Loading...

Cara Membuat Vespa Irit BBM

Penulis: Ahmad Wiyoto Rubrik: Otomotif

Agar vespa irit BBM

TERUSKAN.COM – Vespa ialah motor yang mempunyai desain eksterior yang unik dengan bulatan dan tonjolan yang mendominasi bodynya. Para pecinta otomotif tentu tahu bahwa motor vespa memiliki salah satu kelemahan yakni boros bahan bakar mesin.

Jika vespa yang menjadi tunggangan setia ke mana-mana boros BBM pastinya pengeluaran transportasi bulanan Anda semakin tinggi. Supaya kita tidak terkena dampak dari harga BBM yang semakin mahal di masa mendatang maka sebagai secootris sejati harus tahu cara membuat vespa irit BBM.

Loading...

Kami akan kupas tuntas tips agar vespa irit bahan bakar mesin.

Cara Membuat Vespa Irit BBM Tanpa Membongkar Mesin

Proses pembakaran dalam silinder dimulai dari pencampuran bensin dan udara di karburator kemudian disemprotkan ke ruang bakar, selanjutnya kabut campuran bensin udara harus terbakar habis tanpa sisa.

Akan tetapi jika komponen mesin ada masalah maka akan membuat permukaan piston atau silinder akan bekerak dan menimbulkan asap tebal, dan akhirnya membuat vespa menjadi tidak irit bahan bakar.

Maka cara pertama supaya pembakaran mesin vespa tetap sempurna harus dilakukan perawatan atau servis pada mesin secara berkala dan rutin, karena langkah ini akan mempermudah pemilik vespa mengetahui kerusakan kecil pada komponen mesin dengan cepat. Cara ini tentu membutuhkan pembokaran mesin yang hanya bisa dilakukan oleh para ahli.

Namun ada tips supaya vespa irit dengan cara yang lebih praktis dan mudah yaitu merawat bagian komponen pembakaran tanpa ada kegiatan bongkar-membongkar mesin.

Anda cukup menggunakan semprotan cairan pembersih khusus ruang pembakaran mesin. Terdapat banyak sekali opsi merek cairan pembersih ini semisal AHRS Engine Cleaner, DCS, Carb Cleaner dan lainnya.

Cara kerja cairan pembersih mesin bisa dijelaskan ketika cairan ini disemprotkan ke ruang pembakaran maka akan membersihkan kotoran dan mengikis kerak sisa-sisa pembakaran, bahkan cairan pembersih yang berkualitas tinggi akan membuat kerak menjadi serbuk debu. Setelah itu, semua kotoran akan terangkut bersama dengan gas buang dan keluar melalui knalpot.

Cairan pembersih juga disemprotkan pada mulut karburator, langkah ini bertujuan supaya lubang dan komponen-komponen karburator dapat bersih dari kotoran.

Penyemprotan lebih baik dikerjakan sewaktu mesin hidup pada putaran tinggi antara 8.000 – 9.000 putaran per menit supaya kotoran dengan cepat terhisap ke ruang pembakaran dan terbuang melalui knalpot tanpa menggunakan angin kompresor.

Cara Membuat Vespa Irit BBM Dengan Servis Ringan

Pembakaran yang sempurna pada mesin melibatkan beberapa jeroan semisal kabel busi, tutup kepala busi, koil, platina atau disebut CDI serta sumber tenaganya berupa spool dan magnet. Semua komponen ini harus dalam kondisi prima yang dapat diketahui dengan cara membongkar mesin.

Waktu pengapian yang benar juga diperlukan supaya proses pembakaran tepat, yakni ketika busi memercikkan bunga api maka kepala piston berada pada posisi puncak (tepat).

Jika vespa sudah memakai CDI maka bisa diatur ulang kapan busi harus memercikkan bunga api. Namun apabila Vespa menggunakan platina, maka setting waktu pengapian dengan tepat yang biasanya disebut dengan istilah poor and na.

Langkah selanjutnya ialah mengecek kebersihan saringan udara pada karburator, jika terlihat banyak kotoran menempel maka semprot dengan angin tekanan tinggi dari kompresor.

Selalu periksa packing karburator menuju mesin selalu tertutup rapat dan baik, jangan sampai terdapat kebocoran meskipun kecil, terapkan juga pada seal setelan angin.

Dan langkah terakhir, para secootris harus selalu memakai spuyer standar supaya mendekati AFR yang cocok dengan kondisi mesin Vespa.