Loading...

Solusi Alami Untuk Menurunkan Demam

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Jangan hanya menelan pil atau mengonsumsi obat saat Anda merasa demam. Obat-obatan yang memiliki efek samping pada tubuh hanya akan membahayakan tubuh Anda. Sebaliknya, jika memungkinkan akan lebih baik menggunakan cara alami untuk menyembuhkan demam ringan Anda.

cara mengatasi demam

Berikut adalah beberapa solusi mengatasi demam yang dapat Anda racik dengan menggunakan bahan alami di rumah Anda, dilansir dari magforwomen.com.

Loading...

1. Basil (Kemangi) dan Neem (Intaran)

Ambil daun kemangi dan daun neem yang sudah dibersihkan terlebih dahulu lalu rebus dengan menggunakan 5-6 lembar daun kemangi bersama dengan 3-4 lembar daun neem. Biarkan mendidih selama sepuluh sampai lima belas menit. Setelah itu saring dan nikmati selagi hangat.

Ramuan ini akan mengurangi suhu tubuh dan menyembuhkan demam ringan. Meminumnya dua sampai tiga kali dalam sehari akan menurunkan demam Anda.

2. Bawang putih dan Minyak zaitun

Minyak bawang putih memiliki sifat penyembuhan ajaib bagi tubuh. Campurkan satu sendok makan minyak bawang putih dengan satu sendok teh minyak zaitun. Setelah itu, oleskan pada bagian telapak kaki dengan melakukan sedikit pijatan lalu tutupilah dengan kain hangat.

Ramuan tersebut akan membantu menurunkan suhu tinggi pada tubuh karena demam. Selain itu,  Anda juga dapat menggunakannya untuk mengobati flu.

3. Kompres Dingin

Cara termudah untuk menurunkan suhu panas pada tubuh karena demam yaitu dengan menggunakan kompres dingin. Ambil mangkuk yang telah terisi air, setelah itu tambahkan beberapa potong es batu. Lalu ambil handuk atau kain yang menyerap dan celupkan ke dalam air. Tempatkan pada bagian dahi.

Ulangi proses ini hingga sepuluh kali. Cara ini membantu mengurangi demam tinggi dan infeksi flu.

4. Apel dan Jus kismis

Ini mungkin terdengar aneh, tetapi obat ini benar-benar sangat membantu. Cukup merebus kismis dalam air sekitar dua puluh menit. Setelah itu, saring dan tambahkan dua sendok jus apel. Minum tiga kali dalam sehari.

Obat ini membantu untuk menurunkan suhu tubuh hingga menyembuhkan demam ringan Anda.

5. Akar angelica

Pernahkah Anda mendengar tentang ramuan akar angelica? Ramuan ini selain menyuburkan rambut ternyata juga sangat populer dan efektif untuk mengurangi demam ringan sampai demam tinggi dalam tubuh. Rebuslah beberapa potongan akar angelica, saring dan dinginkan.

Sebelum meminumya, tambahkan beberapa sendok madu untuk menambah rasa. Ramuan ini sangat efektif  mengurangi demam ringan yang disebabkan oleh infeksi dalam tubuh.

6. Teh herbal

Siapa yang tidak tahu mengenai khasiat dari teh herbal? Teh herbal yang juga efektif menyembuhkan infeksi dalam tubuh bisa Anda nikmati dengan menggunakan teh hijau atau rumput lemon tea untuk menurunkan demam.

Teh peppermint dan teh sage memiliki antioksidan yang membantu untuk melawan flu dan demam. Menambahkan cinnamon ke teh herbal  juga memberikan bantuan  dengan mengatasi infeksi yang disebabkan oleh demam.

7. Cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki sifat anti-bakteri yang membantu mengurangi demam ringan dalam tubuh. Tambahkan sendok teh cuka sari apel dalam air hangat dan minum tiga sampai empat kali dalam sehari.

Atau cara lain dengan menggunkaan kain yang dicelupkan pada wadah yang sudah berisi air dan sari cuka apel dan meletakkannya di dahi.

8. Lemon dan Madu

Jus lemon dapat membantu melawan infeksi apapun karena tingginya  antioksidan dan vitamin  di dalamnya. Ambil segelas air hangat dan tambahkan sedikit jus lemon di dalamnya. Sekarang, tambahkan satu sendok teh jus jahe dengan madu.

Minum ramuan ini setidaknya empat kali dalam sehari untuk menyembuhkan demam dan flu infeksi dari tubuh.