Loading...

Ini Dia, 3 Resep Kulit Cantik dengan Jeruk Nipis

Penulis: Amanda Rubrik: Kecantikan, Wanita

MENCERAHKAN WAJAH DENGAN JERUK NIPIS

TERUSKAN.COM – Jeruk nipis atau yang dapat disebut dengan green lime tentu sudah tidak asing lagi manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan kulit Anda.

Terutama dalam hal kecantikan, jeruk nipis termasuk salah satu jenis buah yang sering dimanfaatkan dalam berbagai perawatan mulai dari mencerahkan kulit hingga mengatasi kulit berjerawat.

Loading...

Apa sebenarnya rahasia kecantikan di balik buah yang rasanya kecut dan segar ini? Kandungan vitamin C yang tinggi dalam jeruk nipis lah yang menjadikannya populer bagi urusan kecantikan.

Vitamin C sendiri diyakini dapat membantu dan merawat beberapa masalah kulit seperti kulit berjerawat, berminyak, kusam hingga untuk mencegah penuaan dini.

Jika Anda meninginkan perawatan terutama untuk kulit wajah secara alami tanpa efek samping, berikut adalah 3 resep kulit cantik dengan memanfaatkan jeruk nipis.

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Ada beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mencerahkan kulit wajah dengan jeruk nipis.

Salah satunya adalah dengan cara mengonsumsinya secara langsung, baik dalam bentuk buah maupun jus hasil perasaan airnya. Hal ini dimaksudkan untuk menutrisi kulit Anda dari dalam.

Cara lainnya adalah dengan memotong-motong jeruk nipis tipis-tipis lalu gosokkan dengan lembut ke kulit wajah. Diamkan sebentar lalu bilas hingga bersih.

Untuk memanfaatkan dalam masker buatan sendiri, Anda dapat mencampurkan airnya dengan madu dan minyak almond lalu gunakan sebagai masker.

Cara-cara alami berikut tadi sangat ampuh untuk mencerahkan kulit wajah, menyamarkan noda bekas jerawat maupun flek hitam.

2. Melembabkan dan Mengencangkan Kulit Wajah

Tak hanya mencerahkan kulit wajah, jeruk nipis ternyata juga bermanfaat sebagai pelembab dan pengencang kulit wajah sehingga wajah terlihat awet muda dan tidak kering.

Cara terbaiknya adalah dengan membuat masker. Masker ini dapat Anda buat dengan campuran 1 sendok teh madu, perasan air jeruk nipis dan sedikit minyak zaitun.

Kandungan madu dan minyak zaitun dapat membuat kulit Anda senantiasa lembab.

Caranya: oleskan pada kulit wajah secara merata dan diamkan selama 15 hingga 30 menit hingga kering. Setelah kering, bersihkan dengan menggunakan spons atau handuk yang telah dibilas dengan air hangat untuk hasil terbaik.

Oleskan pelembab favorit Anda dan lakukan perawatan ini setidaknya 1 kali seminggu.

3. Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit berminyak dapat menyebabkan beberapa masalah kulit wajah lainnya seperti berjerawat dan kusam.

Anda dapat mengatasinya dengan cara memarut 1 ruas kunyit sebesar ibu jari, kemudian campurkan dengan satu sendok teh madu dan setengah sendok teh air perasan jeruk nipis. Setelah diaduk rata, oleskan pada kulit wajah yang telah dibersihkan selama kurang lebih 15 menit.

Bilas dengan air hangat hingga bersih, keringkan dan oleskan toner serta pelembab Anda. Cara ini dapat anda lakukan secara rutin minimal 1 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

**

Beberapa hal lainnya yang juga perlu diperhatikan, pastikan kulit Anda tidak terlalu sensitif terhadap air jeruk nipis yang bersifat asam. Tes terlebih dahulu pada kulit dan jika terasa perih, hindari untuk melakukan perawatan dengan air jeruk nipis.

Beberapa bahan lain seperti madu dan minyak zaitun dapat ditambahkan sesuai selera. Bahan-bahan ini bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit wajah.

Selamat mencoba!