Loading...

Anda Ketombean? Ini Dia Cara Atasinya

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kecantikan, Wanita

mengatasi ketombe

TERUSKAN.COM – Ketombe tentunya menjadi salah satu masalah pada rambut yang menjengkelkan bagi semua orang, terutama bagi para wanita yang selalu ingin tampil cantik. Dengan adanya ketombe tentu membuat rambut tampak tidak menarik. Lebih mengganggu lagi jika ketombe tersebut berjatuhan di bagian pundak anda.

Jika hal tersebut dilihat oleh orang lain, pasti anda akan merasa malu bukan? Sebenarnya mengatasi masalah ketombe bukanlah hal yang sulit jika kita mau berusaha.

Loading...

Akan tetapi tentunya cara-cara yang dilakukan sebaiknya cara yang alami agar terhindar dari efek samping yang berbahaya. Jika anda salah memilih cara, maka bukan tidak mungkin jika ketombe tidak hilang malahan bertambah banyak. Nah,

sebenarnya selain melakukan beberapa cara untuk mengatasi ketombe, ada hal mendasar yang harus anda ketahui untuk anda lakukan, yaitu :

1. Keramas tiap hari

Umumnya orang tidak ingin keramas setiap hari karena takut rambutnya mengalami kerusakan. Akan tetapi kalo rambut anda sedang ketombean, maka beda ceritanya.

Jarang keramas hanya akan membuat ketombe menjadi lebih banyak di kepala. Inilah yang membuat anda harus membersihkan rambut untuk menghilangkan semua jamur dan minyak yang memicu ketombe. Gunakanlah shampo khusus anti ketombe.

2. Hindarilah makanan berminyak

Walaupun anda sudah memakai perawatan namun jika anda sering makan makanan berminyak tentunya hal tersebut tidak akan berpengaruh. Makanan berminyak ini malah memicu ketombe pada rambut anda sehingga sebaiknya mulai dari sekarang hindarilah makan-makanan berminyak jika ingin rambut tetap sehat.

3. Cara Alami Mengatasi Ketombe

Setelah tahu hal-hal mendasar yang harus dilakukan untuk terhindar dari ketombe, maka mari kita bahas beberapa cara alami untuk mengatasi ketombe.

Jeruk nipis atau lemon

Ya benar sekali jeruk nipis atau lemon memang satu dari sekian banyak buah yang kaya akan manfaat. Kandungan vitamin C di dalamnya ternyata mampu membuat kulit kepala terbebas dari ketombe serta membuat rambut tampak lebih sehat dan berkilau.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Peraslah 1 atau 2 buah jeruk nipis atau lemon dan usakan air perasaan ke bagian kulit kepala secara merata. Lalu diamkan selama 30 menit dan cuci rambut menggunakan sampo.

Daun Pandan

Daun pandan juga bisa digunakan untuk mengatasi ketombe. Pertama-tama pastikan terlebih dahulu baha anda memilih daun pandan yang masih segar sehingga manfaat yang anda dapatkan jauh lebih optimal. Cucilah beberapa daun padan dan giling sampai halus.

Kemudian tambahkan satu gelas air dan aduk hingga merata. Saringlah campuran tersebut dan oleskan pada bagian kepala anda sambil dipijat secara perlahan. Diamkan selama 10 menit dan bilas rambut menggunakan air bersih. Lakukan cara ini minimal 2-3 kali seminggu

Gel lidah buaya

Kandungan gel lidah buaya ternyata mampu membantu mengatasi ketombe pada kulit kepala. Tidak hanya untuk membantu melembabkan rambut, gel lidah buaya diakui mampu mengurangi ketombe. Caranya cukup mudah yaitu dengan memilih lidah buaya yang segar.

Kemudian patahkan di bagian tengahnya lalu pencet gel hingga keluar dan aplikasikan pada kulit kepala sampai merata. Diamkan kurang lebih 10-15 menit dan bilas menggunakan air bersih. Lakukan cara ini minimal 2-3 kali seminggu.

Nah itulah beberapa cara alami yang bisa anda lakukan untuk mengatasi ketombe pada kulit kepala. Cukup mudah dan murah bukan? Selamat mencoba, ladies.