Loading...

10 Cara Cepat Atasi Sakit Kepala

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Anda kerap mengalami sindrom anti Senin pagi atau merasa bekerja terlalu berlebihan? Stres merupakan penyebab utama sakit kepala. Namun, tidak melakukan apa pun seharian juga bukanlah pilihan terbaik.

Syukurlah, terdapat beberapa cara untuk membunuh rasa sakit di kepala, agar anda bisa kembali bekerja normal.

cara atasi sakit kepala

Loading...

Berikut adalah 10 cara praktis dan cepat mengatasi sakit kepala tersebut, dilansir dari idiva.com. Yuk simak!

Minum air putih

Kekurangan air putih mungkin bisa jadi merupakan penyebab sakit kepala anda. Minumlah air putih sesuai porsi sehari, dan jangan biarkan anda mengalami dehidrasi untuk menjaga diri terserang sakit kepala.

Cicipi minuman hangat

Bagi sebagian orang, kafein merupakan zat yang dapat menyembuhkan sakit kepala. Minumlah sedikit demi sedikit minuman hangat anda. Selain itu, teh hijau juga mampu menenangkan jaringan syaraf anda dan mengurangi rasa sakit di kepala.

Tidurlah sebentar

Coba buat relaks tubuh anda dan tidurlah sebentar untuk mengurangi rasa sakit kepala. Baringkan kepala anda sementara dan berhentilah untuk berpikir pekerjaan dan hal lainnya yang makin memicu anda semakin sakit.

Oleskan minyak hangat

Tidak ada hal lebih baik nampaknya, selain mengoleskan minyak hangat (kayu putih/balsem dan sejenisnya) di kepala anda, dan lakukan pijatan lembut. Anda akan merasa lebih segar dan pulih sedikit demi sedikit dari rasa sakit.

Dengarkan musik lembut

Musik mungkin juga sangat berguna bagi penyembuhan sakit kepala anda. Coba dengarkan sebentar musik favorit anda yang berirama lembut (lebih baik instrumental) yang akan membantu anda melupakan rasa sakit kepala.

Akupuntur

Teknik akupuntur secara alami terbukti dapat membebaskan anda dari rasa sakit kepala. Anda pun dapat coba melakukannya sendiri dengan tekan lembut dahi anda dengan dua jempol tangan anda, dan biarkan jari-jari anda lainnya memijat lembut bagian yang sakit dari kepala anda.

Kompres kepala

Coba taruh handuk lembut setelah direndam di air dingin pada dahi anda. Cara ini juga akan membuat aliran darah anda lebih lancar serta meredakan rasa sakit di kepala.

Meditasi

Hal ini mungkin agak terdengar sulit bagi anda lantaran anda mungkin tidak akan mampu berkonsentrasi saat mengalami sakit kepala. Namun, cobalah tarik napas mendalam dan hal ini akan memiliki efek menenangkan.

Selain itu, cobalah untuk menjadi senyaman mungkin dan bermeditasi selama beberapa detik. Melihat segala sesuatu yang berwarna kehijau-hijauan di hamparan rumput dan taman juga bisa meredakan rasa sakit kepala anda.

Relaksasi pikiran

Jika anda terus berpkir tentang rasa sakit, anda justru akan makin merasa sakit. Cobalah untuk berpikir sebaliknya, dan lakukan hal baik yang bisa anda nikmati. Berjalanlah ke luar ruangan, dan hirup udara segar.

Minum obat

Ini merupakan cara terakhir,  jika anda sudah mencoba cara-cara alami di atas namun belum berhasil. Namun, minumlah obat seperlunya, dan ketika anda mengalami kasus  sakit kepala ekstrem.