Loading...

Solusi Ampuh Mengusir Serbuan Semut di Rumah

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Keluarga

mengusir semut di rumah

TERUSKAN.COM – Salah satu masalah yang kerap dihadapi di rumah yaitu kehadiran semut yang seringkali menghiasi dinding dan tembok. Semut sendiri adalah makhluk hidup yang kerap datang dalam jumlah banyak.

Nah biasanya kalau berada di rumah inilah semut menjadi masalah yang paling menjengkelka apalagi saat ada makanan manis terbuka sedikit saja akan mengundang semut berbondong-bondong  untuk mengerubuti makanan itu. Hal inilah yang tak jarang membuat kita merasa bingung di mana harus menyimpan makanan agar tidak mengundang kedatangan semut.

Loading...

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusir semut dari rumah. Pastikan semua ruangan yang ada di rumah dijaga kebersihannya, terutama sejumlah ruangan seperti dapur, ruang tengah dan kamar. Kedatangan tamu yang melihat semut berbaris di dinding tentunya menjadi pemandangan yang memalukan bukan?

Untuk itulah biasakan mulai sekarang untuk membersihkan seluruh sudut ruangan agar tetap bersih dan pastikan bahwa tidak ada makanan yang berjatuhan di lantai.

Tips mengusir semut

Selain cara di atas, ada hal-hal yang bisa anda lakukan untuk menghindari makanan dari serbuan semut antara lain :

1. Asam cuka

Bau menyengat yang berasal dari asam cuka bisa dijadikan ramuan untuk mengusir semut. Caranya cukup mudah yaitu hanya dengan menyemprotkan cuka pada area yang kerap dilalui semut atau bisa juga disemprotkan pada sarang semut.

2. Kulit telur ayam

Kulit telur ayam juga bisa menjadi ramuan untuk mengusir semput. Caranya yaitu sangria kulit telur ayam sampai berwarna kehitaman. Lalu angkat dan tumbuk hingga halus seperti kopi. Kemudian taburkan ramuan ini ke tempat yang kerap didatangi semut

3. Mentimun

Tahukah anda bahwa ternyata semut tidak menyukai bau serta rasa dari mentimun? Oleh karena itulah, anda bisa menempatkan beberapa potongan mentimun pada area yang kerap dilalui semut

4. Sabun Cuci

Tidak hanya mampu membersihkan kotoran dari pakaian maupun peralatan makanan, faktanya sabun cuci mampu mengusir semut juga loh. Sabun berfungsi memecah lapisan lilin rangka luar yang terdapat pada semut sehingga saat semut mencium bau dari sabun cuci maka akan mengakibatkan dehidrasi pada semut

. Untuk itulah anda bisa mencoba cara ini untuk mengusir semut dari rumah anda atau bisa juga dengan menyemprotkan larusan sabun cuci di tempat-tempat yang sering disemuti.

5. Daun Sirih

Daun sirih adalah cara lain yang bisa anda pilih untuk mengusir semut dari rumah. tidak hanya bisa digunakan untuk ramuan tradisional dan mengobati penyakit, daun sirih juga cukup handal untuk mengusir semut.

Caranya cukup mudah yaitu remas-remas daun sirih dan letakkan di tempat yang tidak ingin didatangi semut. Aroma menyengat yang berasal dari daun sirih inilah yang akan membuat semut menjauhi daerah itu.

**

Melihat semut berbaris rapi di dinding-dinding tiap ruangan di rumah anda memang bukanlah pemandangan yang menarik. terlebih lagi jika semut-semut tersebut menyerbu makanan yang ada di meja makan. Hal tersebut tentunya akan membuat selera makan menjadi berkurang.

Untuk itulah sebaiknya mulai sekarang anda melakukan cara-cara di atas untuk mengusir semut.