Loading...

8 Tips Aman Transaksi Belanja Online

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Internet, Teknologi

Belanja Online

TERUSKAN.COM – Saat ini, berbelanja online sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup sehari-hari masyarakat urban. Belanja online tidak hanya menghemat waktu anda, namun juga memberi kesempatan anda untuk mendapat penawaran harga terbaik.

Anda termasuk penggila belanja online, tentu anda harus tahu beberapa aturan keamanannya. Yuk simak tips aman transaksi belanja online berikut, dari Magforwomen.com:

Loading...

Teliti keaslian situs

Selalu perhatikan dan teliti keaslian situs website sebelum anda berbelanja. Penting bagi anda memastikan dan memverifikasi keabsahan dari sebuah website belanja. Transaksi online lebih aman jika website tersebut telah diverifikasi.

Biasakan selalu belanja di website yang sudah dikenal luas. Apabila ragu, khusus di Indonesia, anda bisa mengecek keaslian suatu website di portal polisionline.

Pastikan anti virus bekerja

Pastikan aplikasi anti virus di PC anda bekerja dengan baik. Aplikasi anti virus menyediakan perlindungan untuk mehadang segala ancaman terhadap software komputer anda, seperti pembajakan dan malware.

Gunakan metode COD

Cara teraman belanja online selama ini memang melalui opsi cash on delivery (COD). Namun, jika opsi ini tidak tersedia di website tempat anda belanja, cara teraman kedua adalah menggunakan kartu kredit.

Sedangkan, kartu debit dapat anda gunakan jika memang dibutuhkan. Dan, tetaplah berhati-hati pada saat anda melakukan check out setelah selesai berbelanja.

Simpan salinan pesanan

Anda juga perlu menyimpan salinan atas daftar belanjaan anda dari toko online. Tidak hanya menjadi referensi anda, namun juga membantu anda mengawasi pesanan jika terjadi masalah dalam proses pengiriman.

Gunakan kata kunci beda di tiap situs

Jangan pernah memberikan informasi pribadi yang bersifat rahasia di situs online belanja anda. Misalnya, identitas tanda pengenal atau tanggal lahir, lantaran berpotensi disalahgunakan.

Pastikan toko online tersebut mampu menjaga dan tidak menyalahgunakan seluruh data pribadi anda. Cek juga kebijakan privasi dari toko online tersebut sebelum melakukan transaksi.

Jangan terjebak diskon

Jika ada situs belanja online menawarkan diskon hingga 90 persen, cobalah teliti dulu, lantaran hal itu bisa jadi sebuah trik penipuan. Jangan pernah terjebak. Sangatlah penting bagi anda untuk mengevaluasi dan membandingkan harga produk di setiap website.

Seringlah mengubah kata kunci anda

Jika anda seorang pembeli reguler pada sebuah situs belanja online tertentu, rajinlah mengubah kata kunci (password) anda setiap dua sampai tiga kali per bulan. Hal ini demi keamanan anda.

Dengan mengubah kata kunci, anda tidak akan terjebak pada penipuan (fraud) yang menyalahgunakan nama dan data-data pribadi anda.

Berhati-hati pada sebuah link

Ketika anda mengetik alamat sebuah situs online, periksa penghubung atau link yang tepat dengan menggunakan http://.

Hal ini membuktikan  bahwa link penghubung tersebut benar dan anda bisa melanjutkan mengetik halaman situs yang ingin dituju. Namun, jika tidak, berarti anda patut curiga bahwa bisa jadi situs belanja tersebut memang palsu.