Loading...

5 Manfaat Kesehatan Dari Terapi Akupuntur

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

tterapi akupuntur

TERUSKAN.COM – Sebagai salah satu pengobatan alternatif, akupuntur jarang direkomendasikan oleh para dokter untuk pasien mereka. Akupuntur yang menggunakan jarum halus yang ditusukkan pada bagian yang dianggap menjadi sumber masalah sering kali membuat Anda takut untuk menggunakan pengobatan ini.

Tetapi, sebuah penelitian telah menunjukkan ternyata salah satu pengobatan alternatif yang bermanfaat untuk mengatasi  beberapa masalah kesehatan yaitu akupuntur. Manfaat apa sajakah yang bisa Anda peroleh dari terapi akupuntur ini?

Loading...

Berikut kami bagikan pada Anda informasi tentang manfaat kesehatan terapi akupuntur,  seperti yang dilansir dari magforwomen.com

1. Meredakan sakit punggung

Salah satu alasan utama mengapa orang menjalani terapi akupuntur adalah untuk meringankan sakit punggung baik ringan maupun kronis.

Bahkan setelah dilakukannya simulasi dari akupuntur, hasil yang diperoleh menunjukkan hasil yang signifikan mengatasi  nyeri punggung kronis daripada menggunakan obat-obatan.

2. Meringankan sakit kepala

Akupuntur juga dipercaya dapat mengatasi sakit kepala yang terus-menerus. Penelitian telah menunjukkan bahwa melakukan terapi akupunktur secara teratur dapat mengurangi sakit kepala yang disebabkan karena ketegangan, stres dan masalah yang terkait migrain.

Oleh karena itu terapi akupuntur sangat efektif untuk pengobatan berbagai jenis sakit kepala.

3. Meningkatkan efektivitas dari obat-obatan

Penelitian telah menunjukkan akupuntur memiliki efek pada efektivitas beberapa obat. Sebuah studi di China menunjukkan bahwa dosis rendah dari obat fluoxetine yang jika digabungkan dengan terapi akupuntur dapat mengatasi masalah kegelisahan dan depresi dengan sangat.

Bahkan, kombinasi ini sama efektifnya dengan mengonsumsi obat tanpa akupuntur. Tidak hanya itu, terapi kombinasi ini juga mengurangi efek samping yang biasanya akan Anda dapatkan dari obat-obatan.

4. Meredakan gangguan pencernaan

Seperti dalam kasus depresi, terapi kombinasi juga dapat digunakan untuk pasien yang menderita gangguan pencernaan.

Terapi akupunktur yang dikombinasikan dengan obat yang dosisiya sudah dikurangi, akan mengurangi rasa mulas dan gangguan pencernaan pada wanita hamil dibandingkan mengonsumsi obat.

5. Mengurangi Berat Badan

Studi juga telah menunjukkan bahwa akupuntur sangat efektif dalam mengurangi berat badan dan mencegah obesitas. Jika Anda sulit melakukan  perubahan gaya hidup, olahraga dan diet, melakukan terapi akupuntur bisa menjadi alternatif lainnya.

Namun, penelitian ini tidak mengatakan apakah akupuntur dapat digunakan untuk menjaga berat badan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, tetap melakukan olahraga, menjaga pola makan dan hidup sehat harus dilakukan beriringan.

**

Demikian beberapa manfaat kesehatan dari terapi akupuntur. Jika Anda masih ragu mengenai terapi ini, lakukan kunjungan di beberapa tempat terapi akupuntur dan lakukan konsultasi.

Ingat, terapi akupuntur harus dilakukan oleh orang yang berpengalaman untuk menghindari hal yang tidak diingainkan, mengingat akupuntur menggunakan jarum dan peletakan di titik tertentu harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan syaraf dan hal lainnya.

Sebelum melakukan pengobatan ini, ketahui terlebih dahulu efek samping yang akan dirasakan setelah melakukan terapi.

Semoga bermanfaat.