Loading...

Perawatan Tubuh Dengan Minyak Zaitun

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kecantikan, Wanita

minyak zaitun

TERUSKAN.COM – Anda tahu minyak zaitun? Minyak zaitun ini adalah salah satu minyak yang paling sering diandalkan untuk merawat kecantikan wajah. Mengapa demikian?

Pasalnya minyak zaitun memiliki berbagai kandungan nutrisi yang dapat melembutkan kulit wajah, mempertahankan keindahan kulit serta menambah keindahan bagi rambut.

Loading...

Di bawah ini ada beberapa manfaat minyak zaitun beserta cara pengaplikasiannya.

1. Melembutkan kulit

Minyak zaitun dianggap mampu melembutkan kulit wajah. Bahkan, artis asal Italia Sophia Loren mengaku suka menghabiskan waktu berendam di dalam minyak zaitun, dan terbukti ia masih tetap terlihat cantik dan awet muda meskipun usianya sudah 70 tahun.

Untuk wajah, minyak zaitun bisa langsung dioleskan untuk melembabkan kulit yang kasar. Akan tetapi, bagi anda yang memiliki kulit berminyak sebaiknya tidak menggunakan minyak zaitun karena malah akan merangsang pertumbuhan jerawat.

Di bawah ini ada beberapa cara perawatan kulit yang bisa dilakukan dengan menggunakan minyak zaitun serta manfaatnya.

  • Mencerahkan kulit wajah dan mencegah kerutan

Jika anda ingin mencerahkan kulit wajah atau mencegah kerutan, maka anda bisa mencampurkan 1 sdm minyak zaitun denagn ½ sdm cuka apel dan ½ sdm air. Aduk hingga rata dan aplikasikan pada wajah.

  •  Untuk scrubbing

Campurlah 1 sdm minyak zaitun dengan ½ sdt gula pasir. Sebelum mengoleskan campuran tersebut, sebaiknya basahi dulu kulit wajah anda. Gosokkan pada permukaan kulit searah jarum jam secara perlahan dan bilas menggunakan air hangat. Perawatan ini dapat mempertahankan keremajaan kulit dan merangsang regerenasi kulit

2. Mempertahankan keindahan kulit tubuh

Minyak zaitun juga dipercaya dapat mempertahankan keindahan kulit tubuh. Hal ini dibuktikan dari banyaknya minyak pijat yang menggunakan campuran minyak zaitun untuk menjaga kehalusan dan mempertahankan kekencangan kulit tubuh.

Perawatan Kulit dengan Minyak Zaitun

Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan perawatan kulit tubuh menggunakan minyak zaitun:

  •  Melembutkan kulit

Campurkanlah 2-3 tetes minyak zaitun dengan body lotion yang biasa anda gunakan. Usapkanlah secara merata pada bagian tubuh anda setiap selesai mandi.

  • Mengatasi siku kasar

Potong buah lemon menjadi dua bagian dan teteskan dua tetes minyak zaitun pada potongan buah tersebut. Kemudian tempelkan dan tekan potongan tersebut pada siku selama 10 menit lalu bilas dan keringkan menggunakan handuk bersih

  • Menghilangkan garis-garis halus atau kerutan pada payudara

Oleskan minyak zaitun dengan merata. Lalu kompres dengan handuk hangat kurang lebih 5-10 menit.

  • Menjaga kesehatan kuku

Rendamlah jemari tangan anda menggunakan air hangat yang sudah ditetesi minyak zaitun sebanyak 2-3 tetes. Cara ini mampu memperkuat kuku dan melembutkan kutikula anda. anda bisa melakukan cara ini sebanyak seminggu sekali selama kurang lebih 5-10 menit

3. Kesehatan rambut

Sampo dan kondisioner yang mengandung minyak zaitun dipercaya mampu mengatasi masalah rambut kering lantaran terkena sinar matahari atau kerap berada di ruangan ber-AC.

Nah, nutrisi yang terkandung di dalam minyak zaitun lah yang dapat memperbaiki struktur kutikula rambut sehingga membuat rambut tetap lembab, kuat dan tidak bercabang. Selain itu, dengan pemakaian secara rutin maka akan membuat rambut menjadi lebih lembut dan berkilau.

Di bawah ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk perawatan rambut dengan minyak zaitun :

  • Mengatasi rambut kusut

Bubuhkan 2-3 tetes minyak zaitun pada telapak tangan dan gosokkan sebentar lalu usapkan di bagian rambut yang kering dan kusut

  • Mengatasi ketombe dan gatal pada kulit kepala

Campurlah minyak zaitun secara merata dengan minyak jarak, perasan lemon dan air dari seduhan daun peppermint. Kemudian oleskan pada kulit kepala dan pijat secara perlahan. Diamkan selama kurang lebih 5 menit lalu bilas menggunakan air bersih.