Loading...

Cara Merawat Dan Mengganti Aki Mobil

Penulis: Ahmad Wiyoto Rubrik: Otomotif

perawatan aki mobil

TERUSKAN.COMKita semua tahu bahwa accu atau aki mobil adalah komponen sistem kelistrikan mobil yang sering diganti.

Pada umumnya aki kering atau basah akan diganti setelah pemakaian selama 3 hingga 7 tahun jika perawatan mobil dikerjakan dengan baik dan rutin, akan tetapi jika mobil jarang dirawat maka aki mobil cepat rusak atau soak hanya dalam waktu kurang dari satu tahun.

Loading...

Cara Merawat Aki Mobil

Pada umumnya para pemilik kendaraan tidak tahu bahwa aki sudah soak karena tidak mengenali tanda-tandanya, mereka mengetahuinya jika mobil tidak lagi bisa starter atau keluar bau yang menyengat dari aki.

Padahal ada cara gampang mengetahui kondisi aki yang sedang memburuk yaitu dengan memencet tombol klakson pada saat mesin mati, apabila suara klakson terdengar lirih dan pecah dan mobil distart terasa tersendat atau tidak lancar, jika menemukan 2 tanda ini maka segera lakukan perawatan.

Perawatan aki basah yang utama adalah sering mengotrol air akinya, jika kurang maka ditambah dan juga selalu membersihkan kotoran di sambungannya.

Sedangkan aki kering gampang sekali cara merawatnya yakni seringlah memanaskan mobil minimal 2 hari sekali atau dibawa berkendara minimal 2 km per hari yang bertujuan mengisi sumber listrik aki.

Umur aki juga akan semakin pendek apabila mesin dalam keadaan buruk semisal jika mobil sukar start (3-5 kali baru mesin nyala) maka hal ini secara langsung mengakibatkan sumber listrik aki berkurang drastis. Perlu juga kita cek dinamo starter dalam keadaan sehat supaya aki bisa bertahan lama.

Cara Mengganti Aki Mobil

Para pembaca budiman harus secara cermat dan teliti dalam mengganti accu mobil, walaupun pekerjaan ini terlihat gampang namun jika kita ceroboh bisa menyebabkan sistem kelistrikan atau komponen lainnya menjadi rusak.

Secara umum cara mengganti aki mobil adalah hanya melepas pengikat pada kedua kutub aki dengan mengendurkan baut yang mengikatnya.

Namun ada beberapa hal penting yang perlu Anda lakukan dalam pekerjaan ini yaitu :

  1. Anda harus memastikan bahwa baterai memang perlu diganti. Kita tentu tidak menginginkan uang dan waktu habis untuk memasang baterai baru padahal mobil tidak bisa start karena hal lain, karena baterai masih dalam konsisi bagus. Cara mengetahui baterai dalam keadaan bagus yaitu dengan mengisi ulang bateri dengan cara berkendara selama 30 menit dengan meminimalisir penggunaan sistem kelistrikan semisal mematikan AC, sound system dan lainnya, setelah itu coba start mobil apabila lancar maka aki dalam keadaan bagus.
  1. Kunci kontak harus pada posisi OFF atau sistem kelistrikan mati total. Apabila kontak mesin ON dapat menimbulkan percikan api disebabkan masih terdapat arus listik yang mengalir pada sistem kelistrikan.
  1. Pada saat melepaskan ikatan kutub aki demi menjaga keamanan maka lepaskan dahulu kabel negatifnya, kemudian diikuti ikatan kutub positif. Pada saat memasang kembali aki mobil maka pekerjaannya terbaik yakni kabel plus aki dipasang dahulu, baru setelah itu kabel negatif.
  1. Anda harus membeli baterai pengganti yang sesuai jenis atau spesifikasi baterai. Cara gampangnya adalah dengan membawa aki yang sudah rusak ke ke toko onderdil mobil lokal dan menanyakan kepada penjaga toko. Hal ini penting dilakukan karena baterai mobil sangat bervariasi segi ukuran dan kapasitas listrik.
  1. Jangan sampai salah memasang kabel pada posisi kutubnya, hal ini memang sepele tetapi jika salah dapat merusak komponen kelistrikan terutama electronic control unit (ECU) yang berharga mahal.
  1. Beberapa model mobil memerlukan reset ECU setelah pemasangan aki baru, pada khususya mobil produksi Eropa.