Loading...

Masker Buah dan Manfaatnya Untuk Kulit Wajah

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kecantikan, Wanita

masker buah

TERUSKAN.COM – Kulit wajah yang cantik tentunya bukan tanpa usaha karena pastinya ada berbagai cara yang harus dilakukan untuk merawatnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan masker.

Sekarang ini berbagai jenis masker memang sudah tersedia banyak baik di salon atau bahkan disulap dalam bentuk kemasan. Akan tetapi saat ini semakin banyak saja produk kecantikan yang mengandung bahan-bahan kimia atau lebih parahnya lagi produk tersebut palsu.

Loading...

Jika sudah seperti ini tentunya bukan tidak mungkin di kemudian hari anda akan mendapatkan dampak negatif dari pemakaian jangka panjang tersebut. Sebenarnya untuk merawat kulit wajah bisa dilakukan dengan cara-cara alami yang tentu saja menggunakan bahan-bahan alami yang akan terbebas dari efek samping.

Di bawah ini ada beberapa jenis masker buah yang bisa digunakan untuk merawat kulit wajah anda.

1. Alpukat

Masker alpukat dianggap masker yang paling tepat bagi kulit kering sampai kulit normal. Lemak nabati yang terkandung di dalam buah alpukat mampu membantu menutrisi kulit, melembabkan serta menghaluskannya.

Cara membuatnya pun cukup mudah yaitu hancurkan beberapa sendok makan daging alpukat dan tambahkan satu sendok makan madu. Gunakan masker ini secara rutin untuk mendapatkan kulit yang lebih segar dan sehat.

2. Mentimun

Mentimun menjadi salah satu bahan yang bisa dijadikan untuk masker wajah karena efeknya mampu menenangkan kulit. Kandungan air yang terkandung di dalamnya mampu mengikat kelembaban wajah, mencegah terjadinya penuaan dini hingga mengatasi flek-flek hitam.

Caranya cukup sederhana yaitu kupas dan parut mentimun secukupnya. Untuk masker di area mata, anda hanya perlu menggunakan irisan mentimun saja.

3. Stroberi

Masker stroberi adalah masker selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk merawat kulit wajah. Masker ini mampu membantu mengatasi kulit kusam. Zat asam yang ada di dalam stroberi mampu mengecilkan pori dan mencerahkan kulit wajah. Tidak hanya itu saja, stroberi juga kaya akan antioksidan yang mampu memperlambat penuaan dini.

Anda hanya perlu melumatkan buah stroberi dan menambahkan sedikit yoghurt atau madu. Oleskan pada wajah anda secara merata dan diamkan selama 30 menit. Penggunaan masker seminggu sekali ini mampu membantu memutihkan kulit wajah secara alami.

4. Lemon

Buah lemon memang sudah tidak asing lagi ditemukan sebagai bahan dasar dari produk-produk pemutih kulit. Buah lemon sendiri diakui mampu mengangkat sel kulit mati, mengeksfoliasi kulit, serta mengontrol minyak berlebih. Lemon juga memiliki kandungan zat asam alami yang mampu meningkatkan kecerahan pada kulit wajah.

Anda hanya perlu mengambil seiris lemon dan membalurkannya ke wajah dan diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air bersih. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan madu atau yoghurt untuk hasil yang lebih optimal.

5. Kentang

Kentang baik untuk membantu proses eksfoliasi kulit wajah yaitu dengan mengangkat sel–sel kulit mati. Masker kentang ini bisa diaplikasikan pada semua jenis kulit.

Cara membuatnya pun cukup mudah yaitu parut kentang secukupnya. Kemudian peras sedikit airnya. Aplikasikan sebagai masker wajah, terutama pada area bawah mata untuk mengurangi lingkaran hitam pada mata. Jika sudah terasa agak kering dan warna masker berubah menjadi kecoklatan, anda bisa langsung membilasnya.

6. Tomat

Masker tomat bisa menjadi cara selanjutnya yang bisa anda terapkan untuk membantu merawat kulit wajah. Caranya yaitu oleskan buah tomat pada wajah secara merata dan diamkan selama kurang lebih 15-30 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

Lakukan cara ini secara rutin minimal 1-2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan kulit wajah yang tampak lebih halus.