Loading...

Pengobatan Penyakit Kandidiasis

Penulis: Tim Redaksi Rubrik: Kesehatan
Kandidiasis Oral - Salah Satu Penyakit Kandidiasis

Kandidiasis Oral – Salah Satu Penyakit Kandidiasis

TERUSKAN.COM – Semua orang pasti tidak ingin memiliki masalah kesehatan, apalagi jika masalah tersebut sangat mengganggu keseharian.

Jamur adalah salah satu masalah kesehatan yang sangat menjengkelkan bahkan merugikan orang. Bagaimana tidak, jamur sendiri adalah parasit yang berbasis penyakit kulit.

Loading...

Salah satu jenis masalah kesehatan yang berhubungan dengan jamur adalah Kandidiasis. Penyakit kulit ini disebabkan oleh jamur dari spesies Candida Albicans. Jamur jenis ini memang selalu ada pada tubuh manusia seperti pada daerah mulut, vagina, tenggorokan, dan sistem pencernaan.

Jika kehadiran jamur pada tubuh manusia tersebut masih dalam kondisi normal sebenarnya tidak membahayakan sama sekali, namun sebaliknya jika jumlahnya sangat banyak dalam jangka panjang akan menyebabkan infeksi.

Lalu bagaimana cara pengobatan kandidiasis yang benar?Sebelum kita membahas cara pengobatan kandidiasis alangkah baiknya kita mengenal penyakit ini lebih dalam.

Penyakit Kandidiasis

Kandidiasi memang sangat mengganggu dan sulit sekali untuk dihilangkan. Biasanya orang-orang yang rentan menderita penyakit ini adalah mereka yang memiliki system imun lemah seperti mereka yang memiliki steroid berlebihan, kontrasepsi hormone, kanker, depresi, orang tua, orang yang terkena penyakit lain serta penderita HIV-AIDS.

Ada satu hal lagi yang membuat jamur ini cepat sekali berkembang dalam tubuh manusia yaitu mengkonsumsi obat dalam jangka panjang. Untuk itu ada baiknya anda senantiasa menjaga kesehatan tubuh dan hindari mengkonsumsi obat secara berlebih.

Penyakit kandidiasis ini juga dapat menyerang pada area vagina. Untuk tanda-tandanya sendiri antara lain adalah timbulnya rasa gatal sekitar vagina, vagina kemerahan dan mengalami peradangan, keluarnya cairan putih yang jumlahnya berlebihan, vagina yang berbau menyengat serta sakit saat buang air kecil.

Sedangkan tanda-tanda penyakit ini muncul pada area mulut antara lain adalah munculnya bintik kuning, putih dan krem pada mulut dan lidah, nafas berbau, lidah terlihat pecah-pecah, tenggorokan terasa sakit dan sulit untuk menelan makanan.

Berikut ini adalah beberapa cara pengobatan kandidiasis sesuai dengan daerah dan lokasi terjadinya:

Pengobatan pada vagina

Menggunakan bawang putih

Bagi mereka yang mengalami penyakit ini ada baiknya mengkonsumsi bawang putih secara rutin. Berdasarkan sebuah penelitian, bawang putih mampu mengusir jamur yang tumbuh di tubuh manusia.

Menggunakan yogurt

Ternyata yogurt tak hanya nikmat untuk dikonsumsi saja, tapi juga dapat menyembuhkan penyakit kandidiasis. Caranya cukup mengoleskan pada bagian vagina yang mengalami infeksi akibat jamur ini.

Pengobatan pada mulut

Menggunakan buah apel

Ternyata buah apel juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit kandidiasis. Mengkonsumsi buah apel setiap hari ternyata mampu mengurangi infeksi jamur pada mulut. Konsumsi buah apel secara rutin dan pastikan penyakit kandidiasis tak lagi menghuni mulut.

Menggunakan teh hijau

Ternyata teh hijau juga dapat mengobati penyakit kandidiasis. Konsumsilah dua cangikr teh hijau setiap hari untuk dapat membantu terhindar dari penyakit tersebut.

Air dengan garam

Larutan garam nyatanya sangat ampuh digunakan mengobati penyakit akibat jamur ini. Caranya sangat mudah, cukup dengan berkumur dengan air garam maka penyakit kandidiasis ini akan hilang seketika.

Pengobatan secara medis

Obati dengan obat-obatan antifungal

Para ahli kesehatan mengatakan, jika kamu menderita penyakit akibat jamur maka konsumsilah obat-obatan antifungal.

Obati dengan ketoconazole dan flukanazol

Obat jenis ini memang ampuh untuk mengobati penyakit kandidiasis.

***

Nah, demikianlah beberapa cara pengobatan penyakit kandidiasis yang dapat anda pilih. Anda juga bisa mendapatkan opsi pengobatan yang lebih lengkap dengan mengunjungi dokter terdekat. Jangan biarkan jamur tersebut mengganggu kesehatan mulut serta vagina.