Loading...

Bayam, Si Hijau Kaya Manfaat

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

MANFAAT BAYAM

TERUSKAN.COM – Bayam memang menjadi sayuran yang kaya akan vitamin yang baik untuk tubuh. Manfaat bayam bagi kesehatan tubuh manusia bukanlah rahasia.

Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Tubuh

Dari sejumlah riset, bayam kaya akan zat besi yang dibutuhkan manusia sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

Loading...

Satu cangkir bayam diakui memiliki hampir 20% dari RDA serat makanan yang mampu mengatasi masalah pada pencernaan, mengontrol kadar gula dalam tubuh dan mencegah terjadinya sembelit. Bayam  memiliki kandungan Flavonoid yaitu phyonurisi yang bersifat anti pada kanker.

Bayam juga mampu memperlambat pembelahan sel dalam lambung manusia dan sel-sel yang memicu kanker kulit. Bayam juga mampu membantu melindungi tubuh dari kanker prosat agresif.

Manfaat bayam lainnya yaitu sebagai anti inflamasi karena Neoxanthin dan violaxanthin dua epoxyxanthophylls anti inflamasi-lah yang mempunyai peranan besar dalam melakukan regulasi peradangan. Bayam mengandung lutein dan zeaxanthin yang berlimpah yang mampu mencegah katarak pada mata dan degenerasi makula.

Bayam kaya akan berbagai vitamin, mulai dari vitamin C, E, beta-karoten, sen, mangan, selenium yang tentunya semua sangat baik untuk tubuh yaitu mampu berperan sebagai antioksidan yang kuat yang membantu memerangi terjadinya tekanan darah tinggi, osteoporosis dan terosklerosis.

Perlu anda ketahui bahwa secangkir bayam mengandung lebih dari 33,7% dari RDA vitamin A yang tidak hanya mampu melindungi membran mukosa, kemih, pernafasan, usus, naun juga menjadi komponen penting dari limfosit yaitu sel darah putih yang dapat memerangi berbagai infeksi.

Bayam juga kaya akan vitamin K yang berfungsi untuk mencegah terjadinya suatu aktivitas kelebihan osteoklas dan membantu untuk mempromosikan sintesis osteocalcin, yakni suatu protein yang berperan penting dalam menjaga kekuatan serta kepadatan tulang manusia.

Manfaat bayam lainnya yaitu membantu melawan aterosklerosis, stroke hingga penyakit jantung.

Nah jadi sudah tahu kan kalau bayam memang sayuran kaya akan manfaat? Jadi sebaiknya mulai sekarang anda harus bisa membiasakan diri untuk mengkonsumsi bayam jika ingin tubuh tetap sehat. Anda bisa mengolah bayam menjadi berbagai makanan yang lezat sehingga mampu menggugah selera makan anda.

Manfaat Bayam Bagi Kulit dan Rambut

Selain untuk kesehatan tubuh, bayam juga memiliki manfaat bagi kecantikan kulit dan rambut, yakni:

  • Mengatasi jerawat

Bayam cukup efektif untuk mengatasi jerawat dan menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin A dan C yang terdapat di dalam bayam mampu berperan sebagai antioksidan yang melawan pertumbuhan jerawat. Untuk mendapatkan hasil yang optimal sebaiknya konsumsi bayan dalam keadaab segar.

  • Tabir surya

Bayam kaya akan kandungan vitamin B yang mampu melindungi kulit dari sinar matahari. Oleh karena itulah kulit akan terhindar dari kerusakan karena pengaruh sinar matahari dan kanker kulit

  • Anti penuaan

Bayam sarat dengan antioksidan yang mampu mengatasi radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ini nantinya berpotensi merusak kulit dan menyebabkan terjadinya penuaan dini. Jika anda mengonsumsi secara rutin maka penuaan dini akan tercegah dengan sendirinya

  • Memperbaiki kondisi kulit

Bayam adalah sumber vitamin A dan C yang tinggi. Vitamin A ini berfungsi untuk membantu mencerahkan kulit sementara vitamin C membantu memperbaiki sel-sel kulit.

**

Nah itulah beberapa manfaat yang dihasilkan dengan mengonsumsi bayam. Jadi mulai sekarang sepertinya tidak ada salahnya jika anda mengonsumsi bayam secara rutin.