Loading...

5 langkah Cermat untuk Memulai Bisnis Travel Agent

Penulis: Visyam89 Rubrik: Bisnis

Memulai bisnis travel agent

TERUSKAN.COM – Setiap hari orang pasti membutuhkan transportasi untuk mempercepat segala urusan mereka. Di era global ini transportasi seperti kebutuhan pokok bagi seluruh penduduk dunia.

Sekarang transportasi mudah diakses walau ke tempat terpencil sekalipun. Semua kota atau negara berlomba-lomba menunjukkan potensi wisata dan bisnisnya, sehingga memungkinkan banyak orang untuk melakukan akses ke tempat tersebut.

Loading...

Dari sinilah bisa kita manfaatkan peluang usaha di dalamnya. Tidak semua orang bisa mengurus perjalanan menuju ke tempat yang diinginkan dengan sendiri, terkadang mereka tidak mau memikirkannya karena terhalang kesibukan.

Yang mereka butuhkan pasti seseorang yang bisa mengurus perjalanannya dengan cepat dan mudah. Manfaatkan kesempatan ini untuk menjadi travel agent bagi mereka-mereka yang tak mau ambil pusing karena pengurusan perjalanan.

Manjadi travel agent merupakan usaha yang menjanjikan untuk masa depan. Karena semakin lama kebutuhan transportasi semakin meningkat, namun pebisnisnya juga semakin banyak.

Jika ingin sukses dalam bisnis travel agent, kita harus mampu bersaing. Berikanlah perbedaan travel agent anda dengan yang lain, perhatikan juga kemudahan, kenyamanan dan pelayanan yang memuaskan bagi konsumen anda.

Berikut ini adalah langkah cermat untuk mendirikan sebuah travel agent adalah :

1. Sesuaikan modal anda, lalu pilih cara mendirikan travel agent

Ada 2 cara menjadi travel agent yaitu :

  • Travel agent badan usaha milik sendiri adalah sebuah usaha yang membutuhkan modal besar dan juga perijinan usaha dari BPW, ASITA, IATA. Dan prosesnya memerlukan waktu yang lama, cara ini disarankan untuk orang yang sudah berpengalaman dalam bisnis travel agent.
  • Travel agent sebagai sub agen dari agen travel besar. Untuk anda yang bermodal kecil lebih baik memilih cara ini saja, proses mudah dan ada kemungkinan meraup keuntungan sebesar-besarnya.

2.  Daftarkan anda ke travel agent yang melayani berbagai macam bisnis

Jadilah travel agent yang melayani berbagai macam jenis bisnisnya seperti, travel agent haji dan umrah, tour wisata domestik dan internasional, tiket pesawat domsetik dan internasional, voucher dan reservasi hotel, penukaran uang, tiket kereta api, pembayaran listrik, air, danlain-lain.

Sekarang ada banyak agen travel besar yang membuka peluang bagi sub-sub agen dengan berbagai macam bisnis di dalamnya. Pilihlah travel agent yang lengkap bisnisnya.

3.   Siapkan perlengkapan kantor

Siapkan ruang kantor, komputer atau laptop, koneksi internet, telepon, printer, dan mesin fax jika diperlukan.

Jika tidak bisa melayani sendiri carilah karyawan untuk melayani calon konsumen anda. Tetapi jika memungkinkan lebih baik dilayani sendiri agar keuntungannya dapat maksimal.

4. Lakukan promosi di media massa dan media online

Iklankan bisnis travel agent anda melalui radio, koran, akun media sosial, website, blog, buat brosur, leaflet, dan lain-lain..

Ada banyak cara untuk promosi, mafaatkan peluang promosi dimanapun anda berada. Gunakan teman, keluarga, dan orang-orang terdekat lainnya sebagai media promosi anda.

5. Berikan pelayanan yang maksimal bagi konsumen anda

Berikan kenyamanan konsumen yang datang langsung ke kantor anda. Sambutlah mereka dengan ramah, berilah tempat duduk yang nyaman dan sediakan makanan ringan atau minuman saat menunggu proses pelayanan serta jangan mudah tersinggung jika ada kritik dari konsumen.

Ciptakan suasana kantor yang nyaman, rapi, dan enak dipandang. Berikan juga aksesories agar kantor terlihat menarik, lengkapi juga dengan dokumentasi pelayanan yang anda berikan dan perlihatkan juga berepa banyak dan siapa saja yang pernah menjadi partner anda.

**

Dengan menjadi sub travel agent memungkinkan anda mendapatkan keuntungan yang besar dengan modal kecil. Banyak agen travel besar yang hanya membutuhkan biaya kurang dari 500 ribu saja untuk pendaftarannya. Dan untuk deposit biasanya saldo bisa digunakan untuk semua jenis bisnis yang dijalankan.

Jadi sesuai dengan prinsip ekonomi mengeluarkan biaya sedikit dan mampu mendapatkan keuntungan yang maksimal.

(foto: farebuzz.com)