Loading...

Inilah Kebiasaan Yang Dapat Mencegah Kanker Payudara

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan, Wanita

Mencegah Kanker Payudara

TERUSKAN.COM – Kanker payudara memang telah menjadi momok yang menakutkan bagi kalangan perempuan. Hal ini dikarenakan payudara adalah aset tubuh yang harus selalu dirawat. Jika terjadi keluhan sedikit pada payudara saja, sebaiknya langsung konsultasi kepada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat sebelum berakhir dengan kemungkinan buruk yaitu mengidap kanker payudara.

Mencegah memang jauh lebih daripada mengobati, untuk itulah pengobatan terhadap kanker payudara memang sulit dilakukan. Tidak hanya itu saja, anda juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk mengobati kanker payudara.

Loading...

Ada banyak cara yang sebenarnya bisa anda lakukan jika ingin terhindar dari kanker payudara mulai dari menjaga pola makan, menerapkan gaya hidup sehat serta diimbangi dengan olahraga yang rutin.

Lantas apa saja kebiasaan yang mampu mencegah terjadinya kanker payudara? Berikut ini ulasannya.

1. Rajin memeriksa payudara

Salah satu penyebaran penyakit tercepat adalah keterlambatan menyadari gejala-gejala dari penyakit tersebut. Akibatnya harus dilakukan pengobatan yang menelan biaya yang mahal. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, mulailah dari sekarang untuk menyadari dan rutin memeriksa payudara anda.

Tidak perlu langsung ke dokter karena anda bisa memeriksanya sendiri di rumah. pastikanlah jika tidak ada hal yang janggal yang terjadi pada payudara anda. Jika anda merasakan sesuatu yang aneh, maka segeralah konsultasikan ke dokter untuk mengetahui secara pasti apa yang terjadi.

2. Konsumsilah minyak zaitun

Konsumsilah lemak yang sehat yang dapat memerangi radikal bebas dalam tubuh karena radikal bebas ini menjadi salah satu zat yang memicu kanker. Kandungan lemak baik tentunya bisa anda peroleh dari minyak zaitun.

Untuk itulah mulai sekarang anda bisa secara rutin mengkonsumsi minyak zaitun untuk mencegah terjadinya kanker payudara

3. Konsumsilah sayuran

Sayuran memang sangat baik untuk dikonsumsi karena banyak mengandung vitamin dan kandungan lain yang baik bagi tubuh. Walaupun anda mengonsumsi sayuran dalam jumlah banyak tentunya anda masih tetap bisa memiliki berat badan yang normal.

Pada sayuran, terutama sayuran hijau kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk memerangi radikal bebas pemicu kanker.

4. Menghindari Paraben

Paraben adalah suatu senyawayang berbahaya yang sifatnya menyerupai hormone tubuh. Jika hormon ini masuk ke dalam tubuh maka akan menimbulkan ketidakseimbangan yang memicu kanker.

Senyawa ini biasa ditemukan pada produk make up. Untuk itulah jika anda ingin terhindar dari kanker payudara, sebaiknya kurangilah penggunaan make up jika memang tidak diperlukan.

5. Membiasakan Berjalan Kaki

Sebuah penelitian mengatakan bahwa denagn rajin berjalan kaki dapat membantu mengurangi resiko kanker payudara. Untuk itu, luangkanlah waktu anda setiap harinya untuk berjalan kaki. Apalagi mengingat berjalan kaki juga memang dianjurkan karena baik bagi kesehatan.

Jadi, mulai sekarang anda bisa membiasakan untuk berjalan kaki. Tidak perlu menempuh jarak jauh, karena berjalan kaki dengan jarak dekat pun cukup memberikan efek yang positif pada tubuh

**

Demikianlah kegiatan-kegiatan yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya kanker payudara. Jangan pernah meremehkan segala sesuatu yang janggal pada tubuh anda. Ingatlah mencegah jauh lebih baik daripada mengobati.

Semoga kita sebagai wanita akan selalu hidup sehat dan terhindar dari penyakit mematikan ini.