Loading...

5 Langkah Awal dalam Membuka Toko Elektronik

Penulis: Visyam89 Rubrik: Bisnis

toko elektronik

TERUSKAN.COM – Sampai kapan mau menjadi karyawan terus, sampai kapan kerja di bawah tekanan bos, dan mau sampai kapan pikiran anda digunakan untuk perusahaan orang. Marilah mulai lakukan perubahan hidup. Setelah lama bekerja dengan orang lain dan menimba ilmu dari mereka, kita bisa mulai membuka usaha sendiri. Dengan begitu kita dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Membuka usaha tidaklah sembarangan, kita harus bisa memilih barang atau produk yang cepat laku dipasaran. Salah satunya adalah elektronik, produk-produknya selalu dicari oleh masyarakat.

Loading...

Seiring dengan kemajuan teknologi, perkembangan alat-alat elektronik semakin hari semakin canggih, seperti hp, televisi, komputer, laptop, kulkas, dan lain-lain. Semua barang-barang tersebut setiap hari mengalami perubahan ke yang lebih canggih. Dan pastinya, membuat masyarakat selalu tertarik untuk membeli.

Jika anda membuka bisnis elektronik pasti bisa meraup penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan. Tetapi bagaimana sih agar toko elektronik anda menjadi sukses dan berkembang? Untuk itu, mari kita bahas bersama.

Langkah-langkah untuk membuka toko elektronik adalah, sebagai berikut :

Perhitungkan dengan cermat pembiayaan anda

Sebelum membuka sebuah toko anda harus memperhatikan apakah uang yang anda miliki sudah cukup. Masihkah bisa uang tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup sebelum toko mempunyai penghasilan. Jika belum sepenuhnya mencukupi semuanya, cobalah mencari pinjaman atau mencari investor. Buatlah proposal bisnis yang propeknya bagus sehingga menarik minat investor untuk bekerjasama dengan anda.

Mencari lokasi toko elektronik anda

Carilah toko atau tempat yang mempunyai lalu lintas tinggi seperti di mall atau dekat dengan jalan raya yang selalu ramai dilintasi orang-orang. Selain itu juga harus mudah jalannya untuk keluar masuknya para konsumen yang ingin belanja di toko anda.

Selanjutnya buatlah toko menjadi nyaman, aman, dan enak dipandang. Hal tersebut akan menari perhatian calon pembeli anda.

Mencari informasi mengenai perusahaan penyedia elektronik dengan harga murah

Sebelum membeli produk-produk yang akan anda jual, pastikan dulu harganya. Bandingkan harga dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Pilih perusahaan yang harga produknya mura, mudah dalam proses jual beli, dan mudah akses pengiriman barang. Anda harus cermat dan teiliti dalam berjualan agar tidak mengalami kerugian nantinya.

Merekrut karyawan

Jika tidak ada waktu untuk berjualan sendiri, carilah karyawan untuk melayani para konsumen yang datang. Dalam merekrut karyawan sebaiknya pilih orang-orang yang sudah cukup tahu tentang produk elektronik yang anda jual. Jika tidak lakukan pelatihan beberapa minggu agar mereka lebih paham dan bisa menjelaskan kepada konsumen dengan baik. Dan pastikan juga bahwa karyawan anda jujur, loyalitas tinggi kepada anda, dan selalu ramah.

Siapkan perlengkapan toko

Sebelum membuka toko pastikan produk yang anda pamerkan tertata rapi dan terlihat menarik. Untuk itu, anda harus menyiapkan perlengkapan toko dan aksesorisnya. Perlengkapan toko bisa anda dapatkan dengan cara membelinya bekas atau baru dari pabrik.

Ingat, keadaan toko juga dapat mempengaruhi minat calon konsumen. Jadi usahakan toko anda selalu tampil menarik, selalu bersih dan penerangan cukup.

Promosikan toko anda

Sebelum membuka toko, promosikan toko anda dari mulut ke mulut biasanya akan cepat tersebar luas. Beritahulah teman, sahabat, pacar, keluarga dan semua orang yang anda kenal untuk datang dan mempromosikan juga kepada orang lain.

Bisa juga beriklan melalu media online atau lewat radio dan pada saat GO (Grand Opening) banyak yang datang. Berikan kejutan dan kehebohan saat GO toko anda sehingga orang-orang yang berkunjung terkesan dan tertarik membeli produk elektronik yang anda jual.

**

Dengan bekal pengetahuan di atas tentunya membuat anda semakin siap dalam memulai bisnis elektronik. Tetapi jangan lupa, manajemen keuangan juga harus menjadi prioritas utama. Karena jika salah mengatur lalu lintas keuangan akan berakibat buruk bagi toko anda.

Belajarlah manajemen bisnis yang benar agar anda bisa meraih kesuksesan. Pantau selalu aktivitas toko anda, karena sebuah keseuksesan bisa di dapat jika kita mau terlibat sepenuhnya dalam pengurusan usaha.