Loading...

5 Cara Menolong Orang Terdekat Dari Depresi Berat

Penulis: Amanda Rubrik: Keluarga, Kesehatan

Menolong orang terdekat dari depresi

TERUSKAN.COM – Semua orang mungkin pernah mengalami kondisi yang sangat berat dalam hidupnya, dimana ia mengalami kejadian yang membuat mental dan fisiknya terluka.

Ya, depresi dapaT terjadi pada setiap orang tanpa peduli bagaimana pun kondisinya. Depresi berat dapat terjadi akibat beberapa kejadian yang tidak menyenangkan seperti masalah hubungan rumah tangga, masalah ekonomi, keluarga hingga masalah pekerjaan yang mungkin saling tumpuk.

Loading...

Tak banyak orang mampu melewati masa depresi dengan mudah karena selain membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menyelesaikan masalahnya, tak jarang karena depresi berat seseorang menjadi trauma dan tidak dapat lagi menjalani kehidupan seperti sebelumnya.

Bagaimana jika depresi berat terjadi pada orang-orang terdekat Anda? Baik pasangan, anggota keluarga maupun teman Anda, saat mereka mengalami depresi berat, mereka membutuhkan dukungan Anda.

Cobalah membantu mereka terlebih secara mental dengan beberapa tips sebagai berikut.

1. Awali dengan Mendengar

Ketika kita tahu bahwa seseorang sedang mengalami depresi berat, terkadang kita ingin segera menanyakan banyak hal kepadanya, dengan maksud segera mengetahui apa yang terjadi.

Namun tak jarang semua pertanyaan Anda justru akan membuatnya gugup dan bingung bagaimana untuk menjawabnya.

Awali perhatian Anda dengan terlebih dulu menjadi pendengar yang baik. Dekati dan ajak dia bicara dengan mengatakan bahwa Anda bersedia mendengarkan segala keluh kesahnya.

Biarkan dia menceritakan seluruh masalahnya dengan Anda, sehingga Anda dapat mengetahui dan mengerti dengan baik. Terkadang hanya dengan menjadi pendengar yang baik, Anda dapat mengurangi kondisi depresi seseorang.

2. Ajak berpendapat

Terkadang kita sibuk memberi saran dan masukan tanpa mendengarkan pendapat orang tersebut. Hal ini sering kita lakukan karena kita merasa bahwa kita dapat memberikan jalan keluar dengan mudah.

Ketika Anda berbicara dengannya, ajak mereka berpendapat. Tukar pikiran dan saran Anda dengannya dan persilahkan ia untuk mengatakan apakah ia setuju dengan saran tersebut.

Anda juga dapat menanyakan kepada dirinya, apa yang dapat ia lakukan untuk mengatasi masalah tersebut dan berikan pendapat Anda tentang hal tersebut, begitu pula sebaliknya.

Hal ini baik untuk dilakukan karena sebenarnya dialah yang mengerti masalah yang sebenarnya sehingga mulailah dari pendapatnya terlebih dahulu.

3. Tak Ada Salahnya Ikut Membantu

Dalam beberapa masalah yang menimbulkan depresi berat, terkadang masalah tersebut dapat diselesaikan dengan terlibatnya bantuan Anda.

Bantuan ini dapat berupa secara keikutsertaan baik materi maupun non materi. Jika Anda dapat membantu dan bantuan tersebut sesuai dengan kemampuan Anda mengapa tidak?

4. Batasi Keterlibatan Anda

Memang tak ada salahnya untuk terlibat membantu orang terdekat Anda yang sedang depresi berat. Hal tersebut dapat menjadi salah satu solusi terbaik yang membantunya keluar dari masalah yang sedang dialami.

Akan tetapi, usahakan untuk tetap membatasi keterlibatan Anda, karena jika Anda terlibat terlalu jauh, tak jarang Anda juga dapat terlibat dalam masalah tersebut.

Bantu orang terdekat Anda semampu Anda dan sebaiknya tidak ikut campur terlampau jauh.

5. Pasca Masa Depresi

Jika masalah yang dialami orang terdekat Anda sudah selesai, tetaplah mendukungnya terlebih pada masa pasca kejadian karena biasanya hal tersebut menimbulkan trauma mendalam.

Ajak dia untuk berpikir positif untuk melanjutkan hidup dengan lebih baik dan tidak sering mengungkit masalah yang pernah terjadi.

***

Dengan 5 tips di atas, diharapkan Anda mampu membantu orang terdekat Anda keluar dari masa depresinya.

Semoga bermanfaat!