Loading...

7 Manfaat dan Kegunaan Arang

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Fun, Keluarga

TERUSKAN.COM – Apakah Anda tahu bahwa ada banyak fungsi dan kegunaan yang berbeda untuk menggunakan arang? Arang yang biasanya hanya digunakan untuk memanggang daging untuk acara barbeque ternyata memiliki banyak kegunaan lain.

Manfaat Arang

Penasaran? Yuk, simak artikel mengenai manfaat dan kegunaan arang berikut ini.

Loading...

1. Penghilang Bau

Arang ternyata sangat efektif menghilangkan bau di berbagai tempat yang berbeda seperti kamar mandi atau ruang bawah tanah. Arang juga dapat ditempatkan di bagian bawah tong sampah untuk menghilangkan bau tak sedap. Dalam beberapa hari, bau akan hilang setelah Anda meletakkan arang.

2. Anti Lembab

Musim hujan biasanya membuat ruangan menjadi lebih lembab. Daripada menggunakan pemanas ruangan atau produk anti lembab yang cukup mahal,  kenapa tidak Anda menggunakan arang?

 Untuk membuat dehumidifier atau anti lembab, Anda memerlukan wadah yang memiliki tutup seperti kaleng kopi kosong. Cukup mengisi kaleng dengan arang dan tutup rapat. Pastikan untuk membuat beberapa lubang di bagian atas tutupnya. Jika Anda tidak memiliki kaleng kopi kosong, Anda bisa menggunakan mangkuk kosong yang memiliki tutup di bagian atasnya lalu letakkan di ruangan yang lembab.

3. Membuat Buku Tetap Awet

Pernahkah Anda mendapati buku kesayangan yang Anda susun rapi di rak buku menguning, berbau, kaku atau melengket?

Salah satu cara untuk mencegah hal ini adalah dengan menempatkan beberapa potongan arang di rak buku. Karena efektif menghilangkan bau,  arang juga akan menghilangkan bau tak sedap pada buku yang sudah terlalu lama disimpan.

4. Fun Gag Gifts

Fun gag gifts adalah hadiah yang diberikan saat natal untuk mereka yang tidak berkelakukan baik atau bisa digunakan sebagai hadiah jebakan.

Nah, jika Anda memerlukan ide apa yang sebaiknya digunakan, sepotong arang bisa berguna. Cukup ambil sepotong arang yang diletakkan dalam kantung atau keranjang kecil dan tambahkan pita cantik di atasnya.

5. Pengganti Kapur atau Crayon

Anak-anak biasanya menggambar dengan menggunakan kapur atau krayon bukan? Nah, jika Anda kehabisan kapur atau krayon, arang dapat digunakan untuk menggambar. Tapi ingat, setelah menggunakan arang, bersihkan tangan anak Anda untuk menghindari bahaya.

Lakukan pengawasan saat anak menggunakan arang untuk menggambar untuk mencegah mereka memasukkannya dalam mulut atau melakukan hal lain yang tidak diinginkan.

6. Mencegah Karat

Daripada Anda harus membuang setiap alat atau perkakas yang berkarat, kenapa tidak Anda menggunakan arang untuk mencegah karat. Menempatkan beberapa potongan-potongan arang di setiap kotak alat atau perkakas membantu mencegah alat menjadi berkarat.

7. Membuat Bunga Potong Tetap Segar 

Untuk Anda pecinta bunga,  menempatkan beberapa potong arang di bagian bawah vas bunga, akan  membuatnya tahan lebih lama dan terlihat segar.

**

Nah, seperti yang Anda lihat, ada banyak manfaat dan kegunaan dari arang. Mudah dan sederhana bukan ?