Loading...

4 Cara Terbaik Mencuci Buah dan Sayur

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Kesehatan, Resep

tips mencuci buah

TERUSKAN.COM – Buah dan sayuran merupakan makanan terbaik untuk menangkal dan mencegah berbagai penyakit dan gangguan tubuh lainnya. Namun, tahukah anda, bahwa cara mencuci yang salah akan menyebabkan buah dan sayur yang anda konsumsi rentan dihinggapi bakteri.

Yuk, simak beberapa aspek penting mencuci buah dan sayur yang benar berikut ini, seperti dilansir kitchendaily.com:

Loading...

Cuci pakai air penyulingan

Lembaga Food & Drug Administration (FDA), tidak merekomendasikan mencuci sayur dan buah menggunakan sabun, deterjen cair, ataupun jenis pencuci khusus buah dan sayur lainnya yang dijual di pasaran. Sayur dan buah ada baiknya dicuci menggunakan air mengalir baik konvensional atau organik.

Bahkan, kajian dari the University of Marine’s Department of Food & Human Nutrition menemukan bahwa air penyulingan cenderung lebih baik digunakan untuk mencuci sayur dan buah dibandingkan air ledeng. Mengapa penyulingan? Karena air tersebut telah disaring dan dimurnikan sehingga bebas kontaminasi.

Cuci setelah dikupas

Kunci utama dalam mencuci buah atau sayuran, anda harus mengupas bagian terluarnya terlebih dulu sebelum memotongnya kecil-kecil. Misalnya, anda langsung memotong-motong buah semangka atau blewah tanpa mencucinya dulu, justru dikhawatirkan akan memindahkan bakteri dari kulit luar ke bagian dalam buah tersebut.

tips mengupas buah

The University of Maine juga merekomendasikan untuk merendam buah dan sayuran sambil dibersihkan setiap celahnya (seperti kol kembang, brokoli, dan daun selada) selama 1-2 menit, dengan air dingin sebelum dikonsumsi.

Lap dengan kain khusus

Ketika buah dan sayuran telah anda cuci bersih, para ahli menganjurkan untuk mengeringkannya menggunakan kain khusus atau yang biasa anda gunakan untuk mengelap piring. Melakukan pengeringan akan membantu mengurangi sisa-sisa bakteri yang mungkin saja masih tertinggal.

Cuci peralatan masak atau makan

Langkah selanjutnya, namun tetap penting adalah pastikan peralatan masak atau makan anda, seperti papan pemotong, pisau dan lainnya dicuci menggunakan air hangat dan sabun.

FDA juga merekomendasikan solusi penggunaan 1 sendok teh pemutih klorin pada air yang digunakan. Mungkin, hal ini agak sedikit berlebihan, tapi tetap bisa anda pertimbangkan untuk menjaga perkakas masak dan makan anda benar-benar bersih.

cara mencuci sayuran

**

Semoga tips ini bermanfaat. Atau anda punya cara lainnya untuk menjaga kebersihan buah dan sayuran yang akan anda konsumsi?