Loading...

Tips Dan Cara Mengatasi Masalah Pada Bibir

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kecantikan, Wanita

tips bibir sehat

TERUSKAN.COM – Bibir yang sehat, merah merona dan tidak pecah-pecah tentunya menjadi dambaan banyak orang. Bibir adalah salah satu bagian tubuh yang sensitif jika terkena panas sinar matahari atau bahan kimia lainnya.

Jika bibir anda tidak dirawat dengan baik, maka kemungkinan ada berbagai masalah yang akan anda alami. Ada banyak masalah bibir yang dikeluhkan, mulai dari bibir hitam, pecah-pecah dan kering. Dengan timbulnya masalah ini tentu akan mengurangi rasa percaya diri.

Loading...

Nah untuk itulah di bawah ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah pada bibir.

Bibir kering menjadi salah satu masalah yang mengganggu, sampai-sampai ada yang menjilat dan terus-terusan membasahi dengan air liur untuk melembabkannya. Padahal hal ini malah memperparah keadaan dan akan menjadi penyebab bibir semakin kering.

Cara Merawat Bibir Kering

Ada banyak cara yang sebenernya bisa anda lakukan untuk merawat bibir agar tetap sehat dan terhindari masalah-masalah di atas, yaitu sebagai berikut.

  • Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas perhari
  • Hindarilah penggunaan lipstik yang mengandung pewarna sintetis dan pewangi yang dapat menimbulkan iritasi.
  • Gunakanlah pelembab bibir saat beraktifitas di luar ruangan dalam waktu lama dan berpotensi terkena sinar ultraviolet langsung
  • Jika bibir anda kering, jangan langsung mengelupasnya. Gunakanlah sikat gigi halus atau handuk basah untuk membersihkan bibir serta mengangkat sel kulit mati. Jika sudah bersih, gunakan lip gloss untuk melembabkan bibir

Cara Merawat Bibir Berwarna Gelap

Masalah pada bibir lainnya yang kerap ditemui adalah bibir berwarna gelap atau bahkan hitam. Nah ada 5 bahan alami utama yang bisa anda gunakan untuk mengatasi bibir hitam.

Mengatasi Masalah Pada Bibir

1. Madu

Madu dipercaya ampuh membantu membuat bibir kembali merah merona. Caranya pun cukup mudah yaitu ambillah madu secukupnya dan oleskan pada bibir sebelum tidur dan biarkan hingga terbangun saat esok harinya.

Jika sudah bangun, anda bisa membilasnya dengan perlahan. Lakukan cara ini minimal 3 kali dalam seminggu.

2. Mentimun

Mentimun memang memiliki banyak manfaat bagi kecantikan, dan salah satunya adalah mampu mengatasi bibir hitam.

Cara pakainya cukup sederhana. Haluskanlah mentimun dan campur dengan air perasan jeruk nipis. Kemudian oleskan pada bagian luar bibir hingga merata dan diamkan selama beberapa menit dan bilas menggunakan air dingin.

3. Lidah buaya

Lidah buaya ternyata tidak hanya bisa digunakan untuk rambut namun juga mampu mengatasi masalah pada bibir. Gel alami yang terdapat pada lidah buaya mampu mengurangi warna hitam pada bibir.

Caranya yaitu ambil lidah buaya dan cuci hingga bersih. Lalu potong dan oleskan gel lidah buaya pada bibir hingga merata. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini secara rutin.

4. Wortel

Wortel adalah sayuran yang sangat mudah ditemui dan memiliki manfaat untuk mengatasi bibir kering dan menjadi pewarna alami bibir.

Cara pakainya cukup mudah, yaitu siapkan wortel segar yang sudah dibersihkan lalu diparut. Kemudian peras wortel dan sisihkan ampasnya di tempat yang bersih. Anda bisa meminum airnya dan mengoleskan ampasnya pada bibir.

5. Tomat

Buah tomat juga diakui mampu mengatasi bibir kering dan mengembalikan kelembaban bibir. Ambil satu buah tomat berukuran kecil dan iris. Oleskan sedikit madu pada permukaan irisan dan oleskan pada bibir anda.

**

Nah bagaimana?  Ingat, ketika sedang ngobrol, lawan bicara akan menatap bibir anda, bibir sehat terawat tentu akan lebih indah dipandang dan dapat meningkatkan rasa percaya diri anda.

Selamat mencoba.