Loading...

4 Bahaya Yang Harus Diwaspadai Saat Berlibur Di Pantai

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Wisata

bahaya liburan di pantai

TERUSKAN.COM – Pantai merupakan tempat pilihan bagi banyak orang untuk menghabiskan waktu bersama kawan atau keluarga, laut dan pasir putih dianggap sebagai kombinasi sempurna untuk bersantai dan menghilangkan stres.

Dan kegiatan pantai tampaknya selalu dikaitkan dengan hal-hal yang menyenangkan, tanpa orang-orang sadari bahwa kenyataanya, pantai dapat menjadi tempat yang cukup berbahaya.

Loading...

Berikut adalah beberapa masalah yang terkadang timbul saat Anda sedang berlibur di pantai, dan tips untuk mengatasi masalah tersebut:

Terik matahari

Bukan hal yang menyenangkan apabila Anda merasakan panas pada kulit akibat sinar matahari yang terlalu terik, bahkan dapat membuat luka bakar pada kulit Anda. Jangan abaikan masalah seperti ini, karena bisa memberi pengaruh buruk yang berbahaya bagi kesehatan kulit dan bisa sangat mematikan.

Apabila Anda mengalami rasa terbakar matahari, maka gejala yang timbul dapat berupa kram, rasa lelah yang berlebih dan stroke akibat panas yang dapat mematikan. Luka bakar yang disebabkan oleh panas matahari akan memperlihatkan kerusakan penuh dalam jangka waktu 24 jam.

Jika luka mengakibatkan sakit kepala, demam, dan membuat Anda menggigil, maka itu berarti bahwa luka yang didapatkan cukup serius, jadi segeralah melakukan konsultasi kepada dokter.

liburan di pantai

Arus balik

Selain terik matahari, arus balik juga menjadi hal yang perlu untuk Anda waspadai. Arus balik terjadi apabila gelombang yang muncul dari dalam laut menuju ke pantai lalu kemudian memantul kembali ke laut.

Sebagian orang mungkin menganggap arus tersebut sangat menyenangkan dan menantang, namun jika tidak hati-hati, arus balik ini bisa sangat mematikan. Tidak jarang mereka yang sedang berenang, ditarik oleh arus ini.

Ketika Anda berada dalam situasi terjebak oleh arus balik, yang harus Anda lakukan adalah mengikuti arah arus lalu secara perlahan-lahan kembali berenang menuju garis pantai. Jangan berpikir untuk melawan arus, sebab kebanyakan korban kehilangan nyawa karena mereka berusaha berenang melawan arus hingga akhirnya kelelahan.

Ubur-ubur mematikan

Terdapat beberapa jenis spesies ubur-ubur yang rupanya sangat berbahaya bahkan dapat menyebabkan kematian. Umumnya, ubur-ubur hanya akan menimbulkan rasa sakit serta gatal dan ini biasanya hanya berlangsung beberapa hari.

Namun berbeda dengan ubur-ubur kotak, ini merupakan salah satu jenis yang paling mengerikan karena memiliki tentakel yang didalamnya berisi jarum serta racun mematikan.

Maka dari itu sebaiknya selalu kenakan alas kaki untuk menghindari sengatan ubur-ubur, selain itu ketika Anda mendapat sengatan, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mengunjungi dokter untuk mengtahui pengobatan yang cocok sesuai dengan identifikasi spesies.

Waspadai lubang di pasir

Mungkin mulai saat ini, Anda harus berhati-hati ketika akan membuat lubang di pasir. Pasalnya, jumlah kecelakaan yang terjadi akibat lubang di pasir pantai lebih banyak daripada korban hiu. Terdapat beberapa kasus dimana seseorang kehilangan nyawa akibat terjebak reruntuhan dari terowongan pasir yang dibuatnya sendiri.

Jadi untuk menghindari bahaya tersebut, sebaiknya jangan mencoba untuk membuat lubang yang terlalu dalam, paling tidak buatlah setinggi lutut Anda saja dan tutuplah lubang-lubang yang Anda dapati di pantai untuk menghindari orang lain terjebak di dalamnya.