Loading...

3 Persiapan Penting Menjelang Pernikahan

Penulis: Nuzulia Rubrik: Wedding

persiapan jelang pernikahan

TERUSKAN.COM – Pernikahan adalah suatu perhelatan yang sakral, karena dalam pernikahan akan terucap janji setia dari dua insan yang saling mencintai. Begitu istimewanya momen yang satu ini sehingga banyak persiapan yang harus dilakukan oleh para pihak yang terkait agar semuanya bisa berjalan dengan lancar.

Yang paling penting harus mempersiapkan diri tentu saja kedua calon mempelai yang akan bersanding di pelaminan. Banyak persiapan yang harus dilakukan keduanya, untuk menyongsong hari bahagia yang dinanti – nanti.

Loading...

Tak jarang, persiapan menjelang pernikahan menemui kendala yang tak pelak membuat sang calon pengantin menjadi stres. Untuk itu, saat memutuskan menikah seseorang harus mengetahui persiapan – persiapan penting yang harus dilakukan jelang pernikahan.

Apa saja persiapan penting yang harus dilakukan menjelang pernikahan? simak yuk ulasan berikut ini:

1. Persiapan Fisik

Persiapan fisik sangat penting dilakukan oleh calon mempelai agar tetap bugar di hari H pernikahan. Olahraga teratur harus dilakukan oleh kedua calon mempelai. Menjaga pola makan juga penting dilakukan untuk menjaga kesehatan keduanya. Terlebih untuk mempelai wanita karena harus menjaga berat badannya agar tetap ideal.

Untuk calon mempelai wanita juga ada tambahan persiapan fisik seperti perawatan pra nikah berupa spa, manicure, pedicure, dan lain – lain. Biasanya mempelai wanita juga melakukan perawatan fisik dari dalam dengan meminum jamu atau ramuan – ramuan tradisional tertentu agar tetap sehat.

spa menjelang pernikahan

2. Persiapan Teknis

Persiapan teknis jelang hari H termasuk persiapan terpenting yang harus dilakukan. Persiapan ini akan berawal dari menentukan hari dan tanggal pelaksanaan pernikahan, menentukan tempat, dan menentukan adat / istiadat atau tata cara yang akan dipakai. Biasanya persiapan – persiapan ini dibicarakan pada pertemuan keluarga

Selanjutnya, persiapan teknis penting lainnya adalah pengurusan ke Kantor Urusan Agama. Yang tak kalah penting adalah pembicaraan soal anggaran. Persiapan teknis hari H berikutnya yaitu menentukan dekorasi ruang, catering, souvenir, undangan, dan lain-lain.

Untuk persiapan tempat, catering, souvenir, dan undangan harus benar – benar memikirkan perkiraan tamu yang hadir. Jangan sampai tempatnya terlalu sempit, atau konsumsinya kurang.

3. Persiapan Mental

Persiapan penting ke-tiga adalah persiapan mental. Tak hanya periapan mental menghadapi hari H pernikahan, tapi juga persiapan mental untuk mengarungi bahtera rumah tangga.

Tak dipungkiri pastinya akan ada hal – hal yang akan berbeda dengan keseharian kita. Semisal dahulu hanya memikirkan soal keuangan untuk diri sendiri, maka saat sudah menikah harus memikirkan keuangan rumah tangga.

Lalu, bagaimana kita melakukan persiapan mental? Persiapan yang bisa dilakukan seperti belajar untuk mengontrol emosi dan mengedepankan pikiran yang positif.

Persiapan Pernikahan

Persiapan pernikahan memang hal yang bisa dibilang cukup rumit. Perbedaan pendapat diantara kedua calon mempelai atau keluarga calon mempelai untuk menentukan dan memutuskan sesuatu sering terjadi. Tak pelak, hal ini akan memicu pertengkaran diantara keduanya.

Di sini, kita dituntut untuk dapat berpikir positif dengan kepala dingin dan mengedepankan logika agar masalah tidak tambah runyam dan mendapatkan solusi yang terbaik.

Semoga bermanfaat