Loading...

5 Tips Singkat Menata Dapur Mungil

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Desain

TERUSKAN.COM – Ruang dapur merupakan bagian penting dalam sebuah rumah atau apartemen. Memilki ruang dapur yang teratur dan bersih adalah dambaan setiap orang, terutama kaum wanita.

Ketika anda sedang mempersiapkan sarapan untuk keluarga tercinta, bukankah lebih menyenangkan jika dilakukan di ruang dapur yang teratur?

Meskipun, ruang dapur anda tidak terlalu besar, namun bukan tidak mungkin anda bisa membuatnya lebih teratur. Selain, membantu anda untuk tidak stres, juga dapat membantu anda membuat makanan yang lebih sehat.

Loading...

menata kitchen set

Berikut adalah beberapa tips menata dapur mungil yang bisa anda coba untuk membuat anda bekerja lebih efisien.

Bermain dengan kitchen set/kabinet

Pasang beberapa kitchen set di bagian dinding dapur anda. Namun, ukur dengan pasti kebutuhan kitchen set yang akan digunakan.

Jangan pernah menaruh peralatan kotor di atas meja kabinet, selain tak sedap dipandang mata, juga membuat suasana dapur anda terlihat makin sempit. Alangkah lebih baik, alat-alat yang kotor setelah digunakan, langsung dicuci kembali dan diletakkan di tempat masing-masing.

menata dapur mungil

Prioritaskan alat yang paling sering digunakan

Simpan alat-alat masak atau keperluan meracik camilan yang paling sering digunakan di area yang paling mudah dijangkau. Sedangkan, beberapa alat yang jarang digunakan bisa diletakkan di rak paling atas atau di luar wilayah dapur anda.

Ciptakan zona kerja

Tentukan alat-alat masak di mana anda bisa bekerja dengan nyaman. Meskipun, anda meletakkan bumbu masak di kaleng-kaleng kecil di bagian atas rak atau kabinet, namun pastikan anda bisa menjangkau spatula tanpa harus memindahkan lebih jauh dari kompor anda.

Contoh lainnya, pastikan meletakkan cangkir kopi dalam kabinet dekat dengan mesin pembuat kopi, serta gulanya. Dengan begitu, anda tidak perlu membuat rak khusus cangkir lagi.

menata dapur kecil

Bebaskan ruangan

Upayakan agar ruang dapur anda bisa rapi semaksimal mungkin. Sedangkan, untuk beberapa alat yang selalu dibutuhkan setiap hari, letakkan dekat dengan jangkauan anda. Misalnya, siapkan alat pemanggang roti atau mesin pembuat kopi setiap saat di meja dapur.

Sedangkan, untuk alat blender bisa diletakkan di tempat yang agak jauh atau dimasukkan ke dalam kabinet, karena mungkin anda hanya akan menggunakannya saat acara-acara tertentu saja.

menata rak bumbu dapur

Cerdas menata rak bumbu

Selain ruangan, anda juga tetap harus memperhatikan kebersihan dan kerapihan meja atau kabinet dapur anda dengan lebih cerdas menata rak bumbu. Taruh aneka terigu pada rak yang sama dengan gula, dan bahan-bahan memanggang kue lainnya.

Ciptakan juga wilayah untuk meletakkan makanan olahan. Cara mudahnya, cobalah berpikir dapur anda layaknya rak supermarket yang memilki zona sendiri.