Loading...

Cara Alami Haluskan Telapak Tangan

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kecantikan, Wanita

TERUSKAN.COM – Walaupun kerap luput dari perhatian, tapi kulit telapak tangan yang kasar tentunya menjadi masalah yang cukup serius bagi kaum hawa. Hal ini lantaran lama-kelamaan kulit telapak tangan pun akan keriput. Sebaiknya mulai dari sekarang anda lebih memperhatikan kesehatan kulit anda agar tetap terlihat cantik.

Bicara perawatan kecantikan, memang rata-rata kaum hawa hanya fokus pada perawatan wajah dan kerap mengabaikan perawatan kulit yang lainnya termasuk perawatan pada telapak tangan.

cara menghaluskan telapak tangan

Loading...

Seperti pada kulit wajah yang terlihat kasar jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat, maka kulit telapak tangan pun juga akan mengalami hal yang sama jika tidak dirawat dengan tepat. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika anda yang masih remaja pun akan memiliki kulit kasar jika tidak merawatnya dengan baik.

Kulit telapak tangan yang kasar biasanya disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor dari dalam dan luar tubuh. Faktor dari dalam biasanya terjadi karena turunan genetik dari orang tuanya, sementara faktor dari luar dipengaruhi pola makan yang tidak sesuai, perawatan kulit yang asal-asalan, perubahan cuaca, terkena sinar ultraviolet, kurang istirahat, stres dan lain sebagainya.

Sselain itu, telapak tangan yang kasar juga bisa timbul karena pekerjaan. Biasanya dengan melakukan suatu pekerjaan akan terjadi tekanan pada kulit telapak tangan yang jika dibiarkan secara terus-menerus akan mengakibatkan penebalan pada kulit telapak tangan.

Nah, jika anda tidak ingin kulit tangan anda kasar, maka ada beberapa cara alami yang tentunya bisa anda lakukan untuk mengatasinya.

1. Menggunakan lotion secara rutin

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit telapak tangan yang kasar adalah dengan rutin menggunakan lotion. Akan tetapi, tentunya anda harus memilih lotion yang cocok dengan jenis kulit anda. Pasalnya ada lotion yang dapat memicu terjadinya alergi.

Jika anda salah memilih, bukan malah mengatasi masalah malah menimbulkan masalah baru. Tentu saja anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Untuk itulah anda harus cermat dalam memilih lotion untuk tangan anda.

menghaluskan telapak tangan

2. Batu apung

Untuk memudahkan pengangkatan lapisan sel kulit mati pada telapak tangan, sebaiknya rendamlah tangan anda di dalam air hangat yang sudah dicampur dengan air garam dan diamkan selama 20 menit hingga kulit terasa lembab.

Setelah itu gosoklah menggunakan batu apung secara halus. Dengan penggunaan batu apung ini diharapkan mampu mengangkat sel-sel kulit mati.

3. Jeruk nipis

Jika anda sudah merasa telapak tangan terasa lembab, maka anda bisa langsung ke tahap selanjutnya yaitu menggunakan bahan-bahan alami seperti jeruk nipis. Jeruk nipis tidak hanya berkhasiat menghaluskan area kulit tumit kaki namun juga mampu membantu menghaluskan kulit telapak tangan yang kasar.

Hal ini lantaran kandungan vitamin C, glikosida, asam amoni, asam sitron dan lemak yang terdapat pada jeruk nipis dapat mengangkat sel kulit mati di area telapak tangan.

Cara menggunakannya cukup mudah yaitu ambillah satu buah jeruk nipis dan belah menjadi dua bagian. Sebelum mengoleskannya pada telapak tangan, pastikan bahwa tangan anda sudah dalam keadaan bersih. Diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air bersih.

4. Kopi

Butiran kopi yang kasar ternyata mampu membantu mengangkat lapisan sel
kulit mati di area telapak tangan sehingga kulit pun akan terasa lebih lembut dan alami.

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu sediakan ampas dari kopi hitam yang sudah diminum. Bersihkan area telapak tangan anda terlebih dahulu dan oleskan ampas kopi. Selanjutnya pijat ringan pada bagian kulit telapak tangan selama beberapa menit dan bilas menggunakan air bersih.

5. Pisang, Madu, Lidah Buaya

Campuran buah pisang, madu dan lidah buaya juga menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kulit kasar pada telapak tangan.

Pertama-tama ambil pisang, lidah buaya dan madu. Masukkan pisang ke dalam blender (sudah dibersihkan kulitnya). Cuci daun lidah buaya hingga bersih dan masukkan cairannya ke dalam blender. Kemudian tambahkan sedikit madu dan blender hingga halus. Oleskan campuran tersebut pada area telapak tangan selama kurang lebih 15 menit dan bersihkan menggunakan air.

Cara ini dianggap ampuh karena pisang kaya akan antioksidan yang dapat berfungsi untuk detoksifikasi dan meremajakan kulit. Sementara itu, lidah buaya mengandung zat yang mampu menghaluskan kulit yang kasar dan madu berguna untuk melembabkan serta menghaluskan kulit.