Loading...

6 Tips Sukses Menjalani Perkuliahan Pada Semester Pertama

Penulis: Amanda Rubrik: Pendidikan

Agar sukses di perkuliahan

TERUSKAN.COM – Anda atau salah satu anggota keluarga Anda merupakan mahasiswa baru yang baru saja memulai perkuliahan di semester pertama? Bagi mahasiswa baru, kehidupan di dunia universitas di semester pertama adalah hal baru yang dapat menjadi menantang, mengasyikkan atau justru menakutkan.

Segala hal yang berbeda dengan yang terdapat di bangku sekolah menengah atas tentu menjadi hal-hal baru yang harus dialami dan menjadi tantangan baru bagi mereka.

Loading...

Nah, bagaimana cara agar sukses menjalani masa perkuliahan di semester awal sebagai mahasiswa baru? Ini dia tips dari kami.

1. Jangan Takut Untuk Keluar Dari Zona Nyaman Anda

Bagi mahasiswa baru, mungkin masa-masa sebagai mahasiswa baru adalah masa-masa yang dianggap sebagai awal baru kebebasan karena tentu pada masa ini, mereka lebih tidak dibatasi oleh peraturan-peraturan yang lebih mengikat seperti di masa sekolah.

Namun tak jarang hal ini merupakan zona nyaman yang justru membuat Anda terlena untuk bersenang-senang saja. Padahal, di masa kuliah, Anda justru memiliki tanggung jawab yang lebih besar.

Oleh sebab itu, janganlah takut untuk keluar dari zona nyaman Anda dan melakukan hal-hal baru yang lebih menantang dan tentu bermanfaat bagi nilai akademis Anda.

2. Jangan Takut Untuk Meminta Bantuan

Mahasiswa baru tentu memiliki banyak tugas yang dirasa asing dan tidak mudah. Oleh sebab itu janganlah takut dan ragu untuk meminta bantuan baik kepada anggota keluarga maupun mahasiswa senior jika Anda memerlukannya.

Selain menambah teman baru, Anda juga dapat terbantu dalam tugas-tugas kuliah Anda. Siapa tahu Anda lebih mudah dalam menyerap materi perkuliahan karena telah mendapat pengetahuan sebelumnya..

3. Atur Waktu Anda

Tak jarang mahasiswa baru mengisi kegiatasnnya dengan hal-hal yang kurang bermanfaat seperti bersenang-senang saja. Tak ada salahnya memang, namun Anda harus mulai mengatur dan menghabiskan waktu Anda dengan lebih baik dan positif.

Hal ini karena tugas-tugas di awal perkuliahan tidaklah sedikit dan  tak jarang Anda juga mengikuti kegiatan tambahan lainnya yang lebih banyak menyita waktu Anda.

Bagilah waktu bermain dan belajar Anda dengan baik sehingga keduanya dapat berjalan secara seimbang.

4. Manfaatkan Perpustakaan Kampus

Jika Anda merasa kesulitan dalam menyerap materi kuliah dan terkadang berat untuk memenuhi kebutuhan membeli buku-buku kuliah yang tidak murah, Anda dapat memanfaatkn sumber pengetahuan lainnya yang tersedia.

Mengapa tidak memanfaatkan perpustakaan kampus? Selain lebih terjangkau bahkan gratis, Anda dapat membaca banyak buku yang tersedia di sana.

Anda juga dapat memanfaatkan perpustakaan kampus lain hingga beberapa fasilitas umum yang terdapat di kota tempat Anda menuntut ilmu.

Sekarang juga terdapat sumber ilmu dan materi perkuliahan yang tidak terbatas yang dapat Anda akses melalui berbagai perangkat digital dan online.

5. Mengatur Prioritas Utama

Sejak awal perkuliahan, sebaiknya Anda sudah mengatur prioritas pertama Anda, seperti nilai akademis yang memuaskan misalnya. Hal ini akan membuat Anda lebih fokus dan termotivasi dari masa awal perkuliahan.

6. Cari Kegiatan Positif Lainnya

Dunia perkuliahan sangatlah luas dan lebih dari sekedar urusan dalam kampus. Anda juga dapat menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan positif lainnya seperti ekstrakulikuler kampus maupun pekerjaan magang yang juga dapat menambah pengalaman Anda.

Sibukkan diri Anda dengan tetap memprioritaskan kualitas akademis Anda di kampus.

***

Itulah 6 tips sukses menjalani masa perkuliahan sebagai mahasiswa baru. Tetaplah fokus pada cita-cita Anda karena semua itu bisa saja dipengaruhi oleh kualitas perkuliahan Anda di semester awal.

Semoga sukses!