Loading...

6 Tips dan Cara Menghindari Tindakan Kriminal Saat Travelling

Penulis: Amanda Rubrik: Wisata

Menghindari Tindakan Kriminal Saat Travelling

TERUSKAN.COM – Saat-saat travelling yang menyenangkan akan berubah menjadi mimpi buruk jika tindakan kejahatan menimpa Anda. Berbagai macam bentuk kriminal dapat terjadi saat Anda berwisata dimana pun, termasuk di tempat maupun negara yang dikenal dengan keamanannya yang bagus.

Hal ini dikarenakan modus yang dilakukan semakim beragam dan korban dari tindakan kriminal saat berwisata semakin tinggi. Tidak memandang bulu, pelaku tindakan kriminal ini menjalankan aksinya tidak hanya terhadap turis yang terlihat berasal dari kaum menengah ke atas, namun juga turis lainnya dari berbagai latar belakang.

Loading...

Tindakan kriminal tersebut dapat berupa pencurian serta pencopetan barang-barang berharga, penipuan yang berkedok sehingga memaksa Anda mengeluarkan banyak uang hingga kejahatan seksual yang sering terjadi pada turis wanita.

Untuk menghindari tindakan-tindakan kriminal tersebut terjadi pada Anda, berikut adalah beberapa tips traveling secara aman dari kami.

1. Pilih Tas Yang Aman

Saat Anda bepergian dengan membawa beberapa benda penting dan berharga Anda, sebaiknya pilihah tas yang tidak hanya nyaman dikenakan untuk berjalan-jalan, namun juga tas yang aman.

Pilih tas dengan resleting atau penutup yang rapat serta kantung di dalamnya untuk menyimpan beberapa benda yang lebih penting seperti paspor misalnya.

Sebaiknya letakkan tas di depan dada Anda sehingga seseorang tidak akan dengan mudah mengambilnya karena berada dekat dengan jangkauan Anda. Hindari meletakkan tas di belakang atau di samping bawah yang memungkinan pencopet menjalankan tindakan kriminalnya.

2. Bawa Uang Secukupnya

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh turis adalah membawa banyak uang dalam bentuk cash dalam tasnya. Hal ini akan berakibat buruk karena jika tas Anda dicuri, maka Anda akan kehilangan banyak uang.

Sebaiknya hindari membawa uang cash dalam jumlah besar dan bawa uang cash secukupnya yang kira-kira cukup untuk beberapa pengeluaran tertentu. Untuk uang belanja dan pengeluaran ekstra, sebaiknya Anda memanfaatkan kartu ATM atau kredit Anda.

3. Hindari Terlihat Mewah

Turis yang lebih diincar pelaku kriminal biasanya terlihat mewah tidak hanya dari segi penampilan namun juga barang-barang yang diperlihatkannya.

Hindari mengeluarkan gadget berharga Anda di tempat umum seperti dalam kendaraan umum maupun jalanan yang sepi. Lengkapi kamera Anda dengan tas khusus atau simpan telepon genggam Anda baik-baik di tempat yang tidak terbuka.

4. Cepat Tanggap

Apabila kiranya ada hal-hal buruk yang terjadi pada Anda, sebaiknya sebelumnya Anda sudah mengetahui apa yang harus Anda lakukan. Mulai dari mengetahui nomor telepon polisi kota maupun negara setempat, memotret pelaku dengan cepat atau meminta tolong.

Hal ini patut dilakukan mengingat banyak turis yang tidak mengira bahwa tindakan kriminal terjadi kepadanya dan tidak tahu apa yang harus dilakukan.

5. Baca Travel Review

Sebelum Anda bepergian ke suatu kota atau negara tertentu, ketahui informasi seputar keamanan dan bentuk-bentuk tindakan kriminal yang sering terjadi. Anda dapat mengetahuinya melalui internet, majalah serta cerita langsung dari kenalan yang telah bepergian ke tempat tersebut.

6. Mudah Curiga

Tak ada salahnya untuk meningkatkan kewaspadaan dan kecurigaan Anda terhadap orang yang bertingkah laku mencurigakan. Seperti selalu mengikuti Anda dan mengajak ngobrol secara tiba-tiba dapat menjadi cara mereka berusaha mengalihkan konsentrasi Anda.

***

Semoga 6 tips dari kami diatas dapat membuat Anda lebih waspada dan berhati-hati terhadap tindakan kriminal saat travelling.

Have a nice holiday!