Loading...

Mengonsumsi Seledri Dapat Membantu Menjaga Fungsi Ginjal

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

manfaat seledri

TERUSKAN.COM – Saat ini, seringkali kita mendengar bahwa banyak orang yang mengalami penyakit pada bagian ginjal hingga menyebabkan kematian. Ginjal sendiri adalah salah satu organ tubuh yang paling vital yang kalau tidak dijaga akan berakibat fatal.

Ginjal berperan dalam menyaring darah sehingga tubuh terhindar dari racun yang disebabkan oleh kotoran yang dihasilkan oleh tubuh, juga mengatur volume darah hingga mempertahankan keseimbangan dalam tubuh.

Loading...

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga keutuhan fungsi pada ginjal. Di antaranya adalah  menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan sehat termasuk seledri.

Seledri termasuk jenis sayuran yang sekaligus menjadi tanaman obat karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Menurut sejumlah riset, seledri diakui dapat menjaga kesehatan fungsi ginjal manusia.

Daun seledri mengandung vitamin A, sementara batangnya mengandung vitamin B1, B2, B6 dan C serta folat, potassium, kalsium, besi, fosfor, magnesium, natrium dan asam amino esensial yang tinggi. Nutrisi yang terkandung di dalam seledri ini nantinya dapat bekerja secara optimal jika anda mengolahnya menjadi jus.

Tips Kesehatan Ginjal

Manfaat seledri selalu dikaitkan dengan menurunkan tekanan darah padahal ternyata seledri juga mampu membantu menjaga fungsi ginjal.

Cara Menjaga Fungsi Ginjal Dengan Seledri

Nah, bagi anda yang penasaran, di bawah ini ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk menjaga fungsi ginjal dengan menggunakan seledri.

  • Pertama-tama, ambillah satu ikat daun seledri dan cuci hingga tidak tersisa lagi kotoran yang menempel.
  • Potonglah seledri menjadi ukuran yang kecil dan masukkanlah ke dalam panci
  • Langkah selanjutnya, rebus potongan seledri tersebut selama sepuluh menit dan dinginkan untuk beberapa saat. Ramuan seledri pun sudah siap.
  • Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi satu gelas per harinya untuk membantu mengurangi racun yang menumpuk keluar di dalam air seni.

Manfaat Lain Seledri Untuk Kesehatan

Studi juga mengatakan bahwa seledri mampu memerangi penyakti kanker. Hal ini dikarenakan daun seledri setidaknya mengandung delapan keluarga senyawa anti kanker.

Di antaranya yakni acetylenics yang sudah terbukti dapat membantu menghentikan pertumbuhan sel tumor, kumarin yang berfungsi mencegah radikal bebas dari sel-sel yang akan merusak serta asam fenolat yang dapat menghalangi prostaglandin yang nantinya dapat memicu pertumbuhan sel tumor.

Tidak hanya itu saja, mineral yang terkandung di dalam seledri juga dapat menyeimbangkan pH di dalam tubuh serta menetralkan keasaman.

Seledri biasa dikonsumsi oleh para atlet dengan cara dijus untuk menyempurnakan pasca latihan tonik yang akan berperan menggantikan elektrolit yang telah hilang serta rehydrates tubuh dengan kandungan mineral yang ada pada seledri.

Seledri juga dapat menjadi efek pencahar alami yang dapat meringkan penyakit sembelit sehingga dapat membantu dalam mengendurkan urat syaraf yang bekerja terlalu keras saat melakukan pencernaan.

Manfaat Jus Seledri

Jus seledri juga bisa dikonsumsi bagi anda yang mengalami permasalahan pada suhu tubuh. Anda bisa mengonsumsi satu gelas jus seledri sebanyak dua hingga tiga kali sehari. Nantinya jus seledri ini dapat membantu menormalkan suhu utbuh anda.

Perlu anda ketahui juga bahwa kandungan dari seledri yang dibuat menjadi jus akan membantu mengontrol nafsu makan.

Nah, dengan banyaknya manfaat yang terkandung di dalam seledri inilah sepertinya bisa menjadi pendorong anda untuk mulai rajin mengkonsumsi sayuran ini.