Loading...

Tidak Pede Dengan Bau Mulut? Ini Cara Atasinya

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

bau mulut

TERUSKAN.COM – Bau mulut tentu menjadi hal yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari apalagi saat berbicara dengan orang lain. Hal ini akan membuat rasa percaya diri kita berkurang dan membuat lawan bicara pun menjadi tidak nyaman.

Tetapi anda tidak perlu cemas karena bau mulut bisa diatasi dengan cara-cara alami. Sebelum membahas bagaimana cara mengatasinya, ada baiknya kita cari tahu dulu apa penyebab bau mulut.

Loading...

Penyebab Bau Mulut

Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan bau pada mulut, yaitu

• Merokok

Selain menyebabkan penyakit yang berbahaya, merokok juga menjadi salah satu penyebab dari bau mulut. Untuk itulah mulai dari sekarang sebaiknya anda bisa berhenti merokok. Hal ini tidak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh namun juga menjaga kesehatan mulut anda.

• Gigi berlubang

Salah satu penyebab faktor utama bau mulut yaitu gigi berlulang. Hal ini lantaran penumpukan sisa makanan yang terjadi pada sela gigi berlubang sehingga mengakibatkan pembusukan dan rasa sakit, menyebabkan bau mulut serta pembengkakan pada gusi dan terjadinya infeksi.

• Tidak sarapan pagi

Seringkali pasti anda menyadari kalau tidak sarapan pagi biasanya mulut anda akan berbau tidak sedap. Hal ini lantaran di dalam mulut terdapat bakteri yang menimbulkan bau mulut. Dengan anda sarapan pagi, maka produksi air liur di mulut pun mengalami peningkatan sehingga dapat membunuh bakteri penyebab mulut.

• Penggunaan behel

Memasang behel juga menjadi salah satu penyebab bau mulut karena kawat gigi yang digunakan biasanya akan menyulitkan anda membersihkan gigi secara merata.

• Sariawan

Saat anda mengalami sariawan, biasanya timbul infeksi pada mulut yang menyebabkan timbulnya nanah yang akan membuat mulut berbau tidak sedap.

• Peradangan pada gusi

Masalah peradangan pada gusi tentunya tidak bisa dianggap sepele. Selain dapat menimbulkan bau mulut, peradangan gusi bisa memicu penyakit jantung. Radang gusi ini disebabkan lantaran plak bakteri yang menempel pada gigi

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Nah setelah mengetahui apa saja penyebab bau mulut yang tidak sedap, maka akan kita lanjutkan pada bahasan mengenai bagaimana cara-cara menghilangkan bau mulut yang tidak sedap, yaitu :

• Teraturlah menggosok gigi

Menggosok gigi menjadi cara yang paling utama untuk menghilangkan bau mulut. Kegiatan ini tentunya menjadi suatu keharusan bagi setiap umat manusia. Jika anda ingin mulut anda tidak berbau maka sebaiknya rutinlah menggosok gigi minimal dua kali dalam sehari.

• Tinggalkan alkohol dan rokok

Jika anda adalah pecandu alcohol dan rokok, sebaiknya tinggalkan kegiatan ini karena selain menimbulkan masalah kesehatan juga akan menyebabkan mulut berbau tidak sedap.

• Konsumsi buah-buahan

Dengan mengonsumsi buah-buahan secara rutin maka air liur di dalam mulut pun akan mengalami peningkatan karena buah-buahan mengandung air dan vitamin C. Serat buah yang tinggi tentunya mampu menjadi pembersih gigi dan baik bagi pencernaan.

• Konsumsi vitamin C

Vitamin C mampu membunuh pertumbuhan bakteri yang memicu bau mulut. Vitamin C ini bisa anda dapatkan dari berbagai sumber makanan.

• Perbanyaklah minum air putih

Air putih mampu menjaga kestabilan air di dalam tubuh, termasuk air di dalam mulut. Selain mampu menghilangkan bau mulut, mengonsumsi banyak air putih juga mampu membuat tubuh lebih segar dan sehat.