Loading...

9 Langkah Mendulang Sukses dari Usaha Kecil

Penulis: Asri Tadda Rubrik: Bisnis
Langkah Mendulang Sukses dari Usaha Kecil

Langkah Mendulang Sukses dari Usaha Kecil

TERUSKAN.COM – Siapa yang tidak tergiur dengan kekayaan orang-orang hebat seperti Bill Gates, Ingvar Kamprad atau Mark Zuckerberg? Tentunya anda juga tergiur untuk memiliki kekayaan seperti mereka, bukan?

Tahukah anda bahwa sebenarnya semua kekayan yang mereka miliki sekarang berawal dari usaha yang kecil dan mereka sama sekali tak menduga akan seberhasil sekarang.

Loading...

Nah, berikut ini beberapa cara yang dapat membuat anda mendulang sukses dari usaha kecil:

Berpikir Realistis

Ketika anda akan membuat suatu model bisnis, anda harus melihat ke sekeliling dan mencari contoh keberhasilan dari model bisnis yang anda inginkan, lalu mempelajarinya.

Jika anda tidak menemukannya, ada kemungkinan bisnis yang anda kehendaki tidak akan berhasil nantinya. Boleh menunjukkan kreasi dalam membangun sebuah bisnis, tetapi berpikir secara realistis tetap harus diutamakan.

Jangan Sendiri dalam Menginvestasikan Uang

Membangun bisnis tidaklah mudah, ada banyak resiko di sana-sini yang sewaktu-waktu akan menghambat anda. Karena itu, jangan sendiri dalam menginvestasikan uang.

Carilah partner yang dapat dipercaya. Sehingga jika apa yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, anda tidak akan seketika bangkrut karena investasi dan juga tidak dikejar hutang jika anda menginvestasikannya dengan dana pinjaman.

Perbudak Diri Sendiri

Menjadi wirausahawan, berarti siap untuk memperbudak diri sendiri, dalam artian anda harus siap untuk berkeja keras, lembur, tidak mementingkan urusan pribadi, dan membelakangkan kesehatan untuk sementara.

Di awal berdiri, tentu anda belum mampu untuk menggaji karyawan. Karena itu, anda menjadi pemilik sekaligus karyawan untuk bisnis anda sendiri.

Menghargai Waktu

Dalam setiap pengambilan keputusan, anda harus berani memberikan nilai uang pada setiap waktu yang anda miliki. Buatlah perbandingan antara mengirimkan produk dengan tenaga sendiri dengan menggunakan jasa pengiriman.

Pilihan pertama memang murah, namun memakan waktu, sementara pilihan kedua mahal, namun menghemat waktu. Anda harus memilih pilihan kedua sekalipun bertentangan dengan aturan sebelumnya yaitu memperbudak diri sendiri. Nilai ekonomis harus tetap diperhatikan dalam bisnis.

Merekrut Karyawan dengan Baik

Usaha anda semakin berkembang, anda sudah memegang profit, dan konsumen semakin banyak. Pada akhirnya anda harus melakukan perekrutan karyawan.

Untuk itu, lakukanlah perekrutan itu dengan hati-hati, tidak terburu-buru, dan perlakukanlah itu sebagai hal penting selayaknya anda mendirikan usaha pertama kali.

Ada banyak pengusaha yang memiliki visi atas usahanya, sayangnya ia tak mampu merekrut karyawan yang baik yang dapat membantunya untuk mencapai visi tersebut.

Menjual Kelebihan, Bukan Harga

Jangan pernah bersaing dalam segi harga, karena hanya akan membuat anda menetapkan harga yang pas-pasan bahkan mungkin lebih rendah dari modal yang anda keluarkan.

Milikilah komunikasi yang baik dengan konsumen dan jelaskan kelebihan produk yang anda miliki. Jangan takut menetapkan harga yang tinggi untuk produk-produk berkualitas.

Mengetahui Angka Dasar

Anda harus mengetahui berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk menjalani bisnis anda mulai dari penyewaan lokasi, instalasi listrik, asuransi bagi karyawan, sampai pada hal-hal kecil seperti harga kertas dan tinta printer.

Bagilah seluruh biaya itu dengan jumlah hari yang akan anda gunakan untuk membuka usaha. Itulah angka dasar atau pendapatan minimum yang harus anda capai di setiap harinya.

Memperlakukan Supplier dengan Baik

Perlakukanlah supplier anda dengan baik selayaknya anda memperlakukan para konsumen anda. Karena dengan begitu, ada kemungkinan mereka akan memberikan potongan harga pada anda.

Relasi yang terjalin baik juga akan membuat mereka maklum jika anda terlambat membayar ataupun mereka terlambat mengirim.

Be The Best

Jadilah yang terbaik dalam setiap aktivitas bisnis yang anda lakukan dan jangan setengah-setengah. Lakukanlah hal itu secara continue dan pesan berantai mengenai keunggulan usaha anda pun akan terdengar.