Loading...

Tips Dan Cara Mengatasi Nyeri Ketika Haid

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan, Wanita

nyeri haid

TERUSKAN.COM – Anda kerap kali merasakan nyeri ketika sedang haid? Tidak perlu khawatir atau takut karena itu adalah gejala normal dari serangkaian Pre-menstrual Syndrome atau biasa dikenal dengan PMS.

PMS disebabkan karena faktor hormonal yaitu terjadi lantaran tidak sempurnanya proses ovulasi yang diakibatkan oleh hormone-hormon yang tidak seimbang. Bisa karena tidak seimbangnya hormone estrogen dan progesterone maupun estrogen dominan yang berlebih yang berasal dari luar tubuh anda.

Loading...

Gejala yang mungkin sering dialami saat wanita sedang mengalami haid, yakni :
• Mengalami pusing
• Payudara terasa nyeri dan mengalami bengkak
• Nyeri di bagian perut bawah
• Depresi
• Kembung
• Cepat lelah
• Nyeri pada perut

Sementara itu, bagi sebagian besar wanita pasti sering mengalami nyeri ketika sedang mengalami masa haid. Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri, yaitu :

1. Konsumsi makanan sehat

Perbanyaklah makanan yang mengandung magnesium, kalsium, vitamin E, vitamin D serta omega 3. Selain itu, konsumsi juga buah dan sayur, ikan, labu dan makanan lainnya yang kaya akan protein nabati.

2. Kompres perut

Jika anda mengalami nyeri saat datang bulan, anda bisa mengompres perut serta punggung bawah menggunakan bantalan dan pemanas. Anda juga bisa berendam di dalam air hangat.

3. Berbaring

Berbaringlah di tempat tidur atau sofa untuk mengurangi rasa nyeri. Biasanya rasa nyeri terjadi di bagian punggung. Jika anda berbaring, maka ini akan sedikit membantu mengatasi nyeri.

Gunakanlah bantal untuk menyangga lutut anda dan ambil nafas panjang lalu buanglah secara perlahan. Lakukan cara ini sanmpai anda merasa nyaman.

4. Pijatan lembut

Pemijatan ringan bisa anda lakukan di bagian perut bawah dan tulang pinggang. Lakukan juga pemijatan pada otot di sekitar pusar dengan cara mencubit perlahan.

5. Minum jamu

Obat tradisional biasa digunakan untuk mengatasi nyeri saat haid. Dalam hal ini anda bisa mencoba untuk meminum jamu dengan ramuan 15-30 gram daun dewa dan 20 gram kunyit yang direbus denagn 600 cc air. Sisakan setenagh dan saring airnya untuk diminum dua kali sehari

6. Olahraga ringan

Olahraga bisa membantu untuk meringankan nyeri saat haid. Olahraga ringan yang bisa anda lakukan adalah berjalan kaki. Dengan berjalan kaki ini akan membuat gerakan otot sehingga meningkatkan denyut jantung. Selain itu, anda juga bisa melakukan jogging karena dapat memperlancar aliran darah dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah yoga. Dengan melakukan yoga dapat mengatur pernapasan ketika haid, membuat rileks dan meningkatkan sirkulasi darah.

7. Berkonsultasilah kepada dokter

Pilihan ini bisa anda jadikan sebagai alternatif terakhir. Meskipun pada umumnya wanita yang mengalami haid akan merasakan nyeri, namun sepertinya berkonsultasi kepada dokter bukanlah suatu masalah.

Apalagi jika nyeri yang dirasakan tidak hilang dan mengganggu aktivitas anda. hal ini tentunya harus diperhatikan karena bisa jadi menjadi gejala awal masalah pada alat reproduksi. Sehingga pemeriksaan dokterlah yang paling membantu memberikan penangan yang lebih tepat kepada anda.

**

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan saat mengalami nyeri saat haid. Ingat jangan terlalu terburu-buru bertindak. Berusahalah untuk tetap rileks sehingga kegiatan yang anda lakukan pun didasarkan dengan emosi yang stabil.