Loading...

Hindari Melakukan 6 Hal Ini Ketika Anda Sedang Marah

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

Hindari Melakukan 6 Hal Ini Ketika Anda Sedang Marah

TERUSKAN.COM – Seperti yang kita semua tahu, marah dapat menyebabkan hal-hal negatif pada diri kita. Tidak hanya secara mental, namun juga secara fisik. Tak heran jika orang bijak berkata bahwa kemarahan dapat membawa Anda ke dalam kehidupan yang suram dan penuh resiko.

Mengendalikan amarah memang tidaklah mudah. Hal ini pula yang menyebabkan banyak kejadian buruk yang menimpa dan disebabkan oleh seseorang yang sedang marah. Kemarahan yang berlebihan juga dapat menyebabkan perilaku yang agresif dan membuat seseorang terganggu mentalnya.

Loading...

Berlatih mengendalikan amarah patut dilakukan jika Anda merasa bahwa Anda seorang pemarah. Selain itu, ada beberapa hal yang patut Anda hindari untuk dilakukan ketika Anda sedang marah.

Mau tahu alasannya? Berikut ulasan dari kami.

1. Meluapkan Kemarahan di Sosial Media

Sudah bukan kabar baru dimana seseorang harus menempuh jalur hukum hanya gara-gara postingan di media sosial yang berbuntut panjang. Masih ingat akan kasus gadis yang mencela orang Jogja? Atau beberapa postingan lainnya yang dengan cepatnya menyebar luas dan hukuman sosial pun harus mau tak mau dihadapi.

Jangan biarkan hal yang sama terjadi pada Anda. Kemarahan sebaiknya tidak diluapkan di jejaring sosial karena selain kita tidak dapat mengontrol kata-kata yang kita tulis, postingan kita juga dapat dengan instan menyebar kemana-mana.

Pikirkan kembali untuk memposting sesuatu di jejaring sosial dan berhati-hatilah terhadap pilihan kata yang Anda tulis.

2. Membuat Keputusan

Jika Anda sedang marah, hindari membuat keputusan, terutama jika keputusan tersebut merupakan keputusan penting. Hal ini karena emosi Anda yang tidak terkendali saat marah dan dapat menyebabkan Anda mengambil keputusan yang salah yang akan disesali di kemudian hari.

Tenangkan dulu pikiran Anda sebelum membuat keputusan dan minta waktu jika seseorang meminta keputusan cepat dari Anda.

3. Menyakiti Orang Lain

Seseorang yang sedang dipenuhi emosi sulit untuk mengontrol perilakunya terhadap orang lain. Tak jarang seseorang yang sedang marah menyakiti seseorang yang sebenarnya tidak ada hubungan dengan masalahnya.

Marah membuat Anda tidak mampu secara logis membedakan dengan mudah kepada siapa Anda harus meluapkan kemarahan Anda. Bila tidak mampu dikontrol, kemarahan yang berlebihan dapat mengakibatkan hal-hal yang buruk yang terjadi pada orang lain baik secara mental maupun fisik.

4. Mengemudikan Kendaraan

Banyak kejadian kecelakaan kendaraan bermotor karena pengemudi tidak mampu mengemudikan kendaraannya dengan benar. Tidak heran memang, karena seseorang yang sedang dipenuhi emosi akan terganggu konsentrasi dalam mengemudi dan kecelakaan pun tidak dapat dihindari.

Jangan menyetir kendaraan bermotor saat Anda sedang marah!

5. Berbicara Dengan Orang Lain

Tak ada salahnya jika Anda ingin berkeluh kesah kepada orang lain tentang kemarahan Anda. Namun yang perlu Anda waspadai adalah seseorang yang sedang marah cenderung tidak dapat mengontrol batasan diskusinya.

Hal ini terjadi ketika Anda menceritakan kemarahan Anda kepada setiap orang yang belum tentu mengerti dengan benar apa masalah yang sebenarnya dan siapa tahu mereka dengan mudahnya menyebarluaskan masalah Anda hingga diketahui banyak orang.

***

Menarik napas dengan panjang dan menenangkan diri sejenak menjadi salah satu hal yang dapat membantu Anda mengontrol emosi. Dinginkan pikiran Anda dengan berdiam diri sejenak, pergi ke alam terbuka atau melakukan aktifitas yang menyenangkan.

Semoga bermanfaat.