega-3. Jadi, tidak hanya ikan berminyak seperti salmon saua yang memiliki asam lemak omega-3, daging merah pun memilikinya.

Anti Karsinogen

Manfaat daging merah yang terakhir ialah sebagai anti-karsinogen. Produk susu dan daging sapi mengandung asam linoleat yang merupakan senyawa anti-karsinogen, pencegah kanker. Beberapa penelitian juga membuktikan asam linoleat mengobati kanker payudara.

***

Sebenarnya daging merah mengandung zat gizi dan nutrisi yang cukup banyak. Tapi sering dianggap buruk hanya karena kita salah dalam mengkonsumsinya. Sesuatu yang baik jika dikonsumsi berlebihan maka akan berakibat buruk, termasuk daging merah.

Semoga bermanfaat!