Loading...

Inilah Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

Inilah Manfaat Susu Kedelai Bagi KesehatanTERUSKAN.COM – Anda pasti sudah mengenal susu kedelai. Ya, susu kedelai memang diakui berkhasiat bagi kesehatan maupun kecantikan. Mau tahu apa saja khasiat susu kedelai? Berikut ulasannya:

1. Memperbaiki profil lemak di dalam darah

Tidak seperti susu sapi yang tinggi akan kolesterol dan lemak jenuh, susu kedelai mengandung banyak lemak tak jenuh dan tidak mengandung kolesterol sama sekali.

Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi susu kedelai secara teratur, maka akan mengurangi kadar LDL (lemak jahat) serta mampu membantu meningkatkan HDL (lemak baik di dalam darah).

Loading...

Karena itulah susu kedelai sangat dianjurkan bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi atau memiliki penyakit jantung.

2. Memperkuat integritas pembuluh darah

Lemak omega-3 serta omega-6 sebagai lemak nabati yang terdapat dalam susu kedelai berfungsi untuk membantu melindungi pembuluh darah serta jaringan sel yang melintas di sekitar dari timbunan kolesterol maupun radikal bebas.

Tidak hanya itu saja, kandungan nutrisi tersebut juga membantu meningkatkan kelancaran dan fleksibilitas pembuluh darah yang akan mengalirkan darah ke semua bagian tubuh

3. Menurunkan berat badan

Susu kedelai mengandung gula lebih rendah jika dibandingkan dengan susu pada umumnya. Jika susu sapi mengandung 12 gram gula, maka susu kedelai hanya mengandung 7 gram di setiap gelas standar. Lemak tak jenuh yang terkandung di dalam susu kedelai juga mampu mencegah terjadinya penyerapan lemak di usus secara langsung.

Apalagi, seperti yang diketahui, penyerapan langsung lemak dalam usus seperti ini menimbun lemak di bagian sisa saluran pencernaan yang diakibatkan sari-sari penting di dalam lemak tidak melalui proses pemisahan terlebih dahulu, sehingga lama-kelamaan akan menumpuk menjadi kolesterol.

4. Mencegah risiko kanker prostat

Susu kedelai diketahui kaya akan kandungan fitoestrogen, yaitu hormon yang mampu menghalau produksi hormon testosteron berlebih pada pria. Kelebihan hormon inilah yang dapat meningkatkan risiko kanker prostat.

5. Mencegah sindrom pasca-menopause

Saat memasuki masa menopause, produksi hormon estrogen pada wanita pun akan mengalami penurunan yang akan menimbulkan gangguan kesehatan pada masa tua. Perlu diketahui bahwa wanita di usia menopause lebih berisiko terkena diabetes, liver serta obesitas.

Selain itu, pada masa ini wanita lebih rentan mengalami perubahan suasana hati secara tiba-tiba, depresi, insomnia hingga gangguan psikologis lainnya. Beruntunglah susu kedelai ini dapat menjadi solusinya karena memiliki manfaat sebagai pengganti hormon estrogen yang hilang, yang dialami wanita saat masa menopause.

Jika dikonsumsi secara teratur, susu kedelai dapat melindungi wanita dari sindrom pasca-menopause.

6. Mencegah terjadinya osteoporosis

Sama seperti susu sapi, susu kedelai juga diakui dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Kandungan fitoestrogen yang terkandung di dalam kedelai mampu meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh serta mencegah hilangnya kalsium pada tulang sehingga akan mengurangi risiko osteoporosis.

Nah, itulah beberapa manfaat yang dimiiliki oleh susu kedelai bagi kesehatan tubuh. Banyak sekali bukan?

Jadi, mulai sekarang mulailah untuk secara rutin mengkonsumsi susu kedelai mengingat banyaknya manfaat yang ditawarkan bagi tubuh Anda agar tetap sehat.

(photo: www.zainabpekanbaru.com)