Loading...

6 Manfaat Penting Minum Susu

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Kesehatan

manfaat minum susu

TERUSKAN.COM – Susu adalah salah satu sumber makanan kaya kalsium dan vitamin D. Selain itu, dalam kandungan susu juga terdapat berbagai nutrisi lainnya, seperti protein, potasium, vitamin A dan B12 yang sangat vital bagi kesehatan.

Susu yang selama ini merupakan makanan pertama bagi seorang bayi, sekaligus menjadi satu-satunya sumber nutrisi, nyatanya sangat direkomendasikan untuk seterusnya diminum, berapa pun usia anda. Hal ini karena susu memberikan begitu banyak keuntungan bagi kesehatan anda.

Loading...

Penelitian mengenai beragam manfaat susu untuk kesehatan tubuh telah lama dilakukan. Nutrisi yang terkandung pada susu merupakan asupan pelengkap yang sangat baik untuk tubuh. Susu akan membantu pertumbuhan tubuh pada usia produktif dan membantu menopang tulang pada usia lanjut.

Seiring perkembangan jaman, susu pun telah diproduksi menjadi beragam olahan. Jadi untuk mendapatkan manfaat susu, anda juga dapat mengonsumsi turunan susu seperti yogurt atau bahkan es krim. Menyenangkan bukan?

manfaat susu

Berikut adalah beragam manfaat susu untuk kesehatan tubuh, dilansir oleh idiva.com.

 Memperkuat gigi

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, susu kaya kandungan kalsium, iodine, dan fosfor. Ketiga nutrisi tersebut memainkan peran sangat penting dalam meningkatkan dan merawat kesehatan gigi.

Selain itu, kasein protein dalam susu juga membantu membentuk lapisan tipis pada email/lapisan gigi di mana mampu melindunginya dari kerusakan dan lubang.

Membantu pembentukan otot

Kandungan protein dalam susu terdiri dari 80 persen kasein dan 20 persen air dadih. Hal itu berarti tubuh anda membutuhkan kedua jenis protein penting tersebut, hanya dari konsumsi susu.

Protein bersama kalsium membantu juga pembentukan otot-otot. Segelas susu sangat mampu mengobati otot yang lemah dan membantu anda cepat pulih.

Membantu anda tidur lebih nyenyak

Nah, kali ini bagi anda penderita insoMnia, cobalah berhenti mengonsumsi obat-obatan kimiawi, dan mulai beralih pada solusi yang lebih alami. Segelas susu hangat dapat membantu pemulihan agar anda bisa tidur dengan kualitas lebih baik.

Hal ini lantaran kandungan asam amino pada susu. Nutrisi tersebut bisa membuat lebih relaks otot-otot dan menenangkan syaraf-syaraf yang akan membantu anda bisa tertidur pulas.

Meningkatkan kesehatan kulit

Di zaman dulu kala, para raja dan ratu di dunia ini kerap merendamkan diri di air susu untuk mendapatkan kulit lembut dan berseri-seri. Anda juga bisa mendapatkan manfaat yang sama lewat kosmetika perawatan kulit yang berasal dari bahan baku susu.

Susu yang mengandung asam amino juga sangat bermanfaat melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari. Kandungan asam laktik susu juga membantu mengelupaskan sel kulit mati dan membuat kulit lebih lembut.

Mengobati kekurangan berat badan

Ada beberapa kajian yang menyatakan, bahwa wanita yang meminum jenis susu low fat cenderung memiliki berat badan lebih baik dibandingkan wanita yang tidak meminum susu sama kali.

Sebagai tambahan, rajin minum susu juga membuat anda merasa lebih kenyang lebih lama, sehingga membuat anda tidak bernafsu makan berlebihan.

**

Nah demikianlah 6 manfaat susu untuk kesehatan tubuh manusia. Jadi jangan ragu untuk rutin mengonsumsi susu untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Jadi, sudah minum susu hari ini?