Loading...

Kandungan Nutrisi Dan Khasiat Pisang Untuk Kesehatan

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

manfaat pisang

TERUSKAN.COM – Buah berwarna kuning yang harganya relatif murah ini mudah ditemukan di mana-mana. Akan tetapi, meskipun buah pisang memiliki rasa yang manis, tidak semua orang menyukai buah ini. Padahal faktanya pisang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Jika selama ini anda termasuk orang yang tidak menyukai buah pisang, maka mungkin anda bisa mencoba untuk mengonsumsi pisang mulai sekarang.

Loading...

Menurut penelitian bahwa sebelum anda latihan kebugaran, maka dengan anda hanya memakan dua buah pisang saja dapat memberikan energi. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa banyak atlet yang suka memakan buah pisang.

Selain itu, buah pisang juga dapat menyembuhkan masalah kesehatan lainnya, antara lain:

• Anemia

Pisang kaya akan zat besi sehingga mampu menstimulasi produksi hemoglobin dalam darah sehingga dapat mengatasi anemia. Buah ini juga tinggi akan potasium dan rendah garam sehingga sangat tepat dikonsumsi oleh seseorang yang mengalami masalah dalam tekanan darah.

• Depresi

Berdasarkan survey, orang-orang yang mengalami depresi akan merasa lebih baik usai mengonsumsi pisang. Hal ini lantaran pisang mengandung trypthophan yaitu tipe protein yang dapat membantu tubuh dalam memproduksi serotonim yang akan meningkatkan mood dan membuat rileks.

Bahkan bagi wanita yang sedang mengalami menstruasi bisa mengonsumsi pisang karena kandungan vitamin B6 di dalamnya dapat mengatur kadar glukosa dalam darah yang akan mempengaruhi mood.

• Kekuatan otak

Potasium yang terdapat dalam buah piasng ternyata dapat membantu pupil mata lebih awas yang akan membantu meningkatkan penerimaan ke otak.

• Konstipasi

Buah pisang kaya akan serat sehingga sangat baik dikonsumsi bagi anda yang ingin melakukan diet karena dapat melancarkan pencernaan.

• Menghilangkan mabuk

Anda dapat mengonsumsi milkshake pisang dengan sedikit madu untuk menghilangkan mabuk. Buah pisang sendiri mampu menenangkan guncangan pada perut dan madu dapat menjaga kadar gula ketika sistem dalam tubuh mencerna susu.

• Menyembuhkan mulas

Pisang mengandung antisida alami sehingga saat anda merasa mulas maka pisang dapat menyembuhkannya. Pisang juga mampu menetralkan alam lambung serta meringankan iritasi yang terjadi di dalam perut.

• Mengontrol suhu

Pisang berfungsi untuk menstabilkan suhu fisik serta emosional. Di Thailand, wanita hamil dapat memakan pisang untuk menjaga suhu yang baik bagi janin yang dikandungnya.

• Saraf

Pisang kaya akan vitamin B yang dapat meredakan ketegangan pada sistem saraf. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang-orang yang mengalami tekanan bisa mengonsumsi pisang kareana makanan kecil kaya kabohidrat ini dapat menjaga gula darah.

**

Jadi, buah pisang memang diketahui menjadi obat alami untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. Pisang memiliki empat kali lipat protein, tiga kali lipat fosfor, dua kali lipat karbohidrat, lima kali lipat vitamin A dan zat besi, dua kali lipat vitamin dan mineral, dan kaya akan potasium.

Masih tidak berniat mengonsumsi pisangkah anda? Sebaiknya pikirkan lagi jika memang anda ingin tetap hidup sehat dengan cara yang mudah dan murah.