Loading...

7 Tips Bebas Bengkak di Kaki

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Fashion, Kesehatan

cara atasi kaki bengkak

TERUSKAN.COM – Terlalu lama memakai sepatu yang tak nyaman berpotensi  menimbulkan pembengkakan pada kaki yang terasa begitu menyakitkan. Meski, terdapat beberapa macam penyebab kaki bengkak di antaranya historis keturunan keluarga seperti penyakit rheumatoid arthritis, namun bengkak pada kaki lebih banyak disebabkan oleh pemakaian sepatu.

Banyak selebriti yang menderita bengkak pada kaki ini, lalu menggunakan sepatu sandal dengan bagian terbuka di depan sebagai salah satu solusinya.

Loading...

Nah, siapa di antara anda yang menggunakan sepatu bagus dengan harga yang membuat anda merogoh kantong lebih dalam, namun nyatanya menimbulkan rasa nyeri di kaki?

Berikut adalah beberapa cara untuk terbebas dari pembengkakan kaki. Yuk simak!

Beri ruang

Salah satu cara paling jitu agar anda terbebas dari bengkak kaki adalah menggunakan sepatu yang memberi lebih banyak ruang.

Jika sepatu tidak mampu mengikuti bentuk kaki anda secara baik, lebih baik tidak perlu dipakai, tak peduli seberapa anda menyukai sepatu tersebut. Hal itu malah menyebabkan ruang sempit dan menyebabkan luka atau lecet pada kaki anda.

Desain sepatu khusus

Tidak memakai apapun pada kaki, tentunya akan membebaskan tekanan pada kaki anda. Anda bisa menyiasatinya dengan membeli sepatu dengan desain khusus di mana bisa membantu anda mendapat ruang lebih besar secara pas.

Anda bisa berkonsultasi pada dokter, sekiranya sepatu dengan desain seperti apa yang cocok dan pas digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat pembengkakan.

kaki bengkak karena sepatu

Kapas penyangga

Anda juga dapat memberi kapas penyangga untuk melindungi kaki anda dari tekanan selama pemakaian sepatu. Kapas penyangga ini bisa anda beli di toko farmasi atau apotek yang cukup lengkap.

Kompres es

Jika bengkak pada kaki yang anda alami makin memerah dan parah, coba angkat kaki anda dan kompres handuk dengan beberapa es batu.

Kompres selama kurang lebih 20 menit setiap jamnya atau sampai rasa sakitnya mereda. Sebaiknya  jangan pernah langsung menaruhkan es di atas kaki yang bengkak itu.

Suntikan steroid

Jika radang atau bengkak kaki anda belum juga pulih, anda mungkin membutuhkan suntikan steroid dan anaesthetic lokal untuk meredakan gejalanya. Biasanya, suntikan tersebut diberikan ketika pembengkakan tersebut disebabkan oleh radang kandung lendir (bursitis).

Konsultasi ke dokter

Jika pembengkakan memerah, dan rasa sakit diderita lebih dari dua hari, maka ada baiknya anda menemui dan langsung berkonsultasi dengan dokter anda. Selain itu, jika anda memilki riwayat sakit diabetes, tentu sangat penting mencari jalan keluar atas pembengkakan di kaki yang tidak sembuh-sembuh dalam jangka waktu tertentu.

**

Secara umum tidak mengherankan, jika kaum wanita lebih banyak mengalami derita pembengkakan di kaki akibat ruang sempit pada sepatu. Seindah mata anda memandang sepatu-sepatu yang cantik di toko, apakah cukup berharga jika harus dibayar dengan rasa sakit dan pemulihan kaki anda?

Bijaklah memilih sepatu 🙂