Loading...

5 Tips Menghindari Ketergantungan Dengan Pacar

Penulis: Amanda Rubrik: Remaja, Wanita

Menghindari Ketergantungan Dengan Pacar

TERUSKAN.COM – Sepasang kekasih biasanya selalu ingin berbagi dan karena rasa cinta, mereka seolah ingin selalu ada saat yang lainnya membutuhkan bantuan. Sifat pengertian dan perhatian biasanya dicurahkan oleh sepasang kekasih karena kedua hal ini menjadi salah satu resep hubungan yang awet.

Namun adakalanya perhatian yang diberikan terlalu jauh dan bahkan membuat salah satunya menjadi bergantung akan pasangannya. Ketergantungan yang berlebihan tersebut bukanlah merupakan hal yang baik karena bisa membuat kekasih tidak nyaman.

Loading...

Apakah Anda merasa selalu memerlukan bantuan pasangan bahkan di saat-saat yang tidak mendesak? Tuntutan yang sebagian besar dilakukan wanita tersebut dapat membuat pasangan Anda tidak nyaman dan berpikir bahwa Anda hanyalah wanita yang manja.

Lagipula, ketergantungan yang berlebihan terhadap orang lain juga tidak baik bagi Anda sendiri, karena anda tidak akan terbiasa melakukan segala hal sendiri terlebih dahulu sebelum meminta bantuan orang lain.

Berikut adalah 5 tips menghindari ketergantungan dengan kekasih.

1. Batasi Bantuan

Kadangkala sebenarnya kita tidak selalu membutuhkan bantuan pasangan. Namun karena si pasangan yang selalu menawarkan bantuannya sebagai rasa sayang, kita enggan menolak dan pada akhirnya kita terbiasa melakukan segala hal dengan bantuannya.

Cara yang dapat Anda lakukan adalah membatasi bantuannya. Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara mencoba melakukan segala hal sendiri dulu dan tidak semudah itu meminta bantuannya.

Anda juga dapat mengatakan kepadanya bahwa Anda menghargai tawaran bantuannya namun Anda juga merasa mampu menyelesaikannya sendiri.

2. Mulai Dari Hal-hal Kecil

Merasa selalu diantar jemput? Barang yang selalu dibawakan hingga hal-hal kecil lainnya seperti memesan makanan saat di restoran dan lain sebagainya adalah awal dari ktergantungan Anda kepada pasangan.

Mulailah melakukan hal-hal kecil sendiri karena Anda akan lebih terbiasa untuk mandiri dan tidak selalu memerlukan bantuan pasangan Anda.

3. Ubah Pola Pikir Anda

Mungkin Anda berpikir jika ada yang menawarkan bantuan mengapa harus menolaknya? Pola pikir seperti ini sebaiknya Anda ubah agar Anda terbiasa mandiri.

Hal tersebut tentu memiliki alasan. Anda tidak akan selamanya selalu memiliki tawaran bantuan dari pasangan. Tidak ada pula jaminan bahwa Anda akan selalu bersama-sama dengan pasangan Anda.

Oleh sebab itu mulailah berpikir bahwa Anda juga perlu melatih diri Anda sendiri untuk melakukan hal-hal secara mandiri.

4. Hindari Sering Mengeluh

Siapa yang betah bersama-sama orang yang sering mengeluh? Sering mengeluh merupakan tanda bahwa orang tersebut tidak berpikiran positif dan selalu mengandalkan orang lain tanpa melakukan tindakan apapun.

Hal seperti itu juga dapat membuat pasangan Anda tidak nyaman dan jangan heran jika keluhan-keluhan Anda tersebut sering membuatnya kesal. Hindari selalu mengeluh terutama terhadap hal-hal kecil yang sebenarnya tidak perlu dibesar-besarkan.

5. Percaya Diri

Percaya diri merupakan salah satu modal besar untuk menghindari ketergantungan terhadap orang lain dan kekasih Anda. Percaya diri juga sebaiknya dilakukan tidak hanya dalam urusan penampilan namun juga dalam urusan kemapuan.

Percaya diri akan kemampuan sendiri akan membuat Anda tidak selalu mengandalkan orang lain.

***

Itulah 5 tips untuk menghindari ketergantungan terhadap kekasih Anda. Saling membantu antar pasangan kekasih memang merupakan hal yang lumrah tapi bagaimana di saat anda membutuhkan bantuannya dan sang kekasih sedang tidak dalam kondisi yang memungkinkan? Maka dari itu, belajarlah untuk mandiri mulai dari sekarang.

Semoga bermanfaat.