Loading...

Tips Dan Cara Merawat Pakaian Berbahan Satin

Penulis: Dian Anastasia Rubrik: Fashion

merawat bahan satin

TERUSKAN.COM – Seberapa banyak anda memiliki pakaian yang terbuat dari berbahan dari satin dan seberapa seringkah anda mengenakannya? Pada kesempatan ini  kami akan membagikan cara untuk merawat pakaian  dari bahan satin sehingga akan tetap awet dan cantik seperti anda pertama kali yang memakainya.

Bahan dari kain satin merupakan bahan yang sangat sering digunakan untuk pakaian wanita, mulai dari dress hingga blus. Tak jarang anda akan rela menghabiskan rupiah hanya untuk membeli pakaian dengan bahan satin. Akan tetapi, sayang sekali jika anda tidak mampu untuk merawatnya.

Loading...

Jadi ketika pakaian anda yang terbuat dari bahan satin rusak ataupun tidak layak anda gunakan kembali, dengan sangat terpaksa anda harus membelinya kembali dengan rupiah yang sedikit. Terlebih lagi saat pakaian dari satin tersebut modelnya limited sudah pasti anda akan menangis histeris bukan.

Banyak wanita yang mengaku bahwa saat mengenakan pakaian dari bahan satin rasa percaya dirinya akan lebih meningkat daripada mengenakan pakaian dari bahan lainnya. Pakaian berbahan satin dapat digunakan untuk berbagai acara formal maupun semi formal yang tentunya akan membuat penampilan anda semakin cantik dan menarik serta sedap untuk dipandang.

Bahan satin yang lembut membutuhkan perawatan ekstra untuk menjaga kainnya agar tetap awet dan cantik untuk anda gunakan kembali. Tinggal anda pintar-pintar saja dalam merawat pakaian kesayangan anda ini.

merawat pakaian satin

Apabila anda masih bingung cara merawat pakaian berbahan satin, anda dapat menyimak tips di bawah ini sehingga rasa cemas yang terus menghantui anda akan lenyap perlahan.

Perhatikan Saat Pencucian

Bahan yang halus ini sebaiknya anda bersihkan atau dicuci dengan cara manual, seperti menggunakan tangan anda. Apabila anda terpaksa untuk mencucinya dengan mesin cuci, pastikan putaran mesin cuci anda yang berjenis perlahan, untuk mencegah timbulnya serabut dan  pakaian kesayangan anda menjadi kasar.

Jangan mencoba untuk menggunakan air panas saat mencuci pakaian berbahan satin, cukup gunakan air dingin dan deterjen khusus untuk mencucinya.

Sebaiknya anda merendam pakaian anda terlebih dahulu di dalam air yang telah ditambahkan deterjen secukupnya selama 5 – 10 menit. Kemudian bilas menggunakan air bersih dan peras dengan lembut agar tidak kehilangan bentuk aslinya.

Keringkan Secara Alami

Jangan biarkan pakaian kesayangan anda dari bahan satin tersebut kering dengan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Sebaiknya membiarkan kering secara alami, agar tidak memudarkan warna aslinya.

Cukup diangin-anginkan di tempat yang sejuk dan terlindung dari sinar matahari. Kain satin akan terlebih awet dengan pengeringan alami. Warna dari kain satin mudah luntur ketika terkena sinar matahari langsung.

Cara Menyetrika

Setelah dikeringkan anda akan menyetrikanya, disarankan suhu yang anda gunakan jangan terlalu panas. Cukup panaskan setrikaan anda sekitar 5 – 10 menit lalu lepas dari aliran listrik barulah anda dapat menggunakannya di pakaian satin anda.

Hati-hati saat anda hendak menyetrika bahan ini agar tidak mudah terbakar. Anda dapat mengatur temperatur setrika atau dilakukan seperti saran sebelumnya, karena bahan satin merupakan bahan yang mudah rusak jika menggunakan suhu yang terlalu panas.

Alternatif lainnya yang dapat anda gunakan adalah melapisi pakaian kesayangan anda dengan kain di atasnya ketika menyetrika untuk mencegah bahan terbakar atau berkerut.

Penyimpanan Yang Aman

Untuk tempat penyimpanan, usahakan di tempat atau ruangan yang kering dan sejuk. Jangan lupa untuk memastikan lemari pakaian anda tidak lembab sehingga pakaian berbahan satin kesayangan anda tidak berjamur dan dimakan serangga.

Untuk mencegah kerutan pada bahan tersebut, gantung pakaian dengan hanger. Tidak lupa juga melapisinya dengan plastik khusus untuk menjaganya dari debu.