Loading...

7 Manfaat Penting Labu Untuk Manusia

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – labu adalah buah yang dihasilkan oleh sekelompok labu-labuan yang memiliki nama latin Cucurbitaceae. Di Indonesia sendiri, labu adalah buah yang tidak asing didengar dan kerap dijadikan sebagai olahan untuk bahan makanan.

Banyak sekali dijumpai olahan menggunakan buah labu mulai dari puding, kolak, agar-agar hingga kue labu. Tentu saja dengan banyaknya makanan yang menggunakan bahan labu ini menjadi suatu bukti bahwa buah labu memang memiliki rasa yang enak sehingga banyak disukai.

manfaat labu

Loading...

Akan tetapi, tahukah anda bahwa buah labu ini tidak hanya sekedar enak dan dapat dijadikan bahan makanan saja loh, namun ternyatabuah labu kaya akan vitamin dan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan dengan mengonsumsi satu porsi labu sebanyak satu minggu sekali akan membantu menjaga kesehatan anda. Menarik sekali, bukan?

Di bawah ini ada beberapa manfaat sehat mengonsumsi labu yang perlu Anda ketahui, yaitu :

1. Baik untuk pencernaan

Kandungan serat yang terdapat pada buah labu memang memiliki kadar yang cukup tinggi sehingga sangat baik bagi pencernaan untuk mengurangi resiko terjadinya sembelit. Tidak hanya itu saja, serat yang terkandung ada labu juga dinilai mampu menurunkan resiko kanker dan jantung.

Nah, untuk itulah sebaiknya mulai dari sekarang konsumsilah buah labu secara rutin jika anda ingin mendapatkan hidup yang sehat

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah labu kaya akan vitamin C yang mampu membantu meningkatkan sistem imun tubuh atau biasa dikenal sistem kekebalan tubuh. Manfaat lainnya, buah labu juga bisa berperan sebagai detoks di dalam tubuh.

3. Mencegah resiko kanker

Labu mengandung karotenoid tinggi dan seng yang dapat membantu mencegah terjadinya kanker. Tingginya karotenoid pada labu juga mampu memerangi resiko kanker prostat.

Selain karotenoid, labu juga memiliki kandungan beta-caretone yaitu sumber antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini.

4. Menyehatkan tulang

Perlu anda ketahui bahwa salah satu unsur yang baik bagi kesehatan tulang adalah kalsium. Nah, kalsium ini bisa anda temukan di dalam buah labu sehingga labu baik dikonsumsi karena mampu menyehatkan tulang.

Selain itu, labu juga dapat mengurangi rasa sakit pada tulang yang diakibatkan oleh arthritis osteoporosis.

5. Memperbaiki masalah pernapasan

Sebagai buah yang kaya akan zat antioksidan, labu mampu meredakan masalah yang terjadi pada pernapasan seperti asma dan membantu anda agar memiliki pola pernapasan yang normal.

6. Mengembalikan semangat

Buah labu mengandung tryptophan serta asam amino yang mampu membantu meningkatkan mood. Hal ini berarti anda akan terhindar dari depresi. Tidak hanya itu saja, buah labu juga mampu membantu meringankan rasa sakit pada tubuh.

7. Mencegah terjadinya hipertensi

Labu disebut-sebut mengandung potassium yaitu mineral baik yang dipercaya dapat mengurangi resiko hipertensi. Kandungan mineral lainnya yang terdapat pada buah labu adalah zinc yang dapat menurunkan risiko osteoporosis.

Manfaat labu

**

Itulah sejumlah manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengonsumsi buah labu. Jadi dengan demikian, sepertinya tidak ada salahnya jika mulai saat ini anda memasukkan labu dalam menu makanan yang harus anda konsumsi secara rutin.