Loading...

7 Gerakan Yoga Agar Anda Tidur Lebih Pulas

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Sebagian besar dari Anda mungkin menggunakan latihan yoga hanya untuk menurunkan berat badan atau mengatasi masalah pernapasan. Tapi sebenarnya yoga adalah latihan spiritual yang dapat memberikan banyak manfaat bukan hanya sekedar menghasilkan bentuk tubuh yang indah dan ramping.

Dalam yoga, ada beberapa gaya yang ternyata efektif merelaksasikan tubuh hingga tidur Anda akan lebih nyenyak dan berkualitas. Saat Anda melakukan beberapa gerakan tersebut pada malam hari sebelum tidur, Anda akan benar-benar tertidur pulas.

Berikut adalah beberapa gerakan yoga yang akan mengatasi kesulitan tidur, yang dilansir dari boldsky.com.

Loading...
Janu Sirsasana

Janu Sirsasana

 

 1. Janu Sirsasana

Untuk gerakan ini, Anda harus berada dalam posisi duduk dengan satu kaki lurus ke depan dan kaki yang satunya dilipat menyentuh paha kaki sebelah. Sentuh bagian kaki yang diluruskan ke depan dengan menggunakan tangan dan kepala menyentuh lutut.

Gerakan ini akan mengurangi stres dan menginduksi tidur.

2. Baddha Konasana

Pada gaya ini, Anda diharuskan untuk duduk tegak dengan kedua telapak kaki bersentuhan pada bagian depan hingga membetuk segitiga.

3. Duduk Memutar

Anda dapat lakukan gerakan memutar badan saat dalam posisi duduk atau berbaring telentang. Gaya ini membantu menenangkan otot-otot kaku pada bagian punggung dan paha sebelum anda tidur.

4. Balasana

Hampir serupa dengan sujud, namun yang membedakan gaya ini dengan sujud yaitu bagian perut menyentuh bagian atas paha Anda secara menyeluruh dengan posisi tangan yang lurus kebelakang. Gaya ini akan membuat Anda rileks dan lebih cepat tertidur.

Halasana

Halasana

 

5. Halasana

Gaya ini membantu merilekskan otot pada bagian punggung dan kaki sebelum pergi tidur. Posisi tidur berbaring kemudian menarik kaki hingga melewati kepala dengan posisi telentang.

Meskipun awalnya cukup sulit untuk mendapatkan bentuk yang sempurna, namun setelah Anda mahir gaya ini akan menjadi lebih mudah.

6. Viparit Karani

Dalam yoga, gerakan ini mengharuskan Anda mengangkat kaki lurus ke atas dengan menggunakan dinding sebagai media. Gerakan ini akan membantu mengembalikan aliran darah dari kaki kembali ke kepala. Posisi ini juga meringankan rasa ngilu dan pegal pada kaki dan betis.

7. Shavasana

Pada posisi ini, Anda terlihat lebih santai dan tidak memerlukan tenaga ekstra. Ini adalah posisi santai yang dilakukan umumnya untuk bersantai setelah latihan yoga.

Anda hanya harus berbaring telentang dengan telapak tangan yang terbuka. Posisi ini membantu untuk merilekskan tubuh dan pikiran sebelum tidur.

Shavasana

Shavasana

**

Melakukan 7 gerakan yoga ini sebelum tidur akan benar-benar membuat Anda tertidur pulas dan bangun dalam keadaan segar keesokan harinya. Jika Anda kesulitan melakukannya, memasuki kelas yoga beberapa bulan akan membantu Anda memperlajari gerakan tersebut hingga Anda akhirnya mahir.

Untuk posisi yang lebih jelas, Anda bisa mencarinya di media online atau melakukan konsultasi dengan instruktur yoga. Tidak hanya tidur yang pulas, bentuk tubuh dan kesehatan juga akan Anda dapatkan sebagai bonus.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.