Loading...

8 Manfaat Dan Kandungan Nutrisi Terung

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

manfaat terung

TERUSKAN.COM – Terung adalah salah satu sayuran yang tentunya tidak asing lagi di telinga. Sayuran berwarna ungu ini memang kerap dijadikan bahan makanan bagi masyarakat Indonesia karena rasanya yang lezat saat sudah diolah.

Terung adalah tanaman asli Srilanka yang tumbuh subur di negara Indonesia. Terung yang memiliki nama ilmiah Solanum melongena, telah dibuktikan melalui sejumlah penelitian sangat baik bagi kesehatan jika dikonsumsi secara rutin.

Loading...

Meskipun bagi sebagian wanita, tanaman ini kerap dihindari untuk dikonsumsi lantaran mampu memicu keputihan. Benarkah demikian? Faktanya, keputihan itu disebabkan oleh mikroorganisme sehingga kecil kemungkinannya disebabkan karena mengonsumsi terung.

Terung kaya akan zat besi, mineral serta kalsium yang dapat memasok nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Bahkan, terung kerap kali diolah menjadi makanan yang sangat lezat di sejumlah restoran ternama dengan bumbu masakan yang mampu menggoyang lidah.

Manfaat dan Kandungan Nutrisi Terung

Nah, bagi anda yang ingin tahu apa sih manfaat mengonsumsi terung,  anda bisa menyimak ulasannya di bawah ini :

1. Terung diakui mengandung nutrisi tertentu seperti kandungan phyto penting yang mampu meningkatkan sirkulasi darah dan mampu menutrisi otak anda. Jika anda ingin mendapatkan nutrisi yang lebih optimal maka sebaiknya jangan membuang kulit terung karena di sanalah banyak nutrisi tersedia.

2. Jika anda memiliki masalah pencernaan, maka terung adalah sayuran yang tepat yang bisa anda konsumsi. Terung adalah solusi tepat karena kaya akan serat yang mampu melindungi saluran pencernaan. Bahkan berdasarkan penelitian dengan mengkonsumsi terung secara rutin mampu mencegah anda mengalami kanker usus besar.

3. Terung mengandung kalori yang rendah sehingga tidak mengandung lemak yang memicu bahaya kesehatan. Selain itu, kadar serat yang tinggi yang terkandung di dalamnya mampu membuat anda merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama.

4. Selama bertahun-tahun sayuran terung kerap digunakan untuk mengatasi dan menyembuhkan diabetes. Hal ini lantaran serat yang terkandung di dalamnya serta karbohidrat larut rendah yang membuat terung menjadi salah satu sayuran yang wajib dikonsumsi bagi penderita diabetes.

5. Terung juga memiliki kandungan yang mempunyai peranan dalam merawat jantung. Sebuah studi menunjukkan bahwa terung mampu membantu menurunkan kolesterol. Akan tetapi tentunya anda harus mengolah terung dengan tepat untuk bisa mendapatkan manfaat yang optimal.

Hindarilah menggoreng terung karena malah akan membuat banyak lemak masuk ke dalam tubuh anda. Ada baiknya panggang terung pada 400 derajat.

6.Terung juga mampu mencegah pembekuan darah. Kandungan vitamin K serta bioflavanoid yang ada di dalamnya mampu memperkuat kapiler dalam tubuh.

7. Tingginya kandungan bioflavanoid di dalam terung mampu membantu menjaga kesehatan jantung anda. terung juga dipercaya mampu mengontrol tekanan darah tinggi serta meredakan stress.

8. Kandungan selanjutnya yang terkandung dalam terung yang baik untuk tubuh adalah fitonutrien. Kandungan tersebut mampu menjaga membrane sel sehingga anda akan terhindar dari kerusakan pada saat pesan ditransfer di otak. Hal inilah yang akan membantu memori anda terjaga fungsinya dengan baik.

**

Nah itulah beberapa manfaat yang dihasilkan dengan mengonsumsi terung. Jadi mulai sekarang sepertinya tidak ada salahnya untuk menambahkan terung sebagai salah satu hidangan favorit keluarga.