Loading...

Pare Makanan Pahit Dengan Sejuta Manfaat

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

manfaat pare

TERUSKAN.COM – Sayuran ini memang sepertinya tidak asing di kalangan masyarakat mengingat rasanya yang khas yaitu pahit. Sayuran berwarna hijau pucat ini memang kerap kali dijauhi banyak orang lantaran rasanya yang tidak enak.

Padahal sayuran pare ini kerap diandalkan untuk pengobatan tradisional di sejumlah negara seperti di Meksiko maupun Brazil. Usut punya usut, ternyata Pare ini memiliki banyak manfaat loh bagi tubuh. Tidak hanya buahnya saja yang berkhasiat namun daun Parenya pun juga mampu membantu mengatasi masalah pada pencernaan.

Loading...

Pare adalah tanaman yang merambat dan buahnya mirip dengan timun. Hanya saja kulit Pare terlihat keriput. Di Indonesia sendiri, Pare ternyata tumbuh sumbur dan terdiri dari berbagai jenis.

Pare mengandung berbagai kandungan yang mampu mencegah penyakit seperti vicine, charantin hingga bioaktif lainnya yang mampu membantu menyehatkan tubuh.

Di bawah ini ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi Pare, terutama bagi para wanita yaitu :

1. Mencegah sel kanker

Pare sangat baik dikonsumsi oleh para wanita yang ingin terhindar dari kanker serviks. Wanita rentan terkena kanker serviks jika tidak memperhatikan kebersihan miss V-nya. Selain mencegah sel kanker serviks, pare juga mampu membantu mencegah terjadinya kanker payudara.

Kedua penyakit tersebut tentunya menjadi momok yang menakutkan bagi para wanita sehingga jika anda tidak ingin mengalaminya, sebaiknya mulailah rutin mengonsumsi pare. Pare berkemampuan mencegah sel kanker karena mengandung zat lesichin.

2. Mengatasi diabetes

Adanya anti diabetes dalam pare diakui mampu mengurangi resiko diabetes. Tidak hanya itu saja, kemampuan bioaktif yang terdapat pada biji pare juga mencegah terjadinya peningkatan gula darah usai makan

3. Menurunkan berat badan

Pare adalah sayuran yang baik yang dianjurkan bagi anda yang ingin menurunkan berat badan atau menjaga kestabilan berat badan. Menurut riset, dalam secangkir pare mengandung 16 kalori yang dapat mengontrol nafsu makan sehingga membuat anda merasa cepat kenyang.

4. Mencegah HIV/AIDS

HIV/AIDS adalah penyakit yang berbahaya yang sudah menelan banyak korban. Nah, jika anda tidak ingin terjangkit penyakit ini maka anda bisa mencoba mengonsumsi pare secara rutin. Kandungan protein alpha-momocharin atau MAP 30 di dalam pare diakui mampu membatasi perkembangan HIV dalam tubuh.

Peneltian ini bukan tanpa bukti. Telah diuji secara langsung pada beberapa pasien yang mengidap penyakit AIDS yang diberikan ekstrak pare yang kemudian secara mengejutkan hasilnya yaitu kekebalan tubuh pasien mengalami peningkatan.

manfaat buah pare

5. Membersihkan darah

Pare mengandung zat yang dapat membersihkan darah. Jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa mengonsumsinya dengan cara di jus.

6. Mengatasi asma

Sebuah studi mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi pare mampu merespon indera pengecapan sehingga membuat sel saluran pernapasan turut aktif yang kemudian mengakibatkan saluran pernapasan menjadi lebih luas sehingga aliran udara yang masuk pun lebih kuat.

Untuk itulah bagi anda yang menderita asma sebaiknya mengonsumsi pare.

7. Melancarkan pencernaan

Pare kaya akan vitamin C, serat, kalium serta karoten. Di balik rasa pahit yang terkandung di dalamnya, sayuran pare memang ternyata baik untuk dikonsumsi karena mampu mengatasi masalah pencernaan.