Loading...

5 Bahaya Terlalu Sering Memakai High Heels

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Fashion, Kesehatan, Wanita

bahaya high heels

TERUSKAN.COM – Menggunakan sepatu hak tinggi atau high heels sepertinya sudah menjadi keperluan yang tidak dapat dipisahkan bagi sebagian wanita. Bahkan menurut penelitian, delapan dari sepuluh wanita merasa percaya diri saat mengenakan sepatu hak tinggi. Hal ini lantaran dengan menggunakan sepatu high heels akan membuat kaki anda terlihat lebih jenjang.

Akan tetapi tahukah anda bahwa ternyata menggunakan high heels akan memberikan efek negatif jika tidak digunakan pada waktu yang tepat. Sepatu high heels dapat mengakibatkan tekanan tinggi pada permukaan telapak kaki yang memicu metatarsalgia yang dikenal sebagai kondisi sakit parah atau keram.

Loading...

Biasanya anda akan merasa nyeri berlebihan di bagian mata kaki dan tumit. Penggunaan sepatu high heels yang terlalu sering juga akan menimbulkan masalah kesehatan.

Mau tahu apa sajakah bahaya yang mungkin timbul bila sering memakai high heels? Berikut ulasannya.

1. Otot Tubuh Mengecil

Tubuh yang tidak seimbang yang dihasilkan dari penggunaan sepatu hak tinggi dalam waktu yang cukup lama akan menimbulkan masalah pada otot-otot tubuh. Otot-otot nantinya akan mengecil.

Bahkan penelitian mengungkapkan bahwa sering menggunakan sepatu hak tinggi akan memperpendek otot kaki karena high heels memaksa anda untuk berjalan jinjit.

2. Memicu Tubuh Melengkung

Memakai sepatu hak tinggi terlalu sering juga akan membuat postur tubuh anda mengalami perubahan yaitu pada pinggul serta tulang belakang menjadi tidak sejajar sehingga tubuh terlihat melengkung. Tidak hanya itu saja, menggunakan high heels juga akan mempengaruhi cara jalan saat anda melepaskannya

3. Memicu Tumor jinak

Pada dasarnya anda harus menyesuaikan bentuk sepatu hak tinggi dengan kaki anda agar lebih nyaman. Selain kenyamanan, bentuk juga mempengaruhi kesehatan anda. Untuk itu, pilihlah high heels yang tidak terlalu tinggi dan menimbulkan penyempitan.

Perlu anda tahu juga bahwa menggunakan sepatu hak tinggi dengan ketinggian yang berlebih malah akan memicu penebalan jaringan sara pada jari kaki ketiga maupun keempat dan terjadinya rasa nyeri pada jari yang memicu timbulkanya tumor jinak.

bahaya terlalu sering pakai sepatu hak tinggi

4. Sering keseleo

Untuk anda yang kerap menggunakan high heels di setiap kegiatan anda maka sebaiknya batasilah lama waktu penggunaan dan ketinggiannya.

Pasalnya tidak semua high heels mampu memberikan kenyamanan di setiap kegiatan yang anda lakukan, di antaranya ketidaknyamanan karena tumpuan hanya terletak pada ujung kaki sehingga membuat anda sulit untuk melakukan pergerakan yang malah akan membuat anda keseleo jika dipaksakan untuk beraktivitas.

5. Gangguan kesehatan bagi ibu hamil

Ibu hamil dianjurkan untuk membatasi penggunaan sepatu hak tinggi. Sebaiknya usahakan memilih sepatu yang tingginya tidak lebih dari 5 cm jika memang mengharuskan menggunakan high heels. Hal ini tentunya akan membuat tubuh anda tetap seimbang.

Jika anda memaksakan untuk menggunakan sepatu hak yang terlalu tinggi maka kemungkinan anda akan mengalami sakit pada bagian punggung. Hal ini dikarenakan saat sedang hamil terjadi peningkatan hormone relaxin yang dihasilkan dari indung telur yang akan menjadi parah jika anda menggunakan sepatu hak tinggi karenaa akan memberikan ketegangan pada punggung.

**

Itulah beberapa dampak negatif yang ditimbulkan oleh pemakaian sepatu hak tinggi yang terlalu berlebihan dan sering. Oleh karena itulah mulai sekarang usahakan untuk lebih bijak dalam menggunakan high heels agar nantinya anda tidak akan mengalami masalah-masalah di atas.