Loading...

7 Cara Efisien Untuk Mengurangi Sakit Punggung

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Sejak lahir, tubuh kita dibentuk dengan postur yang hampir sempurna, dimana fungsi utamanya adalah gerakan. Bila Anda sehat, tidak ada batasan gerakan yang dapat dilakukan tubuh Anda, berjalan, berlari, melompat, memanjat, semua gerakan fisik dapat Anda lakukan dengan mudah.

Akan tetapi ketika Anda mulai merasa tidak nyaman pada bagian-bagian tertentu dari tubuh Anda, beberapa gerakan akan menjadi sulit untuk dilakukan. Sekarang ini banyak orang yang menderita sakit punggung, alasannya mungkin benar-benar berbeda pada setiap orang.

Cara Mengurangi Sakit Punggung

Loading...

Gaya hidup adalah salah satu hal penting yang mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Kebanyakan dari kita menghabiskan waktu yang lama duduk di depan komputer, TV dan transportasi umum.

Akibatnya, tulang belakang dikompresi dan hal ini berpengaruh terhadap postur tubuh dan dapat menyebabkan nyeri pada punggung dan leher. Untuk menghindarinya, Anda harus bergerak secara teratur dan memberi banyak perhatian pada postur tubuh Anda.

Jika Anda ingin meredakan sakit punggung dan memiliki postur tubuh yang baik, simaklah beberapa tips berikut:

1. Kontrol Postur Anda

Sangat penting untuk berusaha mengontrol dan menahan tubuh Anda untuk tetap berada pada posisi yang benar sepanjang hari, karena setiap gerakan dan posisi memiliki dampak yang besar pada postur tubuh Anda.

Kita harus terus-menerus berpikir tentang bagaimana menyelaraskan tubuh saat berdiri, duduk, berjalan dan bahkan ketika sedang tidur. Postur memainkan peranan penting dalam kesehatan seseorang, itulah mengapa Anda perlu mencoba untuk mengontrol postur Anda dengan segala cara.

Dengan memiliki postur tubuh yang baik, Anda akan dapat meningkatkan kapasitas pernapasan Anda dan merangsang kerja sistem peredaran darah serta pencernaan dalam tubuh.

2. Meningkatkan Keseimbangan

Keseimbangan bukanlah sesuatu yang mudah untuk ditingkatkan sebab membutuhkan banyak waktu dan ketekunan. Anda harus melakukan latihan-latihan tertentu yang melibatkan otot inti Anda, membuatnya menjadi lebih kuat dan kencang. Dengan cara ini, Anda dapat menyediakan koneksi abadi antara otak dan tubuh.

Setiap kali ketika tubuh Anda perlu menggunakan otot tertentu untuk stabilisasi inti, otak akan mengirim sinyal segera pada otot. Yoga dapat menjadi pilihan latihan yang tepat untuk meningkatkan keseimbangan dan mengurangi rasa sakit pada punggung.

Tips Sakit Punggung

3. Menjaga Posisi Ketika Duduk

Duduk adalah postur yang paling sering dilakukan semua orang. Dalam posisi ini biasanya kita melakukan banyak hal tanpa menyadari bahwa hal itu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang berbeda.

Ketika Anda duduk untuk waktu yang lama, inti Anda (otot-otot yang merangkul daerah depan perut dan punggung bawah) melakukan fungsi pelindung untuk menstabilkan vertebra. Jika otot-otot ini digunakan terlalu sering dan lama, maka akan menjadi lelah dan menyebabkan postur Anda merosot.

Jadi ketika sedang duduk, pastikan Anda menempatkan kaki dan lutut pada 90 derajat sudut dan kursi. Jarak tubuh juga perlu diperhatikan untuk menghindari terjadinya ketegangan.

4. Melakukan Latihan Reguler

Mereka yang secara teratur melatih dan menjaga otot mereka agar tetap kencang, tidak akan berurusan dengan isu-isu seperti nyeri punggung dan leher. Semakin banyak Anda bergerak, maka akan semakin sehat dan bahagia kehidupan Anda.

Ada berbagai macam olahraga dan kegiatan menyenangkan dan bermanfaat bagi Anda. Misalnya saja, hiking, jogging, yoga, bersepeda, dan lain-lain. Buatlah aturan untuk mengharuskan Anda melakukan latihan setiap hari sehingga ini dapat menjadi bagian dari rutinitas Anda.

5. Perhatikan Pakaian Dan Aksesoris Yang Dikenakan

Bukan rahasia lagi bahwa setiap wanita selalu berupaya melakukan apapun untuk terlihat cantik dan stylish. Sebab rasa puas akan penampilan dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda. Sayangnya, terdapat beberapa pakaian dan aksesoris yang menyakitkan bagi tubuh bila dikenakan.

Kita hampir tidak dapat menemukan seorang wanita yang tidak pernah memakai sepatu hak tinggi. Namun demikian, kita jarang berpikir bahwa sepatu hak tinggi dan tas berat atau ransel yang kita pakai dapat menjadi alasan untuk membuat Anda mengalami sakit punggung. Pada akhirnya, Anda akan memiliki kesulitan dengan tendon, ligamen dan sendi dalam tubuh.

6. Lakukan Peregangan Setiap Hari

Lakukan peregangan setiap hari untuk mengembangkan fleksibilitas Anda. Dengan cara ini, Anda dapat memperkuat otot-otot Anda dan menjaganya agar tetap fit.

Meluangkan waktu hanya beberapa menit setiap hari akan cukup bagi Anda untuk meregangkan tubuh dan mengendurkan otot, jadi tidak ada alasan untuk tidak melakukannya.

7. Hindari Stres

Tidak diragukan lagi, kesehatan fisik sangat tergantung pada keadaan emosional kita. Anda mungkin menghadapi banyak situasi stres setiap waktu, menjadikan Anda sulit untuk menjaga perasaan dan mengendalikan emosi, sehingga Anda sering marah dan gugup.

Setiap kali Anda berada di bawah tekanan, otak dan tubuh akan merespon dengan cepat dan bersiap-siap untuk melawan. Akhirnya, otot-otot Anda menjadi tegang dan tekanan darah naik.

Reaksi tersebut tentu merugikan sistem kerangka otot Anda. Jadi cobalah mengatasi stres dengan menarik napas dalam-dalam, cara ini sangat baik untuk membuat tubuh lebih santai dan meningkatkan aktivitas otak Anda.