Loading...

7 Keuntungan Berhenti Merokok

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Anda seorang pecandu rokok? Telah banyak anjuran mengenai bahaya merokok, namun sayangnya, zat adiktif dalam rokok membuat orang kecanduan dan menjadi sulit berhenti. Padahal, upaya berhenti merokok memiliki banyak manfaat dan keuntungan bagi tubuh.

bahaya rokok

Berikut adalah 7 keuntungan berhenti merokok, dilansir Magforwomen.com.

Loading...

Bebas bau asap

Merokok menimbulkan bau asap tak sedap yang mengendap baik di pakaian, rambut dan kulit anda. Selain itu, bau asap rokok juga membuat orang di sekitar anda menjadi tidak nyaman.

Jika kita berhenti merokok, tentu dampaknya tidak hanya baik bagi diri kita sendiri, melainkan untuk semua orang yang berada di lingkungan sekitar kita.

Mencegah keriput dini

Akibat dari merokok juga berdampak bagi kesehatan kulit dan membuat kulit anda juga terlihat lebih tua. Survei menemukan, wanita perokok terlihat lebih tua lima tahun dari usia mereka sebenarnya.

Berhenti merokok dan menjalani gaya hidup sehat adalah salah satu cara untuk mempertahankan tekstur kulit yang bersinar.

keuntungan berhenti merokok

Tubuh bugar

Tahukah anda, jika karbondioksida yang terkandung dalam asap rokok dapat mencegah aliran oksigen ke aliran darah? Secara perlahan, hal itu tentu akan memengaruhi berat badan dan bentuk tubuh anda.

Jika anda berhenti merokok, tubuh bakal tetap sehat dan bugar di mana kekebalan tubuh juga akan meningkat.

Mencegah risiko kanker

Pecandu rokok memiliki tingkat risiko lebih besar terkena  kanker paru-paru. Tidak hanya itu, merokok juga dapat memengaruhi organ lainnya, seperti ginjal dan lambung, sehingga dapat menimbulkan berbagai penyakit komplikasi lainnya.

Produktivitas tinggi

Merokok memberi dampak negatif bagi tubuh. Anda bisa saja merasa lesu dan lelah sepanjang hari. Selain itu, merokok dapat memengaruhi memori dan konsentrasi. Berhenti merokok tentu akan meningkatkan produktivitas anda.

Mengurangi stres

Selama ini, banyak sekali orang beranggapan bahwa merokok dapat mengurangi rasa stres. Padahal, merokok secara berlebihan hanya akan membuat anda semakin stres.

Studi terbaru menunjukkan, orang yang telah berhenti merokok justru lebih mampu terbebas dari rasa stres dibanding pecandu rokok. Carilah kegiatan di luar merokok, yang lebih bermanfaat bagi anda.

Gigi putih dan sehat

Kecanduan merokok akan memengaruhi warna gigi, sehingga menjadi pucat atau berwarna kekuning-kuningan bahkan menghitam. Bukan hanya itu, merokok juga memberi dampak negatif bagi kesehatan gusi anda. Berhenti merokok, akan membuat gigi anda tetap sehat dan berseri.

**

Nah, banyak sekali manfaat yang akan didapatkan bila anda berhenti merokok. Kesehatan yang prima tentu menjadi pilihan utama. Bagaimana, siap berhenti merokok?