Loading...

Cara Cepat Menjual Mobil Bekas

Penulis: Ahmad Wiyoto Rubrik: Otomotif

Cara Cepat Menjual Mobil Bekas

TERUSKAN.COM – Para pemilik mobil tentu mempunyai keinginan atau kebutuhan untuk membeli mobil baru yang memiliki performa dan penampilan yang lebih baik daripada mobil yang ada di garasi rumah.

Menjual mobil bekas yang dimiliki, kemudian menggantinya dengan mobil baru adalah jalan alternatif terbaik untuk menghemat anggaran dalam situasi ekonomi yang semakin sulit sekarang.

Loading...

Tidak sedikit para penjual mobil bekas yang mengalami kesulitan dalam proses penjualannya, karena menjual mobil tidak hanya dilakukan dengan menempelkan poster berjudul “Mobil ini dijual !”, apalagi jika kita tidak menginginkan kendaraan terjual dengan harga yang lebih rendah padahal kondisinya masih bagus.

Berikut kami hadirkan cara cepat menjual mobil bekas yang kami harap bisa menjadi panduan bagi para pembaca setia Teruskan.com, yaitu :

Periksa Kondisi Mobil Keseluruhan

Mobil bekas yang cepat laku adalah yang masih dalam kondisi prima, sebelum memasang iklan jual mobil bekas maka seharusnya kita melakukan pemeriksaan dan servis ringan supaya calon pembeli tidak kecewa ketika datang untuk membeli kendaraan yang kita jual.

Setiap calon pembeli tentu tidak menginginkan mobil bekas yang akan dibeli dalam kondisi yang buruk, karena mereka harus melakukan servis yang dianggap menyusahkan atau takut mobil sering rusak di masa mendatang, apalagi jika calon pembeli mempunyai dana yang minim.

Langkah mudah adalah membawa mobil ke bengkel kepercayaan dan mengerjakan pemeriksaan keseluruhan. Apabila tidak ditemukan kerusakan berat maka kerjakan perawatan rutin semisal ganti oli, tune up, ganti kampas rem dan lainnya.

Salah satu bagian yang tidak boleh dilewatkan adalah bagian AC mobil yang harus mempunyai suhu dingin yang normal.

Jangan lupa membersihkan mobil bekas pada bagian eksterior ataupun interiornya, kita dapat mengerjakan hal ini dengan tangan sendiri supaya hasilnya maksimal dan hemat biaya. Namun jika Anda mempunyai langganan tempat pencucian mobil atau salon mobill yang baik maka bisa membawanya ke sana.

Periksa Harga Pasaran Mobil Bekas

Anda harus tahu harga jual mobil bekas yang dimiliki di pasar. Proses pencarian informasi itu dapat mudah diketahui di internet, majalah, koran, dealer mobil dan lain sebagainya.

Ketika sudah mengetahui kisaran harganya maka tetapkanlah rentangan harga jual mobil Anda yang ditetapkan dari beberapa faktot semisal performa mesin, penampilan eksterior dan interior, jarak tempuh, kondisi chasis dan suspensi, roda dan ban, sistem elektronik dan lain-lainnya.

Mobil bekas akan memiliki harga jual yang tinggi jika ada riwayat servis kendaraan di bengkel resmi dan asuransi. 2 faktor ini yang sering dilupakan oleh penjual kendaraan bekas.

Jangan kaget ketika ada calon pembeli yang menawar mobil bekas kita dengan harga yang sangat murah, karena itu lumrah terjadi dalam aktifitas jual-beli. Maka patoklah harga mobil pada kisaran harga normal, dan jangan terlalu tinggi karena akan menyurutkan orang yang tertarik dengan kendaraan kita.

Tentukan Cara Menjual Mobil Bekas

Anda banyak cara menjual mobil bekas dengan cepat pada jaman sekarang yaitu promosi dari mulut ke mulut atau memakai jasa makelar, menjualnya di dealer mobil bekas, memasang iklan di koran lokal, iklan di situs penjualan online semisal OLX, Berniaga, Kaskus dan lain-lainnya.

Serah Terima Mobil Bekas

Apabila Anda dan calon pembeli menyetujui harga mobil bekas dan bersepakat untuk serah terima maka kami sarankan untuk memilih cara pembayaran yang paling aman semisal dengan jasa Bank karena cara ini dapat mengurangi kemungkinan tertipu dengan pembayaran uang palsu.

Siapkanlah surat tertulis akad jual beli yang termuat tanda tangan dan materai, mungkin ada banyak orang melewatkan hal ini tetapi sebenarnya sangat penting dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan semisal mobil yang dijual dipakai untuk tindakan kriminal atau kita diburu oleh pihak berwajib karena data kendaraan masih memakai data pribadi kita.

(Foto: dorchestercollection.co.uk)